7 REKOMENDASI MEREK SUSU KUCING TERBAIK

7 REKOMENDASI MEREK SUSU KUCING TERBAIK

Pemberian susu pada kucing memiliki peranan berbeda di setiap usianya. Pada anak kucing, apalagi jika sang induk tidak dapat menyusui atau tidak memiliki induk maka susu kucing sangat penting. Kucing yang baru lahir dan masih sangat kecil belum dapat mengkonsumsi makanan kering.

Sedangkan kebutuhan susu kucing pada kucing remaja atau dewasa dirasa kurang begitu penting. Akan tetapi, berbeda untuk kucing dewasa betina yang sedang hamil. Susu ini bisa berperan sebagai suplemen untuk menyehatkan dan meningkatkan nafsu makan.

Buat kucing tua, sedikit berguna tapi bukan suatu hal yang harus diberikan karena kucing dapat memenuhi acupan gizi per harinya melalui makanan yang diberikan.

Tips Memilih Susu Kucing

  1. Kandungan Laktosa

Meskipun anak kucing memiliki enzim laktase, tapi berbeda dengan manusia. Enzim tersebut tetap akan membuat pencernaan anak kucing bekerja cukup berat jika harus mencerna dengan kandungan laktosa yang tinggi.

Saat baru lahir atau masih sangat kecil, kucing hanya mendapatkan makanan dari susu induknya. Jika nutrisi tersebut tidak bisa didapatkan, maka akan lebih bijak jika harus membelikan susu anak kucing, carilah yang khusus bukan dari produk manusia.

Semakin bertambah usia maka enzim laktase akan semakin hilang sehingga sudah sangat jelas kandungan laktosa sebaiknya tidak ada di dalam susu kucing. Jika terpaksa, maka persentase kandungan ini haruslah sangat kecil sehingga pencernaan kucing tidak harus bekerja dengan sangat keras.

Hentikan pemberian susu jika kucing mengalami masalah kesehatan. Segera konsultasikan ke dokter jika dibutuhkan untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat (jika dibutuhkan).

  1. Kandungan Nutrisi

Pemberian susu anak kucing oleh sang induk berlangsung ketika kucing lahir hingga 8 minggu. Setelahnya, kamu bisa melihat kondisi anak kucing tersebut. Apabila sudah bisa makan makanan khusus kitten, maka pemberian susu anak kucing bisa dihentikan.

Sebaliknya, jika anak kucing masih membutuhkan susu namun induk sudah tidak memproduksinya kamu bisa menggunakan susu kucing kecil yang dijual secara komersil. Carilah yang mengandung protein, lemak dan laktoferin.

Kandungan laktoferin berfungsi sebagai antibodi yang akan membuat daya tahan tubuh baik. Kandungan ini jugalah yang akan mengganti peran colostrum yang didapatkan dari susu induk kucing.

Melewati usia 8 minggu yang merupakan usia umum kucing berhenti mendapatkan susu dari induk, kandungan rendah lemak dan tinggi protein adalah yang dibutuhkan.

Hal ini dilakukan agar kucing terhindar dari obesitas. Terlebih lagi jika kucing selalu di dalam ruangan dan jarang diajak bermain.

Untuk kucing tua, maka kandungan susu yang baik adalah yang rendah lemak, kondroitin dan glukosamina. Manfaat kandungan kondroitin dan glukosamina adalah untuk menjaga tulang dan memperkuat persendian kucing.

Info Tambahan

Ada baiknya setiap makanan kucing yang hendak dibeli mengandung nutrisi Taurin. Fungsi dari taurin banyak sekali, salah satunya dapat membantu kerja fungsi jantung, saraf dan otot.

Kucing membutuhka zat ini untuk kesehatannya, namun mereka tidak dapat memproduksi secara alami dalam jumlah banyak. Padahal, jika kekurangan taurin kucing dapat memiliki potensi terkena gangguan fungsi jantung dan metametabolismam tubuh.

