MEMILIH TEMPAT PENITIPAN KUCING YANG AMAN DAN TEPAT

MEMILIH TEMPAT PENITIPAN KUCING YANG AMAN DAN TEPAT

Saat memutuskan memelihara kucing, umumnya kucing akan dianggap sebagai bagian anggota keluarga. Akan tetapi, untuk beberapa hal kucing tidak bisa dibawa ikut bersama kita saat bepergian. Misalnya saja kamu akan pergi untuk urusan pekerjaan atau liburan ke tempat yang jauh. Maka dari itu, dibutuhkan tempat penitipan kucing.

Tempat penitipan menjadi cara yang dapat membantu ketika harus bepergian dan meninggalkan rumah. Saat menemukan tempat yang cocok dan bagus maka kita tidak akan khawatir. Berkurangnya rasa khawatir dan menjadi tenang membuat kita dapat melakukan tugas atau sekedar berlibur dengan tenang.

Sebelum menitipkan kucing, ada baiknya mengetahui bagaimana tempat penitipan kucing yang baik.

Tempat Penitipan Kucing

Sebelum ke poin, bagi yang belum memiliki hewan peliharaan, misal kucing, ada baiknya mengetahui apakah pilihan memelihara kucing baik untukmu atau tidak? Karena mengurus mereka tidaklah mudah dan tidak boleh meninggalkan sendirian tanpa ada yang mengurus.

Pada umumnya, selain kucing, di tempat penitipan juga ada anjing. Mengingat kedua hewan tersebut yang populer sebagai hewan peliharaan. Tempat penitipan kucing ini ada yang menggunakan di kantor dokter hewan (1 ruko, beda lantai), rumah atau hotel khusus.

Menggunakan pilihan tempat penitipan agar tidak menyusahkan orang lain, seperti keluarga atau teman. Sebagian orang mungkin tidak ingin terganggu karena harus menjaga kucing meskipun mereka menyukainya. Kesibukan juga bisa menjadi alasan kamu tidak bisa mengandalkan

Alasan lain dengan mengirimkan ke tempat penitipan kucing dikarenakan mereka sudah memiliki hewan peliharaan yang cukup banyak dan keadaan rumah yang tidak begitu luas. Tidak enak rasanya jika harus menambah lagi 1 anak untuk dijaga.

tempat penitipan kucing
  • Pro Tempat Penitipan Kucing

  1. Lebih Murah

Tau tidak selain tempat penitipan kucing, ada juga pengasuh kucing? Nah, jika dibandingkan dengan pengasuh kucing maka harga dari tempat penitipan ini akan jauh lebih murah. Hal ini sudah sangat jelas karena dalam 1 tempat akan ada hewan peliharaan lainnya. Maka dari itu, biaya operasional akan bisa ditekan dari banyaknya hewan lain tersebut yang ikut dijaga.

  1. Bersosialisasi

Beberapa ras kucing lebih baik tinggal bersama dengan hewan lainnya. Kucing-kucing ini memiliki sifat  aktif sehingga ada teman bermain menjadi keuntungan tersendiri dari tempat penitipan hewan. Ras kucing yang memiliki sifat ini diantaranya, kucing Maine Coon, British Short hair dan kucing Birman.

Jika Kucing dapat bermain hal ini akan menghilangkan kebosanan dan menurunkan tingkat stress. Mungkin ini akan terjadi jika kamu memutuskan menggunakan rumah atau hotel penitipan kucing. Jika tempat penitipan kucing kecil kemungkinan tidak ada hal ini. Biasanya kucing akan dikandangkan untuk mempermudah pekerjaan pengasuh.

Beberapa faktor yang tidak mendukung. Kurang luasnya tempat penitipan atau kurangnya pengasuh yan merawat bisa menjadi salah dua alasan. Saran! Kamu tidak bepergian dalam waktu yang lama (dibawah 7 hari) agar kucing tidak stress.

  1. Tenaga Profesional

Yah mungkin beberapa di Indonesia tidak ada sertifikasi bagi penjaga kucing ya, apalagi di penitipan kucing yang tergabung dengan dokter hewan. Tapi, setidaknya penitipan ini punya lokasi jelas dan siapa yang akan bertanggung jawab jika terjadi sesuatu dengan kucing kita.

Pengasuh kucing akan bekerja dibawah pengawasan. Dengan demikian kucing setidaknya akan mendapatkan makan setiap harinya tanpa kekurangan sedikitpun.

