20 REKOMENDASI SAMPO KUCING TERBAIK

20 REKOMENDASI SAMPO KUCING TERBAIK

Meskipun kucing adalah hewan tanpa kita mandikan mereka memang suka sekali membersihkan diri. Cara kucing mandi adalah dengan menjilati bulunya. Tapi, mau bagaimanapun pasti ada kondisi tertentu yang mengharuskan kita, sebagai pemilik mau tidak mau memandikannya dengan sampo kucing.

Maka, sebelum itu mari ketahui dulu bahwa banyak sekali jenis dan merek dari sampo kucing. Agar sampo yang dipilih terasa manfaatnya maka harus mengetahui setidaknya jenis kulit kucing dan bahan yang terkandung di sampo. Dan apakah kucing boleh kucing menggunakan sampo manusia?

Oleh karenanya, untuk menjawab dan mempermudah menentukan sampo yang tepat untuk kucing, mari simak artikel berikut.

Cara Memilih Sampo Kucing

  • Sesuai Jenis Kulit

Ketahuilah terlebih dahulu jenis kulit yang seperti apa kucingmu. Umumnya kulit anak kucing lebih lembut dan rentan daripada kucing dewasa. Maka dari itu, jika ingin memandikan anak kucing maka harus menggunakan sampo khusus.

Beberapa jenis kulit kucing adalah sensitif, berminyak, normal, sehat ataukah ada masalah kesehatan kulit. Masalah kulit biasanya seperti ketombe atau jamur. Buat kulit yang normal mungkin tidak ada masalah. Tetapi, jika kulit kucing sensitif atau memiliki penyakit haruslah pilih yang sesuai.

  • Bahan Sampo Kucing

Harus dengan teliti dan hati-hati dalam melihat bahan yang terkandung di sampo kucing. Ketika manfaat sudah sesuai dengan yang dibutuhkan tetapi mengandung bahan berbahaya, ini akan menjadi masalah.

  1. Bahan yang Baik Pada Sampo kucing

Asam Amino

Bahan ini sangat baik jika terdapat pada sampo karena dapat meminimalisir terjadinya iritasi, terutama pada anak kucing dengan kulitnya yang lebih rentan.

Komponen asam amino yang biasanya terdapat di sampo adalah TEA lauroyl sarcosine, sodium lauroyl aspartate, cocoyl glutamic acid, dan sodium cocoyl alaninate.

Taurine

Berasal dari kelapa dan memiliki fungsi untuk membersihka kotoran pada bulu kucing dengan sangat baik. Bahan ini juga yang membuat sampo memiliki busa dan cocok untuk kucin yan memiliki kulit berminyak.

Komponen taurine yang biasanya terdapat pada sampo diantaranya sodium cocoyl methyl tauratesodium lauroyl methyl taurate, dan sodium cocoyl methyl taurate taurine.

Betaine Sampo

Berguna untuk kulit kucing yang sensitif. Betaine akan membuat bulu kucing menjadi lebih lembah. Cocok digunakan untuk kucing yang memiliki bulu panjang.

Komponen bataine yang biasanya terdapat pada sampo adalah cocamidopropyl betaine dan lauramidopropyl betaine

Protein

Bahan inilah yang akan membuat pemilik maupun kucing akan senang karena dapat melembutkan bulu kucing. Untuk kucing dengan bulu yang pendek munkin tidak masalah, namun jika memiliki tipe bulu panjang maka bahan ini akan sangat membantu.

Biasanya di sampo mengandung komponen bahan dengan nama sodium cocoyl hydrolyzed collagen, sodium lauroyl silk amino acid, dan lauroyl silk amino acid K.

  1. Bahan yang Dihindari Pada Sampo Kucing

Dalam memilih sampo untuk kucing harus berhati-hati karena ternyata terdapat beberapa bahan yang berbahaya jika mengenai kucing. Sebelum menulis ini pun, kurang begitu memperhatikan bahan apa saja yang digunakan. Biasanya hanya melihat manfaat yang diberikan.

