TAHAP PERKEMBANGAN ANAK KUCING

TAHAP PERKEMBANGAN ANAK KUCING

Masa anak-anak adalah masa partumbuhan penting dengan waktu yang tidak dirasa sangat cepat berganti. Tidak terkecuali dengan perkembangan anak kucing. Pada masa ini banyak hal yang harus diperhatikan dan dijaga sangat baik sehingga nanti kucing dewasa akan memiliki sistem imun dan daya tahan tubuh yang baik.

Maka dari itu, dirasa perlu untuk mengetahui perkembangan anak kucing. Dengan mengetahui waktu perkembangan anak kucing akan mempermudah kita untuk mengetahui jenis perawatan hingga ke makanan apa saja yang baik pada setiap tahapannya. Beberapa merek makanan tertentu bahkan sudah mengkategorikannya.

Usia Perkembangan Anak Kucing

Tahap ini akan dibedakan menjadi 4 kategori, diantaranya:

perkembangan anak kucing
  1. Masa Neonatal (0-4 minggu)

Tempat yang nyaman

Masa ini berlangsung pada hari disaat anak kucing dilahirkan hingga minggu ke 4 (baru lahir– 4 minggu).

Tempat nyaman mereka adalah saat mendapatkan kehangatan dengan induk kucing dan saudaranya dan menghabiskan waktu dengan tidur dan makan. Tidak hanya rasa hangat, anak kucing juga akan merasa aman dan nyaman.

Jangan memisahkan kucing dari induk dan saudaranya. Apabila hal ini dilakukan maka akan menyebabkan perkembangan fisik dan mental yang kurang baik. Pada perkembangan anak kucing tahap ini, kita tidak sering memegang kucing pada usia ini. Apabila sering dipegang maka akan tercium bau tangan manusia dan membuat sang induk tidak mau menyusuinya.

Kesehatan dan Nutrisi

Perkembangan anak kucing pada tahap ini memerlukan nutrisi kolostrum. Kesehatan mereka akan terpenuhi hanya dengan susu yang diberikan oleh induk kucing. Dengan catatan, kesehatan, kebersihan putih induk kucing dan keadaan lingkungan juga bersih dan baik.

Nutrisi ini sangat penting karena berfungsi sebagai pembentuk antibodi yang membuat sistem imun mereka menjadi kuat. Kandungan protein pada susu induk juga baik untuk membantu tumbuh kembang mereka. Anak kucing harus mendapatkan susu induk dalam 18-24 jam pertama setelah kelahiran.

Bagaimana jika anak kucing tidak mendapatkan air susu induknya?

Kamu bisa membeli susu khusus kucing. Jangan memberikan susu sapi. Hal ini adalah mitos jika memberikan susu sapi diperbolehkan seperti yang kamu lihat di film kartun. (Baca juga: mitos kucing populer beserta alasannya).

Saat usia 4 minggu boleh diberikan makanan padat?

Boleh, tapi perlu dilunakkan dengan susu khusus anak kucing ataupun air. Proses ini dilakukan agar lebih mudah dimakan oleh mereka.

Kandungan makanan haruslah yang diperkaya dengan antioksidan. Antioksidan berfungsi sebagai antibodi untuk menguatkan daya tahan tubuh.

Obat cacing boleh diberikan?

Bisa.

Tapi, minimal saat usia 2 minggu ya. Jika sudah didiagnosa positif memiliki penyakit cacingan maka obat cacing bahkan harus diminumkan berulang.

Pada tahap neopatal ini obat cacing diberikan pengulangan setiap 2 minggunya. Setelah pemberian obat cacing pertama.

Keadaan Fisik

Berat badan anak kucing saat baru terlahir sekitar 100 hingga 150 gr pada minggu pertama.

Pada saat terlahir, mata anak kucing akan tertutup hingga usia mereka 14 hari. Namun, beberapa anak kucing sudah dapat membuka matanya di hari ke 7 hingga 10 hari. Untuk beberapa jenis kucing, mata saat anak kucing akan berubah seiring bertambahnya usia.

