JENIS DAN 12 REKOMENDASI MEREK PASIR KUCING TERBARU

JENIS DAN 12 REKOMENDASI MEREK PASIR KUCING TERBARU

Penggunaan pasir kucing menjadi penting karena ada sebagian kucing yang cukup pemilih dengan pasir yang digunakan. Apalagi jika kamu sedang di tahap melatih kucing menggunakan litter box, kalau ternyata masalah di pasir maka kamu harus mengetahui lebih dalam mengenai pasir kucing.

Seperti halnya litter box kucing, pasir kucing juga memiliki beragam jenis dengan harga yang bervariasi. Banyaknya variasi dari pasir kucing terkadang membuat bingung harus memilih yang mana. Oleh karena itu, kali ini akan membahas jenis, karakteristik serta harga dari pasir.

Perlu diketahui bahwa penggunaan banyaknya pasir untuk anak kucing

harus setinggi 5 hingga 7.5cm di dalam kotak.

Cara Memilih Pasir Kucing

Daya Serap

Setiap produk pasti memiliki kelebihannya masing-masing, tapi yang harus diingat adalah fungsi dari pasir kucing itu sendiri yaitu untuk menyerap bau tak sedap. Pada tubuh kucing mengandung protein cauxin dalam jumlah banyak dan dikeluarkan oleh ginjal. Akibatnya, kucing memiliki aroma urin yang menyengat.

Apabila daya serap produk rendah maka akan meninggalkan genangan urin di bagian bawah litter box.

Mudah Dibersihkan

Memilih berdasarkan daya serap suatu pasir adalah hal terpenting, tapi jangan lupa untuk mempertimbangkan efisiensi dari produk tersebut. Ada baiknya memilih pasir yang gampang menggumpal untuk mempermudah pembersihan.

Terlebih lagi jika kamu tidak memiliki banyak waktu. Tidak mungkin harus siap siaga setiap kucing ke litter box atau bahkan harus membersihkan litter box (sampai harus yang mengunakan sabun) setiap harinya.

Namun, hal ini tidak menjadi masalah jika kamu memiliki banyak waktu atau tidak masalah jika harus sedikit merepotkan diri sendiri dalam mengurus kebersihan litter box kucing.

Harga

Hal ini tergantung dari seberapa mampunya kamu membeli. Sesuaikan dengan budget, fungsi dan kualitas bahan baku.

Jenis Pasir

  • Pasir Biodegradable

Pasir kucing

Disebut juga dengan pasir natural atau organik. Seperti namanya, pasir ini berasal dari tumbuhan, alami dan oleh karenanya dapat terdegradasi oleh alam. Pasir bisa dibuang di dalam toilet karena akan larut bersama air.

Pasir kucing ini dibuat dari gandum, pinus dan jagung yang berbentuk seperti pellet. Biasanya toko online menjual pasir natural pine yang berasal dari tanaman pinus.

Pasir natural lainnya ada yang terbuat dari ampas kedelai karena memiliki fungsi penyerapan dan penghilang bau yang sangat baik. Hanya saja aroma dari produk ini cukup unik, kamu harus bisa menyesuaikan diri saat pertama kali mencoba.

Kelebihan dari pasir ini selain ramah lingkungan, mampu menyerap bau dan tidak menimbulkan debu. Debu yang dihasilkan oleh pasir kucing dapat mengganggu sistem pernapasan kucing. Kucing yang memiliki alergi debu akan sangat cocok menggunakan pasir organik ini. Maka dari itu, penggunaan pasir organik akan aman bagi setiap jenis kucing.

Kelebihan lainnya jenis ini tidak mudah menempel di kaki kucing sehingga tidak perlu khawatir akan termakan oleh kucing.

Kekurangan dari pasir ini adalah harganya yang lebih mahal daripada jenis lainnya dan tidak dapat dipakai berulang kali.

Selain pasir natural dengan menggunakan bahan yang telah disebutkan, ada juga yang berasal dari kayu. Beberapa akan menyukainya karena dapat menyerap bau kotoran kucing dengan tinggi, memiliki berat yang ringan dan tidak berdebu.

  • Pasir Kristal

Pasir kucing

Seperti namanya, pasir ini terbuat dari gel silika yang ringan dan berbentuk Kristal. Pasir Kristal biasanya tersedia beberapa pilihan aroma dari produk ini. Jika ingin agar litter box lebih bersih maka dapat dialasi underpad.

Kelebihan dari pasir Kristal adalah daya serapnya yang tinggi sehingga pemakaiannya menjadi irit dan tidak menimbulkan debu. Dapat menggumpalkan kotoran sehingga mempermudah pembersihan. Produk ini juga membuat kemungkinan kecil mudah menempel ke kaki kucing setelah mereka buang air. Apabila tidak sengaja kucing memakannya maka tidak baik bagi tubuh kucing.