Maka dari itu, mulai sekarang perhatikan kandungan. Tujuan membuat bulu kucing indah dan sehat baik. Tapi, jika tidak hati-hati malah akan membahayakan kesehatan kucing. Beberapa bahan tersebut, diantaranya:

Paraben

Paraben adalah suatu bahan yang terdiri dari methylparaben¸ propylparaben dan isopropylparaben. Bahan ini biasanya digunakan sebagai pengawet. Paraben harus dihindari pada sampo kucing karena dapat menimbulkan kemungkinan pertumbuhan kanker.

Surfaktan/Sulfat

Surfaktan memiliki beberapa jenis, diantaranya sulfat. Bahan ini sebenarnya bagus untuk menghilangkan kotoran serta minyak, baik pada bulu maupun kulit kucing.

Kandungan surfaktan yang tidak boleh terdapat di sampo adalah ammonium lauryl sulfate dan sodium lauryl sulfate. Penggunaan produk yang mengandung bahan ini akan mengakibatkan karsinogenik dan iritasi kulit pada kucing.

Sabun

Jangan memilih sampo kucing yang mengandung kandungan sabun. Adanya kandungan sabun di sampo juga akan menghilangkan fungsi kerja obat kutu kucing. Bahan ini juga dapat menghilangkan minyak esensial yang baik pada bulu kucing.

Sifat basa yang terkandung pada sampo meskipun dapat mengangkat kotoran pada bulu kucing, tetapi akan membuat bulunya menjadi kusut. Hindari bahan ini karena akan membuat risih kucing dan ketika harus disisir mereka juga tidak nyaman jika kusut.

Komponen sabun yang biasanya digunakan, diantaranya adalah potassium soap base, lauric acid K, oleic acid K, myricetin K.

Phthalates

Bahan ini digunakan untuk membuat wangi pada suatu produk. Efeknya cukup parah, apalagi untuk kucing hamil karena dapat menyebabkan bayi kucing lahir cacat. Maka dari itu, sebelum membeli sampo lebih baik dalam pilihlah yang bebas Phthalates.

  1. Sampo Kucing untuk Kucing Hairless

Tambahan informasi karena jenis kucing ini cukup unik.

Sebagian besar kucing memang memiliki bulu diseluruh tubuhnya, namun berbeda hal dengan kucing Sphynx. Kucing ini memiliki atau bahkan saking sedikitnya terlihat seperti tidak memiliki bulu.

Karakteristik kulit kucing jenis ini biasanya lebih berminyak kaena tidak ada bulu yang melindungi. Oleh karenanya, akan lebih baik jika kucing Sphynx dimandikan setiap minggu.

Pilihlah sampo yang mengklaim bahwa produknya adalah hypo-allergenic, bebas parfum dan pewarna kimia.

Rekomendasi Sampo Kucing

Anak Kucing

  1. Bio Groom – Kuddly Kitty

sampo kucing

Produk ini mengandung bahan-bahan alami, seperti minyak kelapa, gliserin, dan aloe vera. Bio groom memiliki banyak sekali manfaat saat anak kucing menggunakannya, diantaranya:

  • Bulu menjadi sehat, lembut dan bersinar.
  • Digunakan untuk mengatur bau tubuh kucing.
  • Tidak menghilangkan minyak alami yang berfungsi sebagai pelindung kulit kucing.
  • Perawatan kutu.
  • Ramah lingkungan, dapat terurai 100% secara alami.

Sampo kucing telah mendapatkan rekomendasi dari peternak kucing terbaik dan professional groomers di seluruh dunia.

Harga dari produk ini dengan isi 235ml adalah Rp 153.000,-.

  1. Espress Kitten Shampoo

Produk ini sangat cocok untuk anak kucing yang umumnya memiliki kulit yang sensitif. Sampo kucing ini mengklaim bahwa bersifat hypo-allegenic sehingga akan aman untuk semua kucing.

Mengandung bahan alami yang menjadi fokus banyak pemilik kucing saat ini. Kandungan bahan pada sampo ini antara lain organic aloe vera (hydrator), coconut based cleanser, kondisioner, Jojoba (moisturizer) dan vitamin A, D, E.

