WARNA DAN POLA BULU KUCING

WARNA DAN POLA BULU KUCING

Banyaknya pola dan warna bulu kucing membuat aku pribadi yang baru ingin mengenal lebih dekat dengan mereka merasa bingung. Selain itu, karena pada 1 pola atau warna bulu kucing mirip dengan yang lainnya.

Warna yang dihasilkan bergantung pada gen induk dan jantan. Karena hal inilah yang membuat terciptanya beragam kombinasi.

Selain warna yang sangat beragam, kucing juga memiliki pola. Adanya pola pada bulu kucing akan menjadikan mereka lebih unik dan sebagai bisa digunakan sebagai pembeda. Ada banyak sekali sebenarnya jika ingin dibahas secara detail mengenai warna dan pola.

Hanya saja, pada artikel kali ini akan membahas secara besarnya saja. Semoga dengan informasi garis besar yang disajikan dapat sedikit membantu.

Warna Bulu Kucing

Solid

Paling mudah kamu kenali dan pahami karena hanya ada 1 dan menyebar ke seluruh tubuh kucing. Warna solid yang sering dijumpai biasanya putih, cream, hitam, biru seperti salah satu warana bulu kucing British shorthair. Warna kucing coklat yang terlihat seperti ginger juga berdasarkan Sheltermedicine adalah merah.

warna bulu kucing
Sumber: Messybeast

Bicolor

warna bulu kucing

2 warna bulu kucing, dimana harus ada 1 warna putih yang menjadi kombinasinya. Warna lainnya dapat berupa berwarna pekat atau tua. Bicolor ini juga memiliki penyebutan Toxedo.

Penyebutan tuxedo ini terjadi ketika adanya kombinasi putih dengan warna lainnya, bisa hitam atau abu misalnya. Warna putih menghiasi anggota tubuh kucing, seperti cakar dan seluruh area perut.

Tortoiseshell

warna bulu kucing

Memiliki beberapa warna dan biasanya merupakan perpaduan antara oranye dan hitam. Warna bulu yang dihasilkan membaur dan seperti tercampur. Kamu tidak akan menemukan per bagian warna dengan jelas. Membuat bulu kucing ini menjadi lebih unik. Kucing dengan tortoiseshell biasanya adalah betina.

Tricolor

kucing calico

Disebut juga dengan kucing Calico. Hampir sama dengan tortoiseshell, dimana terdiri dari 3 warna berbeda. Hanya saja, yang paling mudah terlihat karena dari susunan warnanya.

Pada tricolor, 3 warna bulu kucing yang umumnya diterima akan menghasilkan warna terpisah-pisah sehingga kamu akan lebih mudah melihat warna yang dihasilkan kucing. Warna pada tricolor ini tidak membaur seperti tortoiseshell.

Kucing dengan tricolor biasanya hanya betina dan tidak bisa jantan. Mengapa? Kamu bisa temukan jawabannya di sini ya.

Tipped

Kucing yang termasuk dalam tipped adalah ketika warna bulu kucing memiliki warna di ujung bulu ekor yang tampak lebih gelap dibandingkan dengan pada bagian lainnya.

Shaded

Shaded akan membuat warna bulu kucing terlihat seperti gradasi. Terdiri dari 2 warna, terang dan gelap dengan bagian ujung ekor berwarna cerah. Warna silver dan emas jika memiliki shaded, maka bulu kucing akan semakin indah.

Pola Bulu Kucing

Tabby

Tabby adalah pola bergaris yang di bulu kucing. Karena bentuknya ini, tabby sering disebut juga sebagai kucing macan. Pola ini pasti tidak asing bagi kamu karena banyak sekali kucing yang memiliki pola tabby.

Pola tabby sendiri terdiri dari 4 macam lainnya, diantaranya adalah:

  • Klasik

warna bulu kucing
Sumber: sheltermedicine

Memiliki garis yang lebih lebar dan tebal. Pendapat pribadi, sangat menyukai pola tabby klasik ini karena memiliki motif garis melingkar. Hal tersebut menjadikan bulu kucing lebih unik dan lucu.

  • Makarel

Cara membantu kucing melahirkan

Pola garis yang terdapat pada bulu terbentuk tanpa terputus dan memiliki kecenderungan jarak garis yang sama. Paling mudah dikenali dari pola punggung.

Di sinilah terdapat garis memanjang dan tidak terputus dan bercabang. Bentuk inilah yang kemudian dikaitkan dengan bentuk tulang ikan. Maka dari itu, disebutlah pola tabby makarel.

  • Tutul

Garis yang dihasilkan putus-putus sehingga menyupai titik-titik atau polkadot. Bentuk serta ukurannya tidak seragam. Dapat berbentuk bulat, oval dan ada yang berukuran besar ataupun kecil.

Contoh kucing yang memiliki pola ini Savannah. Hewan ini juga unik karena badannya yang besar dan lompatannya yang juga tinggi. 

  • Agouti

warna bulu kucing

Cukup unik karena termasuk pola tabby, namun garis di bulu tidak begitu jelas terlihat, hanya samar samar. Ciri khas dari Agouti adalah adanya bentuk M pada dahi dan garis pensil tipis di kedua sisi wajah kucing.

  • Tortoiseshell

Pembahasannya terdapat di bagian sub warna bulu kucing.

Point

Warna bulu kucing yang berada di bagian tertentu pada tubuh kucing, seperti telinga, wajah, ekor serta kaki dan cakar. Pada bagian tertentu itu akan berbeda dengan keseluruhan warna bulu kucing di tubuhnya. Beberapa area tubuh, seperti telinga, wajah, ekor serta kaki dan cakar dapat berwarna abu, oren dan coklat.

  • Lilac Point

Memiliki spot abu, bisa berwarna gelap atau lebih terang dari warna bulu kucing di tubuhnya. Hanya terdapat di beberapa bagian tertentu pada tubuh kucing.

  • Lynx Point

Memiliki warna cream point di bagian tubuh tertentu pada kucing. Warna ini bisa lebih muda atau tua.

  • Flame Point

warna bulu kucing

Memiliki warna orange point di bagian tubuh tertentu pada kucing. Warna ini bisa lebih muda atau tua.

  • Seal Point

Kucing Siam

Memiliki spot coklat gelap di bagian tubuh tertentu pada kucing.

Penutup

Pola dan warna bulu kucing memiliki banyak ragam yang membuat mereka terlihat unik. Pada warna misalnya, dari yang hanya memiliki solid atau memiliki 1 warna, tetapi ada juga yang 2 warna bahkan sampai 3 warna.

Tidak berhenti sampai disitu, 3 warna pada kucing ada yang terpisah-pisah sehingga mudah diamati (Tricolor atau Calico) tapi ada juga yang memiliki 3 warna yang bercampur (tortoiseshell).

Untuk pola, dibedakan menjadi tabby yaitu berupa garis-garis dan point. Disebut point karena kucing memiliki pola yang unik, dimana hanya di bagian tertentu, seperti wajah, telinga, ekor dan kaki  memiliki warna yang berbeda dengan di area tubuhnya.

Kalau kamu, yang mana warna dan pola kucingmu?

Leave a Reply