VITAMIN KUCING DAN KEGUNAANNYA

VITAMIN KUCING DAN KEGUNAANNYA

Menjaga kesehatan kucing tidak hanya dari luar lingkungan saja, tetapi juga dari dalam tubuh kucing. Vitamin merupakan suatu zat yang dibutukan oleh tubuh kucing. Memberikan vitamin kucing bertujuan untuk mengatur proses metabolisme. Sebenarnya kebutuhan vitamin kucing bisa didapatkan dari makanan, tetapi mungkin saja tidak memenuhi kebutuhan. Maka dari itu, perlu adanya tambahan vitamin yang didapatkan di luar makanan, bisa pada obat atau suplemen.

Ada banyak jenis vitamin kucing, semuanya bisa disesuaikan tergantung kebutuhan, seperti misalnya ada vitamin kucing hamil hingga vitamin kucing agar gemuk. Beberapa informasi vitamin kucing ini mungkin akan membantu. Jika kucing sehat maka kamu sendiri yang akan senang!

1. Vitamin untuk Kucing Hamil

Sama seperti halnya manusia, ketika kucing hamil maka harus mengetahui bagaimana cara merawat kucing hamil dan nutrisi yang dibutuhkan. Ada beberapa asupan vitamin yang harus dipenuhi untuk menjaga kesehatan dan janin. Beberapa vitamin penting itu adalah:

  • Vitamin D3

Berguna untuk menguatkan gigi dan tulang. Kuatnya tulang ini agar induk dapat menyangga tubuhnya saat mengandung. Untuk anak kucing adanya vitamin D yang cukup memungkinkan setelah terlahir memiliki kesehatan tulang yang baik.

  • Vitamin C dan E

Berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh induk kucing sehingga menjadi lebih sehat saat proses kehamilan. Vitamin E memiliki antioksidan.

  • Vitamin A

Berguna untuk induk kucing hamil sebagai pembentuk hormon reproduksi yang akan menyehatkan kandungan. Selain itu, baik juga untuk pertumbuhan dan pembentukan janin kucing, baik tubuh maupun organ janin sang bayi.

  • Vitamin B1, B3, B6 dan B12

Merupakan vitamin kompleks yang berguna sebagai energi.

  • Vitamin K

Berguna untuk melancarkan proses pembekuan darah sehingga ketika kucing hamil, yang merupakan kondisi rawan dapat terlindungi dari luka. Selain itu, mengurangi terjadinya pendarahan.

  • Asam Folat

Sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan syaraf janin serta menjaganya agar bisa berkembang secara normal. Ketika terlahir, maka anak kucing akan sehat dan terlahir tanpa cacat.

  • Fosfor

Berguna agar segala nutrisi terserap dengan baik oleh sang induk yang kemudian akan memberikan nutrisi tersebut ke janinnya. Untuk apa? Pertumbuhan dan perkembangan janin, seperti organ. Selain itu, fosfor berperan memaksimalkan kerja semua vitamin.

Berguna agar segala nutrisi terserap dengan baik oleh sang induk yang kemudian akan memberikan nutrisi tersebut ke janinnya. Untuk apa? Pertumbuhan dan perkembangan janin, seperti organ. Selain itu, fosfor berperan memaksimalkan kerja semua vitamin.

Info Suplemen Agar Kucing Hamil!

Apabila kamu berniat untuk mengembangbiakkan kucing atau ada masalah kesuburan dengan kucingmu, mungkin bisa dicoba suplemen ini

  • Ovula-Cat

Suplemen yang mengandung herbal khusus dan vitamin kucing yang tinggi, seperti vitamin D, vitamin E, asam folat, ekstrak ginseng dan melantonim. Manfaat dari Ovula-cat ini untuk meningkatkan birahi betina, menyuburkan kandungan betina dan meningkatkan stamina kucing jantan.

Bentuk soft gel ini memudahkan pemilik untuk memberikannya ke kucing peliharaan. Pemberian dapat dilakukan dengan memasukkan ke mulut kucing menggunakan spet atau diteteskan langsung. Pemakaiannya cukup diberikan 1 kali sehari.

Harga Ovula-cat dengan isi 10 soft gel kurang lebih Rp 65.000,-

Info Ovula-Cat!

Sepertinya untuk produk Ovula-cat ada produk imitasinya ya (tidak original) soalnya ada harga yang sanat beda jauh, yaitu hanya 20ribu an saja. Ada baiknya jika kamu dekat dengan dokter hewan, bisa ditanyakan terlebih dahulu. Jika ada yang tau membedakan asli dan palsu bisa di share di kolom komentar ya.