Memiliki daya serap yang cukup baik sehingga tidak menimbulkan bau yang mengganggu. Minimnya bau yang ditimbulkan akan mengurangi pekerjaan untuk lebih sering membersihkan litter box kucing.

Kekurangan dari segi harga karena bisa dibilang mahal. Jadi, untuk yang memiliki dana lebih silakan mencoba jenis ini.

Harga dari Pasir Kristal Rp 68.000,- per 4kg.                  

  • Pasir Bentonite

Biasa disebut juga pasir gumpal yang berbentuk bulatan kecil dan halus. Bentonite dapat menggumpal dikarenakan adanya kandungan sodium bentonite yang berasal dari tanah lempung dan ada kandungan silica. Pasir ini ada yang memiliki aroma dan tidak. Pasir ini yang umunya dipakai oleh banyak pemilik kucing.

Kelebihan pasir ini dapat menggumpal atau memiliki daya serap yang sangat baik jadi mempermudah proses pembersihan. Memiliki daya serap bau yang bagus sehingga rumah tidak bau.

Kekurangan dari pasir ini adalah harganya yang cukup mahal. Namun, jika beruntung maka kamu akan mendapatkan harga yang terjangkau, yaitu Rp 40.000,- untuk 10kg pasir.

Pasir ini juga memiliki debu dan kebanyakan menggunakan pewangi atau parfum. Oleh karena itu, untuk kucing yang sensitif dapat mengganggu pernapasannya.

Harga dari Pasir Bentotonite yang mahal bisa berkisar Rp 35.000,- hanya untuk 5kg.

  • Pasir Zeolit

Pasir ini terbuat dari bebatuan yang dipecahkan dan termasuk pasir yang banyak digunakan. Apakah kamu salah satu penggunanya?

Zeolit memiliki 3 tekstur, yaitu tekstur halus, sedang dan kasar. Selain tekstur, ada juga 3 ukuran dari pasir ini yang berdiameter 1mm, 2mm, 3mm dan 5mm. Zeolit dengan mudah ditemui baik di pet shop ataupun e-commerce dengan berbagai variasi harga.

Kelebihan dari zeolite adalah harganya yang murah dan efisien karena dapat dipergunakan kembali dengan cara mencuci pasirnya.

Kekurangan dari zeolit adalah tidak menggumpal dan daya serapnya yang sangat lemah sehingga menimbulkan bau tidak sedap. Bagian bawah litter box akan terdapat cairan dari urin kucing. Hal ini akan lebih banyak menghabiskan banyak waktu karena litter box mudah berbau dan kamu harus mencucinya.

Selain itu, karena tidak dapat menyerap dengan baik seringkali kucing terkena kotorannya sendiri, baik urin atau fesesnya. Dapat menyebabkan lantai rumah kotor bahkan masalah kesehatan kucing.

Harga dari Pasir Zeolit Rp 40.000,- per 10kg.

Rekomendasi Merek Pasir Kucing

  • Natural Pine Wood: Pet Litter

Termasuk jenis pasir biodegradable dan terbuat dari pinus. Pasir ini memiliki daya serap yang jauh lebih kuat dibanding pasir jenis lainnya. Cara kerja dari pasir kucing ini adalah dengan menyerap cairan dan mengembang. Setelah pasir terkena urin kucing sebanyak 2-3 kali maka akan menjadi serbuk kecil seperti debu.

Buat feses kucing, jika bagus maka serbuk dari pasir ini yang akan menempel. Tetapi, jika feses kucing mencret atau ada cairan maka akan terserap oleh pasir.

Cara membersihkan pasir ini kebalikan dari penggunaan pasir gumpal. Pada pasir gumpal maka akan menyaring pasir di dalam litter box agar pasir yang bagus (jatuh dari scoop) bisa digunakan kembali dan hanya dibuang kotorannya. Tetapi, karena pasir natural pine ini menyerap cairan maka serbuk pasirnya yang akan dibuang.

Harga dari pasir ini Rp 173.000,- per 10kg.

  • Volk Pet Ultra-Odor Seal Clumping Litter

pasir kucing

Termasuk jenis pasir biodegradable yang terbuat dari 100% bentonit dengan kualitas yang super bagus. Tidak adanya tambahan kimia pada produk ini menjadikannya aman digunakan oleh semua jenis kucing. Memiliki 4 varian aroma, fresh, natural, kopi latte dan manis.

Pasir kucing ini memiliki kelebihan 2x lebih baik dalam menggumpalkan kotoran dan kemampuan mengunci bau tidak sedap dengan sangat baik. Dengan kemampuan menggumpal yang sangat baik maka ketika dibersihkan kotoran akan terangkat lebih baik dan menghasilkan pasir yang lebih bersih untuk digunakan kembali oleh kucing.

Harga dari pasir ini Rp 119.000,- per 10L.

  • Plant Tofu Cat Litter

Pasir kucing

Pasir kucing berbahan dasar okara dan termasuk jenis pasir biodegradable karena ramah lingkungan.