Manfaat dari penggunaan sampo ini membuat bulu kucing sehat, lembut serta melembapkan. Bulu kucing juga akan terhindar dari ketombe.

Harga dari produk ini dengan isi 355ml adalah Rp 188.200,-.

  1. Perfect Coat Tearless Kitten Shampoo

Produk ini mengandung bahan mild surfactand blend, moisturizing and rinsing agent, aloe vera gel, minyak jojoba dan keratin hidrolisis. Sampo ini mudah dibersihkan sehingga akan menghemat waktu dalam memandikan kucing. Keunggulan lain dari produk ini adalah:

  • Bulu kucing lembut dan rapih sehingga akan terlihat menggemaskan.
  • Melindungi kulit kucing
  • Dapat digunakan bahkan untuk anak kucing dengan kulit yang sensitif.
  • Tidak mengandung alkohol.
  • Anak kucing akan memiliki aroma wangi dan tahan lama.

Harga dari produk ini dengan isi 295ml adalah Rp 121.200,-.

  1. Furminator My FURst Waterless Kitten Shampoo

sampo kucing

Produk ini mengandung aloe vera, ekstrak kava, protein gandum hydrolyzed, protein oat hidrolisis, omega 3&6, vitamin E, asam lemak dan banyak ekstrak tumbuhan lainnya. Sampo kucing ini tidak mengandung paraben dan pewarna kimia jadi aman digunakan, bahkan untuk kucing dengan kulit sensitif.

Keunikan dari produk ini adalah waterless sehingga tidak dibutuhkan pembilasan. Buat yang belum perna memandikan kucing atau baru pertama kali memelihara hewan ini, penggunaan sampo kucing ini akan sangat membantu.

Manfaat dari sampo ini akan membuat bulu kucing wangi dan melembut bulu kucing. Kandungan yang begitu banyak dan alami juga akan menjaa kesehatan bulu kucing.

Harga dari produk ini dengan isi 251ml adalah Rp 115.000,-.

  1. Mokai – Moisturizing & Conditioner Cat Shampoo

Pada sampo kucing ini banyak mengandung vitamin E dan asam amono yang memiliki banyak khasiat. Manfaat dari Mokai adalah:

  • Bulu kucing lembut dan mengurangi
  • Bulu kucing menjadi sehat dan bersinar.
  • Dapat melebatkan bulu kucing
  • Sebagai anti bakteri dan anti jamur
  • Menghilangkan bau tidak sedap dari bulu kucing.

Harga dari produk ini dengan isi 250ml adalah Rp 39.125,-

Harga untuk isi 500ml Rp 78.000,-.

  1. Bis Best Show Kitten Shampoo

sampo kucing

Produk ini mengandung bahan alami dan dapat terdegradasi secara alami. Penggunaan bahan alami membuat sampo ini dapat digunakan untuk segala jenis tipe kulit kucing dan tidak menimbulkan iritasi.

Manfaat dari sampo ini untuk membuat bulu anak kucing sehat, lembut dan wangi. Bahan yang digunakan untuk membuat kucing wangi juga berasal dari penggunaan dari bahan herbal.

Penggunaan produk ini dianjurkan 2x pemakaian dalam setiap kucing mandi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Buat yang sangat peduli terhadap lingkungan akan menyukai produk ini.

Harga untuk isi 500ml Rp 73.000,-.

  1. Dixci – Kitten Formula Shampoo

sampo kucing

Sampo Dixci menggunakan bahan yang terbebas dari zat aditif berbahaya bagi kucing. Manfaat dari sampo ini adalah membuat kucing akan beraroma wangi yang cukup lama. Bulu anak kucing akan menjadi lembut.

Harga dari produk ini dengan isi 600ml adalah Rp 64.600,-.