Keadaan lainnya adalah kuping yang akan menempel erat ke kepala. Pada usia 5-8 hari baru telinga kucing mulai membuka. Kuping kucing akan menegak saat berusia 2-3 minggu.

Akan muncul gigi taring susu pada usia 3-4 minggu. Letak dari gigi taring susu di sebelah gigi seri dengan bentuknya yang panjang dan lancip.

Seperti bayi pada umumnya maka saat terlahir kucing juga tidak mampu berdiri dan berjalan. Mulai bisa berjalan sekitar usia 2-4 minggu. Pada awal-awal usia 2 minggu, cara berjalan kucing juga masih tidak seimbang sehingga menyebabkan mereka terjatuh.

Namun, jangan khawatir itu hanyalah bagian dari proses perkembangan fisiknya saja. Kemampuan belajarnya akan semakin bagus menginjak usia 3-4 minggu. Bahkan, anak kucing akan menunjukkan mulai bisa meluruskan kaki.

Perilaku

Perkembangan anak kucing saat berusia sekitar 3.5 minggu, anak kucing mulai bisa merespon terhadap rangsangan dari luar. Kamu bisa mengajari mereka untuk dapat menggunakan litter box dengan baik.

nama kucing
  1. Menyapih (4 – 8 Minggu)

Kesehatan

Pada tahap perkembangan anak kucing ini, anak kucing mulai memiliki kekebalan tubuh yang melemah. Hal ini dikarenakan antibodi yang berasal dari air susu induk kucing tidak lagi cukup. Anak kucing mulai rentan terkena penyakit. Maka dari itu, penting pada usia ini anak kucing lebih banyak waktu tidur.

Memasuki usia 8 minggu, anak kucing juga sudah dapat diberikan vaksin. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan mereka.

Keadaan Fisik

Mulai adanya perubahan warna pada iris mata yang permanen sekitar usia 6–7 minggu. Namun, proses ini tidak sepenuhnya terjadi dengan kucing. Ada kucing yang tidak akan berubah warna dari kecil hingga ke tahap dewasa.

Beberapa kucing ras yang akan mengalami perubahan pigmen iris mata adalah:

Usia 4-6 minggu akan muncul gigi geraham depan yang berada di antara gigi taring dan gigi geraham.

Perilaku

Anak kucing juga sudah mulai meninggalkan induk kucing untuk menjelajahi daerah tempat dia tinggal dan berpetualang saat usia 7-8 minggu. Mereka juga sudah dapat berlari pada tahapan perkembangan anak kucing.

Tidak hanya itu, kucing sudah sangat aktif sehingga suka untuk menjelajahi tempat yang lebih tinggi dan melatih gerak lompatnya.

perkembangan anak kucing
  1. Pertumbuhan Intensif (2 – 4 Bulan)

Kesehatan dan Nutrisi

Seperti yang sudah disebutkan pada fase pertumbuhan intensif, di perkembangan anak kucing ini juga anak kucing segera diberikan vaksin lengkap, baik inti maupun yang non.

Ketika kucing menginjak usia 3 bulan, induk kucing sudah tidak lagi memberikan susunya. Hal ini dikarenakan air susu dari si induk juga sudah mengering.

Kamu bisa memberikan makanan komersil dengan catatan pilihlah yan khusus anak kucing. Saat memberi makan, kasihlah sedikit demi sedikit dengan intensitas waktu pemberian yang banyak, bisa 4-5 kali sehari.

Keadaan Fisik

Pada usia 4 bulan, akan muncul gigi seri dewasa. Gigi kucing juga akan lebih besar dibandingkan dengan gigi anak kucing.

Perilaku

Pada usia 4 bulan anak kucing akan mengalami perubahan hormon yang mengakibatkan adanya perubahan perilaku. Hal tersebut meliputi, suara mengeong dengan keras di malam hari atau mencoba keluar dari rumah.

Selain belajar dari tempat tinggal dan pemilik, pada usia 2-4 bulan mereka juga akan belajar bersikap dari saudara atau hewan lainnya. Apabila ada salah satu kucing jantan yang suka sekali spraying, maka hal ini akan dicerna oleh kucing. Hingga pada usia selanjutnya bisa saja kucing akan mencontoh hal yang sama.