Susu Kucing Kecil

Susu kucing kecil yang paling terbaik adalah yang berasal dari induknya. Pada induk kucing mengandung colostrum yang berguna agar daya tahan tubuh kucing kecil semakin kuat. Kamu akan menjadi lebih tenang jika kucing dalam keadaan sehat.

Namun, induk kucing tidak selalu bisa memberikan susu anak kucing. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, seperti induk kucing stress atau mengidap penyakit cacingan.

Faktor induk kucing stress saat melahirkan sebenarnya bisa diminimalisir agar tidak terjadi. Hanya saja, kamu harus mengetaui apa yang harus dipersiapkan dan bagaimana cara menanganinya. Dapatkan info tersebut di sini.

Apabila sudah tidak memungkinkan untuk anak kucing mendapatkan dari induknya, maka sebagai pemilik haruslah bertindak cepat.

Info Tambahan

Kucing yang sedang hamil membutuhkan banyak nutrisi protein dan kalori. Jika kamu ingin memberikan susu kitten maka diperbolehkan.

Rekomendasi Susu Kucing

  • Royal Canin Babycat Milk

Kekuatan branding dan didukung dengan produk yang sangat bagus membuat merek Royal Canin tidak diragukan lagi bagi setiap pemilik hewan. Produk khusus kitten ini mereka hadirkan sebagai pengganti jika sang induk tidak bisa menyusui atau kucing yang tidak memiliki induk.

Usia pengguna produk Royal Canin Babycat adalah dari lahir hingga 4 minggu. Kucing sedang hamil bisa meminum produk ini dan kucing yang sudah tua.

Produk ini telah disesuaikan dengan susu induk kucing. Berbentuk powder yang mudah larut sempurna sehingga tidak ada yang mengendap. Kandungan dari produk ini diantaranya adalah protein, antioksidan kompleks (vitamin E, C, Lutein dan Taurin), Fructo-Oligo-Saccharides (FOS) dan DHA.

Produk ini mengandung laktosa yang sangat dengan susu induk sehingga mudah dicerna oleh anak kucing. Adanya kandungan FOS akan membantu kerja pencernaan.

Harga per 100gr Rp 210.000,-.

  • KMR Kitten Milk Replacer Powder

susu kucing

Susu ini bisa diberikan ke kucing baru lahir hingga usia 6 minggu. Bisa dikonsumsi untuk kucing hamil juga kucing tua. Pemberian untuk anak kucing hanya sebanyak 2 sdm atau 30 mL setiap 3 hingga 4 jam kali sehari. Kucing yang lebih tua cukup diberikan setiap 8 jam sekali.

KMR Kitten Milk Replacer Powder ini dibuat menyerupai sedemikian mungkin susu induk kucing. Mengandung banyak kandungan baik, seperti protein dan antioksidan kompleks (vitamin E, C, Lutein dan Taurin).

Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di produk ini baik untuk tumbuh kembang si kucing. Prebiotik dan probiotik bagus yang bagus untuk tubuh kucing.

Produk ini mudah dicerna dan mudah larut dalam air sehingga mengurangi penggumpalan yang terjadi.

Harga per 340gr Rp 570.000,-.

  • PetAg Milk Replacer Plus

Produk ini bisa diberikan tidak hanya untuk kitten tapi juga induk yang sedang hamil. Banyak kandungan baik yang terdapat pada PetAg Milk Replacer Plus.

Beberapa kandungan baik tersebut adalah, taurin, vitamin B12, D3, E, A, dan asam folat. kandungan alami pada bahan ini ada minyak kedelai, minyak kelapa, protein kedelai dan serat jagung terlarut.

Kandungan taurin akan berguna untuk kesehatan jantung dan mata. PetAg Milk Replacer Plus juga mudah untuk dicerna kucing.

Berikan susu ini ke kucing dalam keadaan hangat dan sebanyak 30ml setiap berat badan kucing 115g. Pemberian kepada kucing hamil sebanyak 30ml setiap 2.2kg berat badan setiap harinya.

Waktu pemberian setiap 3-4 jam sekali per harinya. Buat kucing yang sudah besar diberikan setiap 8 jam sekali.

