BAGAIMANA MENENTUKAN UMUR KUCING & SIKLUS HIDUPNYA?
kucing makan anak

BAGAIMANA MENENTUKAN UMUR KUCING & SIKLUS HIDUPNYA?

Umur kucing tertua yang pernah ada bernama Crème Puff yang lahir pada tanggal 3 Agustus 1967 dan harus meninggalkan sang pemilik pada 6 Agustus 2005. Itu berarti, umur kucing ini adalah 38 tahun lebih 3 hari. Luar biasa banget ya!

Tapi, terkadang kita lupa untuk mencatat tanggal lahir dari kucing sehingga sudah tidak bisa menerka sudah berapa tahun kucing. Selain itu, umur kucing juga tidak sama dengan manusia, bagaimana cara menghitungnya?

Nah artikel kali ini akan membahas semuanya sampai ke siklus hidup kucing hingga tua. Buat yang hanya ingin mengetahui perkembangan anak kucing, bisa klik di bawah ini ya.

Cara Menentukan Umur Kucing

Mengetahui umur kucing bisa dilihat dari tubuh kucing itu sendiri. Hanya saja, jika belum terbiasa melakukannya maka hal ini memang dirasa cukup sulit.

Namun, jika hal ini sulit dilakukan, kamu bisa meminta bantuan dokter hewan sekalian melakukan vaksin kucing jika belum.

Gigi Kucing

Akan muncul gigi taring susu pada usia 3-4 minggu. Letak dari gigi taring susu di sebelah gigi seri dengan bentuknya yang panjang dan lancip.

  • Usia 4-6 minggu akan muncul gigi geraham depan yang berada di antara gigi taring dan gigi geraham.
  • Usia 3-4 bulan, akan muncul gigi seri dewasa. Gigi kucing juga akan lebih besar dibandingkan dengan gigi anak kucing.
  • Usia 6 bulan gigi kucing sudah tidak mengalami pertumbuhan yang berarti. Artinya, ini sudah gigi dewasa kucing.

Pada tahap usia yang telah disebutkan di atas, gigi kucing masih berwarna putih dan bersih.

Apakah akan menguning?

Jika tidak dirawat dengan rajin menyikatkan gigi kucing maka hal ini akan terjadi seiring bertambahnya usia dan makanan yang sering dikonsumsi. Biasanya, perubahan warna ini akan terjadi saat umur kucing memasuki 2 tahun.

Usia 5-10 tahun kucing akan memiliki gigi lebih berwarna kuning. Memasuki umur kucing yang ke 10 tahun atau lebih jangan heran jika seluruh gigi kucing akan menguning. Tidak hanya itu, kemunkinan kucing juga memilih masalah gigi lainnya.

Ada baiknya ketika sudah memasuki umur ini dan setelahnya, kucing mendapatkan perawatan yang lebih intensif.

Mata Kucing

  • Pada saat terlahir, mata anak kucing akan tertutup hingga usia mereka 14 hari.
  • Beberapa anak kucing sudah dapat membuka matanya di hari ke 7 hingga 10 hari.
  • Mulai adanya perubahan warna pada iris mata yang permanen sekitar usia 6–7 minggu.

Namun, proses ini tidak sepenuhnya terjadi dengan kucing. Ada kucing yang tidak akan berubah warna dari kecil hingga ke tahap dewasa. Beberapa kucing ras yang akan mengalami perubahan pigmen iris mata adalah:

Hal lain yang bisa terjadi adalah kucing akan mengalami perubawah warna mata dari warna yang jernih dan terang menjadi kusam dan keruh.

Bulu Kucing

Jika hanya mengandalkan ciri fisik ini maka akan sulit untuk menebak umur kucing yang cukup presisi. Hanya bisa mendapat asumsi bahwa ini anak kucing atau kucing dewasa saja.

Bulu anak kucing akan lebih lembut dan tidak begitu lebat. Seiring bertambahnya usia kucing maka bulu kucing menjadi lebih tebal dan tidak selembut saat kecil. Tidak begitu lembut karena semakin tua, kucing tidak serajin membersihkan tubuhnya seperti anak kucing.

Beberapa kucing bahkan akan berubah warna bulunya, baik menjadi gelap atau lebih terang. Contohnya adalah kucing Siam. Perubahan warna mengikuti bertambahnya usia, dimana ketika semakin tua maka warna bulunya menjadi semakin gelap dan tajam.

Ketika memasuki masa senior, yaitu saat umur kucing 11-14 tahun, maka akan menimbulkan variasi titik-titik putih, hitam atau abu di bulunya.