  1. Fungizol – Anti Fungi Shampoo for Cat and Kitten

sampo kucing

Produk ini mengandung lime sulfur, chlorhexidine glukonat, miconazole nitrat dan kondisioner. Kandungan terbanyak dari sampo kucing ini adalah lime sulfur, yaitu sekitar 10%. Kandungan lime sulfur berfungsi untuk mencegah bulu kucing dari pertumbuhan jamur.

Apabila di kulit anak kucing sudah terdapat jamur, sampo ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan jamur. Manfaat lainnya agar kulit anak kucing tetap sehat dan lembut karena mengandung kondisioner.

Harga dari produk ini dengan isi 600ml adalah Rp 36.500,-.

  1. Bio Feline – Flea, Tick & Lice Treatment Shampoo for Cats and Kittens

sampo kucing

Produk ini mengandung bahan aktif permetin dan piperonyl butoxide. Sampo ini cocok digunakan jika kucing mengalami masalah kutu. Buat yang tidak ada masalah bulu kucing dari kutu dapat juga menggunakan sampo kucing ini sebagai pencegahan.

Harga dari produk ini dengan isi 250ml adalah Rp 39.000,-.

Kucing Dewasa

  1. Earthbath 2-in-1 Conditioning Cat Shampoo “Light Wild Cherry”

sampo kucing

Sampo ini dapat digunakan pada usia kucing diatas 6 minggu. Bahan yang digunakan menggunakan bahan natural, seperti oatmeal, aloevera dan vitamin E. Penggunaan bahan alami membuat sampo ini dapat terdegradasi dan ramah lingkungan.

Terpenting, produk ini tidak mengandung paraben, fosfat dan sabun sehingga aman digunakan untuk kucing.

Manfaat yang didapat dari sampo ini akan membuat bulu kucing lembut dan tidak membuat kulit kucing kering. Apabila bulu kucing kusut, setelah menggunakan sampo ini akan menjadikannya lembut dan sehat.

Kekurangannya, sampo kucing ini tidak bisa digunakan untuk kulit kucing yang gatal.

Harga dari produk ini dengan isi 472ml adalah Rp 170.000,-.

  1. Vet’s Best Waterless Cath Bath

Salah satu jenis sampo yang melegenda karena dibuat oleh perusahaan yang professional dan sudah ada selama 30 tahun. Sampo ini disebut dengan foaming cat shampoo yang waterless atau tanpa dibilas.

Buat kamu yang memiliki kucing cukup banyak dengan aktivitas yang padat, produk ini bisa menjadi solusi. Bisa juga menajdi solusi jika kucing sangat anti terhadap air.

Kamu hanya perlu menyemprotkan sampo ini ke kucing dari kepala, ujung ekor hingga telapak kakinya. Vet’s Best akan tetap memperindah dan membuat wangi bulu kucing tanpa harus dibilas.

Bahan yang digunakan pada sampo ini adalah bahan alami yang terdiri dari aloe vera, colloidal oatmeal, neem oil, vitamin E, vitamin B5, allantoin dan pewangi alami. Adanya kandungan allantoin akan membuat kulit dan bulu kucing menjadi lebih lembab dan sehat.

Manfaat lainnya dari dari sampo Vet’s Best:

  • Bulu kucing menjadi lembut dan bersinar.
  • Menyegarkan dan membuat wangi bulu kucing.
  • Mengurangi rasa gatal pada kucing.
  • Baik digunakan untuk kulit kering kucing.
  • Mudah dilakukan.
  • Tidak akan merusak atau menghilangkan fungsi kerja obat kutu yang digunakan kucing.

Sampo ini jangan digunakan untuk kucing hamil, menyusui, dan kucing yang berusia dibawah 12 minggu.

Harga dari produk ini dengan isi 118ml adalah Rp 120.000,-.

  1. TropiClean Spa Renew Shampoo for Cats

Sampo ini mengandung bahan alami sehingga aman untuk semua jenis kulit kucing. Bahan yang terkandung di dalamnya adalah, air, white plum, hydrolyzed wheat protein, oatmeal, jahe, vitamin E, mild coconut cleanser dan teh putih. Tidak mengandung sabun.