Jika menggunakan tempat penitipan di hotel khusus karena harga yang harus dibayar juga cukup mahal, maka pengasuh yang digunakan kemungkinan memiliki sertifikasi atau pengalaman professional sebelumnya.

  • Kontra Tempat Penitipan Kucing

  1. Kucing Stress

Kebanyakan dari kucing akan merasa sedikit stress jika berada di tempat baru, walaupun dianraranya dengan cepat untuk bersosialiasi. Tidak hanya itu, saat kucing memasuki tempat tersebut pasti sudah ada hewan lainnya sehingga bisa saja kucing merasa terancam dan menimbulkan stress.

Selain itu, tempat penitipan kecil biasanya mengkandangkan kucing. Jika biasanya kucing tidak pernah diperlakukan seperti ini dalam waktu cukup lama, bisa memicu munculnya stress juga.

  1. Tertular Penyakit

Hal ini mungkin terjadi karena banyaknya hewan lain yang kita tidak tahu bagaimana cara pemilik merawatnya. Apakah sudah melakukan vaksin kucing sehingga daya tahan tubuh baik? Jika kucing lain sakit maka penyebab penyakit tersebut (virus atau bakteri) bisa jadi menular ke kucing lainnya yang memiliki daya taha tubuh rendah.

  1. Harus Mengikuti Jadwal

Banyak hewan peliharaan lain yang harus diurus oleh tempat penitipan ini. Tidak ada perlakuan khusus atau diprioritaskan.

Jadi, jika memiliki banyak aturan jadwal sendiri untuk kucingmu, itu sangat menyusahkan pihak pengelola. Mungkin hal ini bisa, tapi kamu harus bernegosiasi terlebih dahulu dan bersiap menambah pembayaran ekstra.

tempat penitipan kucing

Tempat Penitipan Kucing yang Baik              

Setelah mengetahui apa saja pro dan kontra, sebelum memutuskan untuk menitipkan kucing ada baiknya kamu mengetahui syarat yang baik dari sebuat tempat penitipan kucing.

Melakukan survey tempat penitipan langsung sangat dianjurkan. Beberapa hal yang harus menjadi perhatian kamu dalam memilih tempat kucing, diantaranya:

  1. Tempat Aman dan Baik

Tempat penitipan hewan pasti berisi oleh lebih dari 1 atau bahkan 3 hewan. Oleh karena itu, untuk mengurangi adanya proses penularan penyakit pihak penyelenggara harus memastikan bahwa kucing yang dititipkan disana akan berada dalam keadaan aman dan sehat.

  • Baiknya, dari pihak tempat penitipan memeriksakan atau menanyakan riwayat kesehatan dari kucing. Terimalah hanya jika kucing sehat! Apabila kucing sakit maka harus dengan terpaksa ditolak untuk menjaga kesehatan kucing lainnya.
  • Memiliki ruangan isolasi untuk kucing yang sakit saat berada di tempat penitipan.
  • Memberikan makanan dan minuman yang bersih dan bergizi agar selalu terpenuhi kebutuhan nutrisinya.
  • Menyediakan sarana indoor yang nyaman untuk beristirahat dan outdoor untuk kucing latihan atau bermain.
  • Memiliki keamaan yang baik sehingga kucing tidak bisa keluar tanpa pengawasan.
  • Tidak ada benda tajam dan bahan kimia yang membahayakan di sekitaran kucing.
  • Memiliki sirkulasi udara dan cahaya yang baik.

Coba untuk memperhatikan keadaan kucing lain, apakah terlihat senang dan tenang atau malah sebaliknya (lesu, cemas dan sakit)? Jika yang pertama, maka bisa dipastikan tempat penitipan itu baik untuk kucingmu.

  1. Tempat Bersih

Tidak hanya aman, kebersihan tempat penitipan juga merupakan hal yang penting karena jika lingkungan tidak baik juga akan membuat kucing sakit. Beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Memiliki pengaturan barang yang rapih dan terawat tidak ada debu maupun karat di benda.
  • Ruangan tidak bau meskipun banyak kucing. Ini menandakan pekerja selalu dengan rajin membersihkan lingkungan.
  • Memiliki Jadwal Desinfektan rutin.
  • Tempat makan dan minum kucing bersih.
  • Memiliki litter box yang memadai, idealnya banyaknya litter box adalah jumlah kucing +1.