2. Vitamin Kucing untuk Menjaga Bulu

Jika kamu sudah membaca mengenai kucing Savannah, mungkin fungsi vitamin kucing ini bukan untuk mereka. Mayoritas kucing memang memiliki bulu, baik dengan bulu yang panjang, medium ataupun pendek. Bulu kucing ini salah satu yang menjadi daya tarik bagi setiap pecinta kucing.

Akan cukup sedih jika kucing mengalami masalah terhadap bulu, maka dari itu dibutuhkan vitamin kucing ini. Ada beragam jenis vitamin kucing untuk merawat bulu, diantaranya:

  • Virbac Megaderm

Digunakan untuk mengatasi masalah kulit yang mengalami jamur pada bulu, bulu kucing yang rontok atau botak. Menggunakan ini, jika cocok dengan si kucing maka akan memberikan hasil bulu yang lebat, tidak rontok dan halus. Virbac megaderm memiliki kandungan omega 3 & 6, zinc dan asam lemak esensial. Kandungan ini berfungsi untuk memperbaiki metabolisme dan struktur sel kulit serta mengembalikan kondisi bulu.

Vitamin kucing ini berbentuk minyak sehingga lebih mudah jika dilakukan menggunakan spet. Terdapat anjuran pakai yang harus disesuaikan antara dosis dengan berat badan kucing. Maka, perhatikan dengan baik semua informasi dan cara penggunaan pada kemasan.

Harga per 4ml dengan isi 28 sachet kurang lebih Rp 300.000,-

  • Ketwol Drops

Merupakan salah satu obat yang banyak digunakan untuk menumbuhkan bulu kucing dengan mencegah bulu untuk tidak rusak dan rontok. Kandungan yang terdapat pada Ketwol Drops adalah vitamin B1, B2, E, panthothenate dan nicotinamide. Hasil yang didapatkan jika kucing cocok dengan produk ini adalah bulu yang lembut, halus dan berkilat (terlihat sehat). 

Ketwol Drops berbentuk cairan dan cara menggunakannya hanya dengan meneteskan 2-3 tetes ke kulit.

Harga per botol dengan isi 15ml kurang lebih Rp 20.000,-.

  • Nutri-Cat

Nutri-cat diformulasikan oleh perusahaan Otsuda yang berada di Jepang yang kemudian diproduksi di Indonesia, tepatnya di Semarang. Nutri-Cat mengandung banyak kandungan vitamin B1, B3, E, asam folat dan masih banyak lainnya yang baik untuk kesehatan bulu kucing. Nutri-cat memiliki keunggulan, yaitu mempercepat pertumbuhan bulu kucing, mencegah kerontokan dan kebotakan bulu (Alopecia) serta membuat bulu menjadi lembut dan sehat.

Obat ini berbentuk cairan dan cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan meneteskan ke mulut kucing. Aturan pakai untuk anak kucing adalah 3-4 tetes sedangkan kucing dewasa 6-8 tetes, dilakukan 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

Harga per botol Nutri-Cat dengan isi 30ml kurang dari Rp 20.000,-.

3. Vitamin Kucing Meningkatkan Berat Badan

Apabila kucing mengalami penurunan berat badan padahal nafsu makan dan jumlah porsi makan sama, kamu mungkin harus mencurigai kalau ada indikasi kucing cacingan. Akan lebih baik, jika kamu memahami beberapa hal lain yang menjadi ciri kucing cacingan. Apabila ternyata kucing sehat, maka ada baiknya memberikan vitamin kucing penambah nafsu makan. Carilah suplemen yang mengandung vitamin A,B,C dan E.

Vitamin ini juga dapat digunakan untuk anak kucing. Pada umumnya, memasuki usia 7 minggu anak kucing tidak mendapatkan susu dari induknya lalu mulai beralih ke makanan padat. Adanya pergantian jenis makanan ini memungkinkan anak kucing kaget dan makan menjadi lebih susah. Tidak boleh terlalu lama dibiarkan karena anak kucing butuh banyak nutrisi dan vitamin untuk pertumbuhannya. Vitamin yang dibutuhkan adalah vitamin A, B, D, E dan K.

Maka dari itu untuk kucing yang memiliki badan kurus dan ingin mengembalikan ke berat badan semula karena baru sembuh sakit atau adanya pergantian makanan, maka bisa dicoba beberapa rekomendasi ini:

  • Virbac Nutriplus Gel

Nutriplus gel mengandung banyak vitamin A,D,K, asam folat, nutrisi hewani dan ekstrak hati. Suplemen ini membuat kucing lebih mudah untuk mencerna nutrisi dan mengubahnya menjadi energi, ditambah ekstrak hati yang akan membuat rasa menjadi enak. Kucing akan kembali memiliki nafsu makan yang baik sehingga mencegah terjadinya penurunan berat badan.