Selain itu, akan terbentuk perilaku dominan dan patuh tergantung dari bagaimana cara melatih dan pengalaman yang didapat.

kucing siam
  1. Pertumbuhan Berkelanjutan (di atas 4 bulan)

Kesehatan dan Nutrisi

Kesehatan kucing akan aman, jika kamu mengikuti anjuran dengan baik di tahap sebelumnya. Sterilisasi kucing sudah diperbolehkan.

Pada tahap perkembangan anak kucing ini maka kucing sudah dapat beralih dari makanan khusus anak kucing ke makanan dewasa. Pilihlah makanan yang mengandung banyak nutrisi baik untuk mereka.

Keadaan Fisik

Pada usia 4 hingga 6 bulan, gigi taring, geraham depan dan geraham susu akan digantikan dengan gigi dewasa.

Memasuki usia 7 bulan atau lebih, ukuran tubuhnya akan lebih besar dan matang secara seksual. Usia kucing yang bertambah dan hingga usia 2tahun, pada umumnya kucing mengalami pertumbuhan maksimal.

Namun, hal ini akan berbeda untuk kucing besar. Jenis kucing ras beragam keunikannya, salah satunya adalah kucing Maine Coon. Seperti kucing berbadan besar pada umumnya, kucing ini memiliki pertumbuhan yang lamban.

Pada usia 3-5 tahun barulah kamu akan mendapatkan ukuran dan bentuk tubuh dewasa dari kucing ini. Waktu ini sangat lama dibandingkan dengan kucing lainnya, yaitu hanya dengan waktu 1 tahun untuk mencapai tubuh dewasa.

Perilaku

Saat usia 4-6 bulan anak kucing memasuki fase remaja. Pada fase ini, sebagai pemilik harus mengajarkan perilaku baik karena sifat di usia tahap ini adalah yang akan dibawa kucing hingga dewasa.

Kucing jantan mulai menandai daerah kekuasannya dengan menyemprotkan urin (Spraying). Kucing betina akan menunjukkan birahinya. Kucing betina sudah siap hamil memasuki usia 6 bulan.

Jika tidak ingin menambah banyaknya kucing di rumah, kamu harus mensterilkan kucing betina dan jantan. Melakukan sterilisasi tidak hanya membuat kucing tidak dapat memiliki anak, tapi banyak manfaat lainnya yang bisa dirasakan. Kamu bisa mencari tahu lengkap mengenai sterilisasi kucing di sini.

steril kucing

Info Tambahan

Mengapa perut anak kucing buncit?

Ada beberapa kemungkinan dan faktor penyebab yang membuat hal tersebut terjadi.

Pertama, dapat diakibatkan pemberian makanan yang kurang sesuai dengan bakteri di saluran pencernaan. Karena hal ini maka akan mengakibatkan sulitnya untuk mencerna makanan dan mengakibatkan timbulnya gas di perut kucing. Disarankan jika kucing sudah selesai disapih induknya berikanlah makanan khusus anak kucing.

Kedua, pemberian makan yang terlalu banyak sehinga membuat fungsi kerja pencernaan menjadi penuh dan sitem kerjanya melambat.

Ketiga, pemberian susu sapi. Ada beberapa makanan yang memang seharusnya tidak diberikan oleh kucing, untuk info lengkapnya kamu bisa baca di sini.

Keempat, kemungkinan dikarenakan anak kucing mengalami cacingan. Kenali ciri-ciri kucing cacingan dan periksakan ke dokter untuk mendapatkan penangan dini secara tepat.

Penutup

Sudah di tahap usia berapa tahun kucingmu?

Saat kucing masih kecil, ajarkanlah bersosialisasi dari lingkungan saudaranya. Kemudian, kenalkanlah ke kucin lainnya. Hal ini akan membuat mereka memiliki sikap yang lebih bisa beradaptasi nantinya dan menjadi tidak liar.

Leave a Reply