Kematangan Seksual kucing

Kucing jantan akan mencapai tahapan ini ditandai dengan spraying di usia 4-6 bulan. Pada usia ini, kucing jantan juga sudah mulai ada ketertarikan dengan kucing betina.

Umur kucing betina sudah mengalami masa birahi adalah 6 bulan. Kucing betina akan menunjukkan keadaannya kepada kucing jantan dengan cara memngeluarkan suara mengeong yang “khas”. Pada usia ini juga kucing betina sudah dapat hamil.

umur kucing

Umur Kucing dan Manusia

Umur kucing asli berbeda dengan manusia. Maksudnya, saat kucing berusia 1 tahun, berarti sama dengan usia manusia 15 tahun. Umur kucing memang lebih tua jika dilakukan konversi ke umur manusia.

Jika ingin mencoba menghitungnya, kamu bisa menggunakan cara ini:

  • Tetapkan 1 tahun umur kucing sama dengan 15 tahun usia manusia
  • Tambahkan 9 tahun usia manusia pada umur kucing ke 2 tahun.

Sebagai contoh, usia 2 tahun kucing = 24 tahun manusia

  • Setelah 1 dan 2 tahun, untuk seterusnya tambahkan 4 tahun dari usia manusia.

Sebagai contoh, usia 3 tahun kucing = 28 tahun manusia

Usia 4 tahun kucing = 32 tahun manusia.

Untuk mempermudah, maka kamu juga bisa melihat tabel di bawah atau klik di sini ya.

Umur Kucing dan Manusia

Siklus Hidup Kucing

Beberapa jenis kucing memiliki siklus hidup berbeda, biasanya terjadi pada kucing ras yang memiliki tubuh besar. Kucing Maine Coon memiliki tahap dewasa yang lebih lambat dibandingkan kucing ras lainnya. Kucing ini mencapai perkembangan penuh pada umur kucing 3-4 tahun.

Mari bahas siklus hidup kucing mulai dari kucing lahir yang disebut dengan anak kucing hingga super senior.

  1. Kitten (Lahir – 6 Bulan)

Termasuk masa perkembangan anak kucing. Pada perkembangan pertumbuhan anak kucing di usia ini ada baiknya melakukan vaksin kucing secara lengkap. Tujuannya agar kucing lebih memiliki daya tahan tubuh yang baik.

Kamu juga bisa melakukan steril saat kucing sudah berusia 6 bulan. Ada banyak sekali yang bisa kamu dapatkan jika melakukan steril pada kucing.

Usia kucing ini sama dengan usia 0 – 10 tahun manusia.

Informasi perkembangan anak kucing ini lengkapnya bisa kamu baca di sini ya.

umur kucing
  1. Junior (7 bulan – 2 tahun)

Tahap ini dimana kucing kecil akan memasuki masa remajanya. Sikap dan kebiasaan sudah mulai terbentuk. Pada tahap kitten dan junior ini, maka harus diberikan pengajaran dan kebiasaan yang baik. Jika sudah, diharapkan maka kucing memiliki pribadi yang baik.

Pada usia ini tidak perlu memberikan vaksin terlalu banyak dan lengkap. Menjaga perawatan untuk kesehatan kucing juga dapat dilakukan, seperti pembersihan gigi dan pemeriksaan tahunan ke dokter hewan.

Usia kucing ini sama dengan usia 12 – 24 tahun manusia.

  1. Dewasa I / Adult (3 – 6 tahun)

Tahap dewasa pada kucing. Dewasa di sini yang dimaksud adalah tumbuh dewasa dalam hal fisik dan usia. Kucing berada pada minimnya masalah kesehatan, meskipun untuk sebagian kucing juga dapat memiliki masalah kesehatan serius ataupun bawaan. Tergantung dari profile kucing tersebut.

Merupakan usia terbaik untuk kucing. Pastikan semua kesehatan dan segala nutrisi baik untuk kucing. Berikanlah hal-hal yang dapat membantu meningkatkan sistem imun kucing saat memasuki siklus hidup selanjutnya.

Selain itu, kamu bisa juga memberikan vitamin kucing, pemeriksaan tahunan pada dokter hewan dan vaksin kucing.

Usia kucing ini sama dengan usia 12 – 24 tahun manusia.

Scabies pada kucing
  1. Dewasa II / Mature (7 – 10 tahun)

Tahap dewasa II ini mengartikan bahwa kucing tidak hanya dewasa secara fisik, tapi juga perilaku dan cara pikir. Biasanya pada tahap ini sudah mulai menunjukkan adanya perlambatan pergerakan.

