PENTINGNYA MELAKUKAN STERIL KUCING

PENTINGNYA MELAKUKAN STERIL KUCING

Penting melakukan steril kucing. Tapi, sering kali hal yang dianggap penting ini terbantahkan oleh suatu asumsi. Beberapa dari pemilik kucing yang tidak mau atau ragu mensterilkan kucingnya biasanya memiliki alasan karena dengan melakukan steril kucing akan mengambil hak mereka.

Hak yang dimaksud adalah hak memiliki anak. Selain alasan tersebut, ada juga yang merasa kasihan karena kucing akan kesakitan. Bahkan, beranggapan bahwa steril kucing bukanlah hal penting dan tidak dibutuhkan.

Padahal, jika pemilik sayang dengan kucingnya dan mau lebih belajar maka akan didapatkan informasi baik jika melakukan sterilisasi. Tindakan ini juga merupakan salah satu tanggung jawab kita sebagai orang tua anak bulu agar lebih sehat.

Oleh karenanya, mari bersama mempelajari mengenai sterilisasi kucing dan manfaat yang akan didapatkan.

Sterilisasi

Mari bahas terlebih dahulu mengenai pengertian sterilisasi.

Jadi, sterilisasi ini adalah proses pengangkatan organ reproduksi secara operasi yang dalam pembahasan ini adalah kucing. Bisa disebut juga steril kucing dan mengakibatkan kucing tidak dapatt lagi berkembang biak.

Ada sebutan bagi steril kucing betina dan jantan. Untuk kucing betina disebut juga ovariohysterectomy (OH) dan kucing jantan disebut kastrasi atau orchiectomy.

steril kucing

Alasan Steril Kucing

Alasan mengapa kamu harus melakukan hal ini ke hewan peliharaan adalah untuk kesehatan. Untuk kucing betina, adalah untuk menekan jumlah kucing agar tidak semakin banyak.

Kucing memiliki siklus estrus (penerimaan kucing jantan, masa birahi atau masa kawin) sebanyak 2 hingga 4 kali dalam setahun. Belum lagi anak yang dilahirkan setiap kucing lebih dari 1 ekor.

Kebayang kan berapa banyak anak kucing yang akan terlahir dari 1 kucing betina dalam setahun jika tidak melakukan sterilisasi?

Apabila memiliki uang lebih maka bisa membantu untuk mensterilkan kucing jalanan agar mereka dapat lebih sehat. Karena seperti yang diketahui bahwa risiko terkena segala macam penyakit pada kucing jalanan lebih tinggi daripada kucing rumahan.

Manfaat Steril Kucing

Setiap tindakan pasti ada alasan sebelumnya dengan harapan keadaan menjadi lebih baik. Begitu pula dengan melakukan steril kucing. Manfaat 1 hal akan bergulung sehingga menghasilkan manfaat lainnya.

Beberapa manfaat tersebut, diantaranya:

  • Steril Kucing untuk Mengurangi Populasi

anak kucing mati

Sekarang bahkan mulai bermunculan steril massal dengan biaya murah atau tenaga sukarela untuk membantu steril kucing jalanan. Kucing adalah hewan yang dengan mudah berkembang biak. Jika tindakan pencegahan tidak dilakukan maka akan berdampak pada membludaknya populasi.

Terlalu banyak jumlah tanpa diimbangi dengan pemeliharaan yang baik nantinya akan berdampak buruk bagi kucing juga. Hal ini akan berdampak, baik dari meningkatnya stress kucing maupun kesehatan.

Bagi kucing jalanan, saking banyaknya dapat tertabrak, tidak terurus atau mendapatkan perlakuan tidak baik oleh sebagian orang.

  • Steril Kucing untuk Mengurangi Stress

Di poin pertama disebutkan sterilisasi ini dapat menekan jumlah kucing. Semakin sedikit jumlah kucing maka terjadi persaingan yang semakin rendah. Hal inilah yang akan menyebabkan penurunan tingkat stress kucing.

Memang beberapa jenis kucing dapat berteman dengan kucing lainnya, tapi dalam jumlah yang wajar. Jika terlalu banyak, pasti akan timbul kucing dengan sifat dominan yang akan menguasai wilayah dan menekan kucing dengan sifat resesif (lemah). Masalah penyakit yang diderita kucing juga dapat menjadi pemicu kucing stress.

  • Steril Kucing Lebih menyehatkan

Kucing Anggora

Manfaat lain dari sterilisasi adalah semakin rendah juga kucing sakit yang ditimbulkan karena adanya penularan baik virus atau bakteri. Beberapa penyakit yang ditimbulkan seperti penyakit cacingan, scabies dan kutu kucing. Bahkan, tidak hanya sesama kucing, tetapi bisa juga ke manusia.

Manfaat untuk kucing betina akan terhindar infeksi Rahim, tumor payudara dan mengurangi kematian bayi kucing karena ketidaksiapan usia terlalu muda atau tua) induk kucing.

Manfaat untuk Kucing jantan juga akan lebih kalem dan tidak suka berantem dengan sejenisnya untuk memperebutkan kucing betina. Mengurangi luka atau bahkan kematian.