Jangan lupa untuk memperhatikan kucing lain yang sudah terlebih dahulu di tempat tersebut. Baik jika ternyata kucing bersih dan terbebas dari penyakit, misal yang mudah terlihat adalah kutu dan scabies.

  1. Pengasuh Baik dan Profesional

Jika merasa 2 poin sebelumnya sudah memenuhi kriteria dan persyaratan maka tahap terakhir adalah mengenali pengasuh. Semua poin tadi akan menjadi sia-sia jika pengasuh adala orang yang sangat tidak peduli dan profesional.

Cara mencari tahu bisa dengan melakukan percakapan. Darisitu akan terlihat apakah mereka mencintai pekerjaan atau tidak. Petugas yang mencintai pekerjaannya maka akan memiliki informasi yang cukup banyak.

Jika menggunakan rumah penitipan kucing maka perhatikan juga luas ruangannya. Jangan sampai kucing tidak nyaman karena ruangan tidak menampung jumlah kucing yang harus dijaga.

anak kucing mati

Info Tempat Penitipan Kucing

  • Hotel dan Ruko Penitipan Kucing

  • Savvy Pet Hotel, Gading Serpong Tangerang

Di tempat ini hewan peliharaan tidak akan dikandangi tetapi Savvy akan menaruhnya di 1 ruangan luas. Fasilitas di ruangan tersebut ada AC bahkan makanan organik.

Tempat ini juga akan memberitahu keadaan hewan peliharaan ke pemilik setiap harinya.

Biaya penginapannya mulai dari Rp75.000 hingga Rp180.000,- per hari.

  • Aneka Petindo, Jakarta Pusat

Ini seru sekali karena tempat penitipan ini selain menjaga hewan peliharaanmu, tapi juga akan memberikan pelatihan ketangkasan, kepatuhan serta perawatan.

Biaya penginapan mulai dari Rp65.000 hingga Rp80.000 per hari. Harga ini sudah termasuk makan dan vitamin untuk si kucing.

  • Istana Kucing, Jakarta Timur

Beberapa fasilitas yang didapatkan adalah full AC, medis, grooming dan kebersihan alat makan dan minum dijamin karena akan dilakukan 2x pembersihan. Tidak hanya itu, tempat ini juga sangat menjaga toilet kcuing dengan membersihkannya setiap hari.

Istana kucing juga akan selalu memberikan info setiap hari ke pemilik. Kucing tidak akan dikandangi 100%. Hal ini menjadi kelebihan tersendiri karena umumnya kucing peliharaan walaupun di dalam rumah tidak suka di dalam kandang dalam waktu 24 jam.

Biaya penginapan cukup beragam tergantung dari jenis pelayanan apa yang ingin digunakan. Tapi, biaya penginapan termurah mulai dari Rp60.000 per hari. Tidak termasuk biaya makan dan kucing akan 80% dikandangi dan 20% tanpa dikandangi.

  • Rumah Penitipan Kucing

  • Jakarta Pet Sitter

Visi mereka untuk membuat hewan peliharaan yang dititipkan tidak merasa stress!

Jakarta pet sitter akan melakukan latihan ke hewan dengan mengajak bermain si kucing dan memberikan pengobatan jika dibutuhkan.

Tempat ini juga menyediakan makanan dan air bersih untuk hewan. Tidak ketinggalan mereka menyediakan litter box yang selalu bersih untuk hewan yang dititipkan.

Manfaat Menggunakan Tempat Penitipan yang Baik

  • Dapat melakukan pekerjaan dengan tenang.
  • Dapat berlibur tanpa cemas.
  • Tidak menyusahkan orang lain.
  • Kucing tetap aman dan sehat.
  • Mendapatkan laporan setiap harinya mengenai keadaan kucing yang bisa berguna untuk melepas sedikit kangen.

Info Tambahan

Pengasuh Kucing

Sebenarnya, konsep ini seperti baby sitter yang selama ini kita tahu untuk mengurus anak. Pengasuh kucing atau Pet sitting juga bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan untuk menjaga kucingmu. Kamu bisa mempekerjakan orang yang kamu kenal dan mengerti sifatnya.

Apabila hanya akan meninggalkan kucing dalam waktu singkat, hanya 1 hari mungkin memilih menggunakan pengasuh kucing. Tapi, seperti semua hal, cara penjagaan kucing seperti ini memiliki pro dan kontra.