Jika saat kecil asupan nutrisi harus sangat diperhatikan karena mereka cukup rentan, pada tahap dewasa II ini juga tidak boleh luput dari perhatian. Apalagi ditambah mereka sudah menunjukkan tanda sedikit penurunan fungsi tubuh.

Pilihlah makanan kucing yang tidak mengandung banyak lemak karena sudah terjadinya perlambatan pergerakan. Terlalu banyak mengandung bahan tersebut maka akan mengakibatkan penumpukkan lemak di tubuh kucing. Hal ini sangat ditakutkan jika membuat kucing menderita obesitas.

Jangan lupa periksakan ke dokter dan pastikan kucing tidak menderita penyakit gigi, masalah ginjal dan jantung.

Usia kucing ini sama dengan usia 44 – 56 tahun manusia.

kucing maine coon
  1. Senior (11 – 14 tahun)

Usia senior, apa yang kamu pikirkan tentang kelincahan umur kucing yang tua ini?

Seperti layaknya manusia memasuki masa tua, penurunan dari kecepatan pergerakan sangatlah tinggi. Kucing akan lebih senang untuk hanya menghabiskan waktu untuk tidur. Tambahan perhatian yang kamu berikan akan membuat kucing merasa bahagia di tahap ini.

Selain itu, mereka sangat pasif jadi jangan harap ketika kamu mengajak main maka responnya tidak selincah saat mereka kecil. Jika tidak memberikan porsi dan nutrisi yang tepat dapat menimbulkan penyakit obesitas. Ada baiknya kamu merubah pola makan.

Masalah kesehatan lainnya yang mungkin akan menyerang kucing adalah sendi dan fungsi organ yang mulai melemah. Pada umur kucing tahap ini akan membuat mereka menjadi pemarah bahkan adanya perubahan otak dan kebingunan.

Terdapat saran ketika umur kucing 11-14 tahun maka gunakanlah tempat makan puzzle. Dengan demikian, dapat menstimulasi pikiran dan tubuh kucing. Jika ingin membelinya, coba cari dengan kata kucing “Cat Food Puzzle Toys”.

Usia kucing ini sama dengan usia 60 – 72 tahun manusia.

  1. Super Senior (15 – 20 tahun atau lebih)

Apa yang kamu bayangkan dari usia manusia 76 hingga hampir 100 tahun? Kayanya, yang kamu bayangkan tidak akan jauh berbeda dengan apa yang akan dideskripsikan ketika umur kucing memasuki tahap super senior ini.

Pergerakan kucing akan jauh lebih lambat atau sama lambatnya dibanding tahap sebelumnya, yaitu tahap senior. Pola makan, pola tidur dan juga aktivitas kucing haruslah diperhatikan dan dijaga. Dibutuhkan juga suplmen untuk mendukung daya tahan tubuhnya.

Selain pergerakan, pada usia ini juga kucing sering mengalami kemampuan pendengaran dan penglihatan. Selain itu, jelas akan terjadi penurunan kognitif dari si kucing. Memberikan tempat makan puzzle seperti yang disebutkan di tahap senior akan membantu untuk menstimulasi pikiran dan tubuh kucing.

Umur kucing setua ini maka akan mengakibatkan penurunan sistem imun sehingga kucing pasti lebih mudah sakit. Periksakan ke dokter jika menemukan gejala yang tidak biasa pada kucing. Bahkan disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin 6 bulan sekali di dokter hewan.

Usia kucing ini sama dengan usia 76 – 96 tahun atau bahkan lebih dari usia manusia.

Harapan Hidup Kucing

Angka harapan hidup kucing ataupun penuaan kucing juga dapat terjadi lebih cepat atau lebih lambat jika mau dilihat berdasarkan fisik atau fungsi tubuh.

Sebenarnya, selain informasi sesuai dengan literatur, semua juga harus diimbangi dengan gaya hidup dari si kucing. Dalam hal nutrisi yang diberikan, olahraga, perawatan kesehatan kucing dan kebersihan lingkungan.

Kucing rumahan umumnya memiliki angka harapan hidup lebih tinggi, yaitu 13-17 tahun. Bahkan, seperti intro pada kalimat pembuka, ada kucing tertua yang hidup hingga lebih dari 30 tahun. Hal ini sudah Jelas alasannya karena keselamatannya lebih terjamin jika poin yang telah disebutkan itu dilakukan.

Kucing liar yang sering kita temui di luar rumah memiliki rata-rata angka harapan hidup 4-5 tahun. Dari masalah nutrisi dan kebersihannya saja sudah sulit untuk dijamin. Selain itu, masih ada kemungkinan bertengkar dengan kucing liar lainnya atau tertabrak.

Leave a Reply