Buat kucing peliharaan, jika tidak terlalu banyak kucing maka lebih mudah untuk merawat kucing. Banyak hal yang harus dilakukan dalam merawat kucing, mulai dari:

  • Memberikan vaksin
  • Memilih makanan kucing yang baik dan sehat.
  • Mempersiapkan kandang kucing (jika dibutuhkan).
  • Mempersiapkan itter box dan pasirnya.

Apabila setelah melihat poin-poin tersebut kamu merasa ribet dan cukup banyak tugasnya, maka steril kucing menjadi jalan keluarnya, terutama yang memiliki kucing betina. Rawatlah kucing dengan jumlah yang kamu sanggup tangani.

BACA JUGA: REKOMENDASI LITTER BOX DAN PASIR KUCING TERBARU

Syarat Melakukan Sterilisasi

  • Dalam keadaan sehat
  • Tidak Mengandung
  • Sesuai dengan usia yang diperbolehkan

Biasanya durasi operasi pada kucing betina lebih lama dibanding kucing jantan. Kucing betina membutuhkan 60 menit sedangkan jantan hanya membutuhkan waktu setengahnya, 30 menit.

Waktu Steril Kucing

Waktu yang diperbolehkan untuk melakukan sterilisasi ketika kucing betina telah memasuki masa puber, yaitu pada usia 5-6 bulan. Untuk kucing jantan bisa dilakukan mulai usia 9 bulan.

Semakin cepat dan muda usia kucing yang akan dilakukan sterilisasi maka operasi yang dilakukan juga semakin mudah. Proses penyembuhannya juga akan lebih cepat.

Berdasarkan Dinas Perikanan dan Peternakan, Kabupaten Bogor, memberikan info untuk jenis kucing shorthair akan lebih cepat dewasa dibanding jenis kucing lainnya. Bahkan, kucing ini bisa hamil di usia 4 bulan. Oleh karena itu, ada baiknya jika ingin steril kucing ini di usia 4 bulan diperiksakan terlebih dahulu dan harus ada persetujuan dokter hewan.

Story!

Dulu juga tidak terlalu sadar mengenai sterilisasi ini. Tau ada hal ini tapi pikirannya masih menutup. Sampai akhirnya karena sudah terlalu banyak jumlah kucing, yang bahkan jauh lebih banyak daripada manusia yang tinggal di rumah maka baru diputuskan sterilisasi.

Usia kucing betina yang saat itu dilakukan sterilisasi tidak terbilang muda. Tapi, ini tidak menjadi masalah selama operasi dilakukan oleh dokter hewan atau tenaga medis yang memiliki kompetensi baik.

Tidak terlihat kucing kesakitan yang membuat mereka tidak nyaman setelahnya, mungkin ini karena adanya pemberian antibiotik (untuk mengurangi sakitnya) yang harus diminum sampai habis.

Setelahnya, lebih banyak manfaat yang didapatkan

Pasca Operasi

  • Istirahatkan kucing

Kucing jantan juga lebih cepat melakukan recovery. Buat kucing betina lebih baik diisolasi dulu dalam kandang atau suatu ruangan selama beberapa hari, idealnya 3-7 hari.

  • Biasanya setelah melakukan operasi maka kucing akan diberikan obat maka ikutilah anjuran dokter.
  • Periksakan luka jahitan setiap harinya untuk memastikan kucing telah sembuh, jahitan tetap aman dan tidak ada tanda-tanda infeksi.

Nutrisi Pasca Steril Kucing

Apakah sterilisasi akan mempengaruhi kebutuhan nutrisi si kucing?

steril kucing

Iya.

Kucing yang telah dilakukan steril maka akan memiliki perubahan perilaku dan kebiasaan makan. Biasanya nafsu makan kucing akan lebih meningkat hingga 20-25% dari biasanya. Tetapi, hal ini tidak diimbangi dengan gerak fisik karena pengeluaran energinya akan menurun sebanyak 30%.

Pemberian makanan kucing yang salah dan terlalu banyak memungkinkan kucing malah terkena kesehatan lainnya, seperti obesitas.

Namun, jika sterilisasi dilakukan pada anak kucing cukup memberikan makanan khusus anak kucing saja sudah cukup. Hal ini dikarenakan mereka masih akan terus bertumbuh.

Tempat Steril Kucing

  • Klinik hewan
  • Rumah sakit hewan
  • Pusat kesehatan hewan

Biaya Sterilisasi

Biasanya kisaran harga steril kucing ras lebih mahal dibandingkan kucing domestik. Selain itu, perbedaan harga juga terjadi berdasarkan jenis kelamin, mengingat kucing betina akan lebih sulit saat operasinya.

Pada umumnya, kisaran harga steril kucing antara Rp 500.000,- hingga Rp 1.500.000,.

Penutup

Semoga dengan informasi yang dibagikan akan menambah ilmu atau dapat mengganti persepsimu yang mungkin sedikit keliru mengenai steril kucing. Kucing akan bahagia jika kita dapat merawat kucing dengan baik.

Buat yang sudah pernah melakukan sterilisasi dan mengetahui tempat steril yang bagus boleh diberikan informasinya juga ya.

Kamu bisa juga mengirimkan cerita unik, senang ataupun sedih bersama kucing ke email: [email protected] atau DM IG @Jurnal_Kucing. Untuk cerita yang menarik akan dipost blog Jurnal Kucing.

Leave a Reply