  • Pro Pengasuh Kucing

  1. Mengurangi tingkat stress

Pengasuh kucing akan mendatangi rumah sehingga kucing tidak harus keluar dan beradaptasi ke lingkungan baru. Lingkungan yang sama membuat kucing akan merasa lebih nyaman.

Ketika kucing nyaman maka mereka akan sehat karena tidak ada masalah dalam hal makan. Positif yang diberikan ini juga akan berdampak ke kamu karena tidak harus begitu khawatir.

  1. Perhatian Lebih

Pengasuh kucing hanya akan menjaga sebanyak kucing yang kamu punya. Dibandingkan dengan tempat penitipan kucing dengan banyak kucing. Hal ini akan membuat kucingmu menjadi pusat perhatian. Selain pengasuh akan memberikan makan, banyak waktu untuk memanjakan dan bermain bersama kucing.

  1. Risiko Kecil Terpapar Penyakit

Hal ini dikarenakan kucing akan kecil sekali terpapar penyakit yang dibawa oleh kucing lainnya atau karena lingkungan. Penyakit yang dapat tertular, seperti kutu kucing atau scabies. Ketika harus membawa kucing keluar, karena menggunakan pengasuh, bisa diberitahu tempat mana saja yang aman bagi kucing dan kesehatannya.

  • Kontra Pengasuh Kucing

  1. Harga Lebih Mahal

Dikarenakan pekerjaan ini bisa dibilang personal service, dimana mereka hanya fokus dengan kucing kita saja. Maka sudah tentu harga yang dibayarkan akan lebih mahal dibanding tempat penitipan kucing.

  1. Orang Asing

Jika kamu memutuskan menggunakan jasa pengasuh kucing yang sebelumnya tidak pernah bertemu dengan kucingmu, mungkin ini dapat menjadi sedikit masalah. Beberapa jenis kucing, seperti kucing () sulit beradaptasi dengan orang baru.

Pengasuh kucing harus memiliki pengetahuan banyak bagaimana cara menjinakkan kucing agar dapat dengan cepat diterima oleh si kucing. Jika tidak, maka akan membuat si kucing stress dan dapat menurunkan nafsu makan mereka.

Hal ini akan menjadi beda cerita jika kamu mengandalkan orang terdekat yang pernah bermain dengan si kucing.

Tapi, sayangnya sepertinya di Indonesia belum ada yayasan khusus pengasuh kucing terpercaya. Jika memang tidak ada pilihan, misal tempat penitipan kucing yang sangat jauh kamu bisa mencobanya. Pilihlah orang yang benar-benar kamu percaya, jujur, dan mencintai kucing. Jangan pekerjakan orang yang hanya cinta uang karena yang mereka urus adalah hewan yang sering kali sulit dimengerti sifat dan tingkahnya.

  1. Missunderstanding

Jika pada tempat penitipan hewan sudah ada prosedur, aturan dan dijaga juga oleh atasan mereka, pengasuh kucing tidak demikian. Memang, sebelum kamu meninggalkan kucing maka akan memberikan segala instruksi, mulai dari:

  • Jenis makanan yang dimakan kucing
  • Cara menangani kondisi kesehatan kucing
  • Ajak bermain kucing
  • Beritahu jika ada hal membahayakan terjadi

Semua yang seharusnya dilakukan dan telah diberitahu bisa saja tidak dilakukan karena ketidakprofesionalisme pengasuh. Selain itu, tidak ada atasan yang dapat menegur mereka ketika melakukan tindakan tidak sesuai. Apalagi jika kamu menggunakan pengasuh kucing dari luar (tidak dibawah suatu lembaga).

Pernah mencoba menggunakan cara ini?

Penutup

Saat menitipkan kucing, sangat dianjurkan untuk melihat dengan detail bagaimana tempat dan aturan dari tempat tersebut. Jika ada media sosial, maka coba cari tahu review dari orang yang telah menggunakannya.

Semoga artikelnya bisa membantu mendapatkan tempat penitipan untuk kucing yang sesuai. Pilihlah tempat yang bagus dengan pengurus baik agar kamu nyaman dan tenang saat harus meninggalkannya.

Bagaimana pengalamanmu saat menitipkan kucing di tempat penitipan? Boleh dibagikan pengalaman dan juga info tempat penitipan untuk kucing yang bagus ya di kolom komentar.

Leave a Reply