Pemberian suplemen ini bisa pada saat kucing sedang menyusui, setelah operasi, pelatihan atau aktivitas lain yang membuat banyak energi kucing terbuang dalam waktu singkat. Anak kucing dan kucing hamil juga boleh diberikan dengan. Dosis yang diberikan tergantung berat badan kucing, nutriplus memiliki standar 1-2 sendok teh per hari untuk per 5kg berat badan kucing. Pemberian obat ini dapat langsung diberikan atau dicampur dengan makanan.

Harga Nutriplus gel dengan berat 200gr rata-rata diatas Rp 100.000,- an.

  • Vita Gel

Vita gel ini mungkin sering kamu dengar merknya. Memang, suplemen ini salah satu yang cukup terkenal di Indonesia. Tidak hanya bagus untuk kucing, tapi untuk hewan lainnya juga, seperti anjing bahkan hamster. Kandungan vitamin pada produk ini cukup lengkap, meliputi vitamin A, B1, C, D, E, dan K. Selain itu mengandung folat serta ca-pan.

Kandungan vitamin yang sangat banyak ini membuat produk mereka unggul, beberapa manfaat dari vita gel:

  • Menambah nafsu makan
  • Menjaga pertumbuhan anak kucing
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Merawat bulu kucing juga untuk tetap sehat

Bentuk dari suplemen ini seperti gel dan memiliki aroma yang disukai hewan. Cara penggunaannya pun terbilang cukup mudah, yaitu dapat diberikan secara langsung maupun dicampurkan dengan makanan.

Harga vita gel dengan isi 50gr kurang lebih Rp 35.000,-.

  • Stimulo

Suplemen yang mengandung vitamin B1, B6, B12, lisin, trace mineral dan Curcuma zanthorrisa dan bagus untuk menambah nafsu makan. Selain itu, dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh kucing dan mempercepat pemulihan kondisi setelah sakit. Stimulo ini juga bisa diberikan untuk anak kucing untuk memaksimalkan pertumbuhannya.

Stimulo berbentuk cairan dengan aturan pakai untuk kucing kecil sebanyak 2-3 tetes, kucing sedang 4 tetes dan kucing besar sebanyak 6 tetes. Cocok diberikan untuk semua jenis kucing.

Harga Stimulo dengan isi 30mL sekitar kurang lebih Rp 15.000,-

  • Purina

Merk ini memang sudah sanat terkenal, memiliki banyak jenis dan terbukti bagus kualitasnya. Jika tujuannya untu meningkatkan berat badan kucing maka bisa memilih Pro Plan Veterinary Diets FortiFlora. Pemberian suplemen ini dikhususkan untuk masalah berat badan kucing yang disebabkan adanya gangguan pada sistem pencernaan.

Kandungan yang terdapat di suplemen ini banyak vitamin A, C dan E. Cocok dan aman dikonsumsi untuk semua jenis kucing. Berbentuk bubuk dan dapat dimasukkan ke dalam makanan kucing sehingga akan mempermudah pekerjaan.

Harga Pro Plan Veterinary Diets FortiFlora dengan isi 30gr kurang lebih Rp 75.000,-.

  • Nupro

Nupro adalah produk dari Norwegia yang memiliki banyak jenis, tetapi jika tujuannya untuk meningkatkan berat kucing maka pilihlah Health Nuggets for Cat. Mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A dan B yang dibutuhkan untuk menambah nafsu makan. Selain itu juga mengandung enzim, mineral, asam amino dan asam lemak omega. Manfaat dari Nupro untuk menggemukkan kucing dan membuat sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Bentuk dari Nupro ini adalah krim dan dapat dicampurkan ke makanan kucing sehingga mudah untuk diberikan

Harga Nupro dengan berat 454gr berkisar Rp 400.000,-

Penutup

Pertanyaan apakah kucing saya butuh vitamin kucing? Kamu bisa memperhatikan secara fisik mereka, jika dirasa butuh misal bulu yang mudah rontok atau botak. Jika ragu, maka bisa terlebih dahulu melakukan konsultasi dengan dokter hewan agar diberikan rekomendasi vitamin kucing yang lebih efektif.

Kalau kamu pernah memberikan vitamin kucing, bisa diceritakan pengalaman dan pengaruh vitamin itu ke kucingmu di kolom komentar.

Buat saran ide topik pembahasan atau memiliki cerita menarik denan kucing bisa dikirim melalui email [email protected] atau DM IG @Jurnal_Kucing.

Leave a Reply