Bahkan sampo bisa juga digunakan untuk kulit kucing yang gatal. Sangat cocok diberikan untuk kucing dengan bulu panjang yang mengharuskan diberikan perawatan ekstra.

Manfaat dari produk ini:

  • Meminimalisir atau menghilangkan rasa gatal pada kulit.
  • Angkat kotoran di bulu kucing dengan bersih.
  • Membuat bulu kucing bersih dan mengkilap.
  • Aroma tahan lama sehingga kucing akan tetap wangi.
  • Tidak mengganggu fungsi kerja dari obat kutu ketika sudah dipakaikan ke kucing.

Harga dari produk ini dengan isi 473ml adalah Rp 321.000,-.

  1. Vetoquinol Sebozole Shampoo

Produk ini sudah ada sejak 1993 dengan pemilihan bahan yang premium. Vetoquinol juga mengklaim bahwa produk mereka bahkan sudah sering menjadi rekomendasi dari para dokter hewan. Dari hal ini saja sudah sangat meyakinkan dan kamu tidak perlu khawatir jika kucin akan mengalami sesuatu yang buruk.

Produk ini memiliki bahan aktif Miconazole Nitrate 2% dan chloroxylenol 1% yang berfungsi untuk mengatasi masalah kulit kucing akibat infeksi jamur. Kandungan aloe vera dan oatmeal untuk membersihkan, melembabkan kulit dan menyehatkan bulu kucing.

Setelah pemakaianan maka akan menciptakan wangi kelapa yang harum di badan kucing. Vitequinol tidak mengandung sabun sehingga bisa digunakan untuk kucing yang memiliki masalah kulit sensitif. Sampo ini juga tetap bisa diberikan meskipun kucing telah diberikan obat kutu.

Buat pencegahan agar kucing tidak terkena penyakit gatal dan membuat bulu serta kulit tetap sehat sampo kucing ini sangat direkomendasikan.

Pada produk ini juga terdapat banyak sekali kandungan bahan inaktifnya, diantaranya adalah fragrance dan salicylic acid.

Harga yang ditawarkan memang sangat mahal dibanding merek sampo kucing lainnya. Hanya saja, jika kamu memang memiliki dana lebih dan penasaran ingin mencoba sampo ini, silakan.

Harga dari produk ini dengan isi 473ml adalah Rp 550.000,-.

  1. Pussie Phoenix Cat Shampoo & Conditioner

Pussie Phoenix ini dapat digunakan untuk semua jenis kucing. Produk ini mengandung banyak sekali bahan, dan kebanyakan menggunakan bahan natural. Beberapa kandungan dari sampo ini adalah aloe vera, minyak biji bunga matahari, vitamin E, vitamin C, vegetable protein extract.

Sampo ini tidak akan membuat iritasi kulit pada kucing. Membersihkan, menghilangkan bau dan menyegarkan bulu kucing adalah keuntungan lainnya yang akan didapat. Adanya kandungan vegetable protein extract akan membantu pertumbuhan bulu dan membuatnya terlihat lebat.

Selain manfaat yang sudah disebutkan, sampo ini mengklaim bahwa dapat mencegah gatal-gatal pada kucing. Dari harga, merek ini sangat terjangkau sekali.

Apakah ada yang menggunakan sampo ini dan berhasil menghilangkan gatal pada kucing?

Harga dari produk ini dengan isi 250ml adalah Rp 20.000,-.

  1. Machiko Medicated Shampoo

sampo kucing

Produk ini mengandung bahan chloroxylenol, asam salycyclic, oatmeal, dan deodorizing agent.  Dapat digunakan untuk kucing dengan bulu pendek maupun panjang.

Adanya kandungan chloroxylenol dan asam salycyclic akan mencegah dan mengontrol agar kucing tidak mengalami masalah kulit, seperti rasa gatal yang dapat disebabkan oleh jamur, bakteri atau yeast. Kandungan oatmeal juga akan membuat bulu kucing bersih dan lembut sehingga mudah diatur.

Machiko tidak boleh digunakan oleh kucing dengan usia dibawah 8 minggu.