Harga per 300gr 267.000,-.

  • Clauder’s Cat Milk Powder

susu kucing

Dapat digunakan untuk kucing mulai dari usia 1-4 minggu. Saat memberikan produk ini, setiap usia kucing maka akan berbeda perlakuan.

Pada kucing usia 1-2 minggu berikan 1-2 sdm sedangkan pada usia 2-4 minggu berikan 3-5 sendok setiap 2 jam sekali dalam sehari. takaran 1 sdm adalah 15 mL. Setelah dibuat dapat disimpan dalam lemari es hingga 24 jam.

Dr. Clauder’s Cat Milk Powder memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dan protein yang tinggi. Kandungan lainnya adalah vitamin A, B, D dan E, kalsium, asam folat dan zinc. Aman dikonsumsi untuk kucing kecil, mengandung dan tua.

Harga per 200gr Rp 155.000,-.

  • Beaphar: Kitty Milk

susu kucing

Susu kucing ini selain bisa diberikan ke anak kucing, tetapi bisa juga sebagai suplemen untuk kucing hamil untuk menjaga kesehatan dan menambah nafsu makan.

Produk ini mengandung asam amino, protein, vitamin, taurin dan mineral. Semua kandungan baik untuk pertumbuhan.

Harga per 200gr Rp 161.000,-.

  • Growssy Milk

susu kucing

Berbentuk serbuk atau powder. Kandungan yang terdapat pada produk kucing ini adalah vitamin E, C, minyak ikan, taurin dan fruktooligosakarida. Ada kandungan antioksidan juga yang membuat sistem kekebalan tubuh menjadi baik.

Usia kucing 4 minggu pertama dapat diberikan sebanyak 4-6 kali per harinya. Jumlah yang diberikan cukup 15-20 ml per 100 gram berat badan anak kucing. Cara membantu anak kucing untuk mengenali susu ini, kamu bisa memberikannya sedikit di ujung bibirnya.

Jika kamu sudah membuatnya maka tidak boleh didiamkan lebih dari 1 jam, maka dari itu harus segera dihabiskan.

Harga per 11pcs dengan berat 20 gr Rp 37.500,-.

  • Max Kitt

Mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, D3, B1, B2, E, dan K3. Kandungan lainnya seperti taurin, protein, mineral, asam amino dan antioksidan juga terdapat pada max kitt.

Susu ini bisa diberikan untuk kucing yang baru lahir sampai usia 35 hari. Kucing usia 1-21 hari diberikan max kitt setiap 2 jam sehari dalam jumlah kecil. Usia kucing 21-35 hari diberikan setiap 3-4 jam dalam sehari.

Jika max kitt yang sudah dibuat dalam tetap aman selama 24 jam jika disimpan di dalam kulkas.

Harga per 1 box (isi 10pcs) dengan berat 30 gr Rp 65.000,-.

Penutup

Ketika hendak membeli susu untuk kucing maka lebih baik pilih yang tidak mengandung laktosa dan sesuaikan dengan usia kucing. Kebutuhan kandungan nutrisi pada kucing kecil pasti akan berbeda dengan kucing tua.

Pemberian susu kucing ketika kucing sudah bisa makan bukanlah sesuatu yang wajib diberikan. Memberikan makanan yang sehat dan bergizi untuk kucing itu sudah cukup.

Seperti halnya makanan kucing, pemberian susu kucing mungkin tidak bisa 1 merek A akan cocok dengan semua jenis kucing. Jangan lupa untuk membaca petunjuk bagaimana cara membuatnya. Lihatlah perubahan yang terjadi pada kucing setelah meminumnya.

Pengecekkan bisa dilihat dari keadaan fisik apakah terjadi muntah atau tidak. Amati juga feses kucing, jika setelah mengkonsumsi kucing tersebut kucing mencret atau bahkan diare, maka segera hentikan penggunaan.

Kalau kucing kamu cocok dengan merek susu kucing dengan merek apa?

Silakan di share di kolom komentar.

Leave a Reply