Harga dari produk ini dengan isi 225ml adalah Rp 74.000,-.

  1. Im Organic Daily Care Cat Shampoo

sampo kucing

Produk ini alami karena bahan yang digunakan berasal dari tumbuhan yang banyak di Indonesia. Bahan-bahan tersebut adalah bunga matahari, buah kelapa, sari kedelao dan sari bunga.

Bahkan, proses pembuatan sampo kucing ini juga sangat tradisional. Produk ini mengklaim dengan cara inilah maka keaslian bahan akan tetap terjaga.

Manfaat dari sampo ini akan membuat bulu kucing lembut dan tidak kusut.

Harga dari produk ini dengan isi 500ml adalah Rp 85.000,-.

  1. Bioline MP Cat Shampoo

sampo kucing

Bioline dibuat menggunakan teknologi canggih yang berasal dari Jerman. Bahkan merek ini juga mengeluarkan sampo khusus kucing dengan bulu panjang. Bioline juga mengklaim bahwa produk mereka merupakan rekomendasi dari dokter hewan.

Bioline menggunakan bahan ekstrak herbal dengan kandungan vitamin yang tinggi. Manfaat dari produk ini akan membuat bulu sehat dan baik untuk perkembangan kulit dan bulu kucing.

Harga dari produk ini dengan isi 250ml adalah Rp 60.000,-.

  1. Medicated Cat Shampoo

sampo kucing

Produk ini dapat digunakan untuk kucing di atas usia 6 minggu. Kandungan Medical Cat adalah tea tree oil, triclosan dan salicylic acid. Aman digunakan bahkan menjadi sudah menjadi rekomendasi oleh para dokter hewan dan professional groomers.

Setelah menggunakan produk ini maka masalah gatal pada kucing akan hilang. Dapat digunakan juga untuk pencegahan.

Harga dari produk ini dengan isi 532ml adalah Rp 70.000,-.

  1. Klean Kitty No Rinse Shampoo

sampo kucing

Klean Kitty adalah produk sampo yang waterless sehingga tidak harus dibilas. Sangat efektif dan efisien untuk kamu yang menyukai kepraktisan. Produk ini tidak mengandung sabun.

Produk ini tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya dan tidak akan menyebabkan iritasi kulit kucing. Kandungan lainnya adalah conditioner yang membuat bulu kucing lembut dan tetap lembab.

Harga dari produk ini dengan isi 236ml adalah Rp 100.000,-.

  1. Pro-V Cat Shampoo & Conditioner

sampo kucing

Pro-V Shampoo mengandung banyak vitamin, terutama vitamin E dan vitamin B5.

Manfaat dari penggunaan sampo ini adalah untuk membersihkan bulu kucing, membuat sehat, lembut dan berkilau. Melindungi dari inflamasi dan meminimalisir alergi.

Harga dari produk ini dengan isi 1L adalah Rp 182.000,-.

Apakah boleh menggunakan sampo manusia?

Tidak boleh.

Kulit kucing dengan manusia berbeda, dimana kucing memiliki lapisan kulit yan lebih tipis. Pengguunaan sampo manusia pada kucing akan mengakibatkan kulit kucing mudah kering, iritasi dan masalah lainnya.

Kesimpulan

Setiap sampo akan memiliki manfaatnya masing-masing dan keunggulan atau keunikan. Jangan hanya berdasarkan hal ini saja, tapi coba sebelum membeli tanyakan bahan yang terkandung dalam sampo tersebut.

Jangan sampai manfaat yang tertera di produk tergantikan menjadi suatu penyakit yang dapat diderita oleh kucing. Perhatikan juga kondisi kucing, apabila sensitif maka carilah yang bersifat hypo-allegenic. Jika terjadi iritasi atau masalah lainnya setelah menggunakan sampo segeralah cari tahu atau periksakan ke dokter terdekat.

Bulu kucing yang terawat ditambah lingkungan serta asupan nutrisi yang baik akan membuat kucing sehat dan senang.

Leave a Reply