Kelebihan

  • Ramah lingkungan karena menggunakan bahan alami dan dapat terdegradasi sempurna.
  • Daya serap tinggi sehingga mudah menggumpal
  • Mudah dibersihkan, sangat cocok untuk pemilik yang tidak memiliki banyak waktu
  • Odor Control sehingga bau yang ditimbulkan tidak mengganggu
  • Anti bakteri
  • Tidak mudah menempel di kaki kucing

Harga dari pasir ini Rp 198.000,- untuk 6L.

  • Pet’s Dream Universal Hygienic Litter

Termasuk jenis pasir biodegradable yang terbuat dari 100% serat tumbuhan. Sudah pasti pasir ini memiliki daya serap yang bagus, serta kelebihan lainnya yang sudah disebutkan di jenis pasir biodegradable.

Sangat efektif dan efisien jika memiliki lebih dari 1 jenis hewan peliharaan. Tidak hanya kucing, produk Pet’s Dream ini juga dapat digunakan untuk hamster, kelinci, burung dan beberapa hewan lainnya. kemasannya juga di desain ada pegangan tali jadi lebih mudah jika harus dipindahkan.

Tidak hanya itu, produk ini juga bisa digunakan sebagai pupuk kompos. Apakah ada yang sudah pernah mencobanya? Jika ada, bisa share di kolom komentar.

Melihat banyaknya manfaat yang diberikan dengan harga, jika danamu mencukupi produk ini worth to buy.

Harga dari pasir ini Rp 282.000,- per 15kg.

  • Cub n Kit Cat Litter

Pasir kucing

Termasuk jenis pasir bentonite yang terbuat dari 100% sodium bentonite, atau tanah liat yang diproses menggunakan suatu alat tertentu. Produk ini merupakan pasir yang berasal dari Thailand. Memiliki banyak varian aroma, seperti lavender, lemon, apel dan kopi.

Pasir ini termasuk yang hemat dalam penggunaannya. Hal ini dikarenakan setelah terkena cairan, pasir akan menggumpal dengan keras. Saat proses pembersihan akan lebih mudah dilakukan dan hanya pasir yang kotor saja yang akan terbuang.

Harga dari pasir ini Rp 60.000,- per 10L.

  • Best in Show Catsand

Termasuk jenis pasir bentonite yang terbuat dari bahan batuan alami bentonit asli dari Australia. Salah satu pasir kucing terbaik. Sifat daya serap yang baik serta waktu penggumpalan yang cepat menjadi keunggulan dari produk ini.

Ditambah lagi, pasir tidak mudah terpecah atau terpisah saat melakukan pembersihan menggunakan scoop. Ini membuat pasir kotor akan terangkat semua dan menyisakan pasir bersih yang akan digunakan si kucing.

Harga dari pasir ini Rp 80.000,- per 12L.

  • Catsan: Clumping Cat Litter

Termasuk jenis pasir bentonite yang bertekstur sangat halus. Produk Catsan ini memiliki kemampuan menggumpal yang sangat baik. Kamu tidak perlu khawatir jika di nbagian bawah litter box akan ada sisa cairan atau urin kucing.

Memiliki aroma yang alami, tidak berasal dari bahan kimia sehingga aman untuk kucing. Selain itu, wangi yang terkandung di dalamnya membuat ruangan tidak menjadi bau.

Harga dari pasir ini Rp 56.000,- per 5L.

  • Markotop

Termasuk jenis pasir bentonite dan memiliki banyak jenis varian aroma dan ukuran. Produk Markotop 99% bebas debu. Tinggi daya serap sehingga mudah menggumpal. Cocok untuk yang suka mengerjakan segala sesuatu yang cepat. Produk ini juga akan mengatur bau yang ditimbulkan selama kucing menutup kotoran atau urin dengan baik.

Harga dari pasir ini Rp 50.000,- per 10L.

  • Maxi Catsand

Termasuk jenis pasir bentonite dan memiliki banyak varian aroma, seperti lavender, lemon, moka dan baby powder. Daya serap dan menggumpal yang kuat sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk membersihkannya. Pasir ini juga didesain khusus agar tidak menimbulkan debu jadi aman untuk kucing.

Harga dari pasir ini Rp 154.000,- per 30L.

  • Sumo Cat Litter

Pasir kucing

Termasuk jenis pasir bentonite yang berbentuk bola. Tidak mudah menempel di kaki kucing sehingga aman karena tidak akan termakan oleh mereka.

Memiliki daya serap yang baik dan cepat pada suatu cairan. Cukup ekonomis dari segi harga dan penggunaan pasir karena yang terbuang hanyalah pasir yang kotor saja.

Harga dari pasir ini Rp 44.000,- per 5L.

  • Kitty Sand

Termasuk jenis pasir Kristal dan terbuat dari bahan yang aman untuk kucing. Memiliki keunggulan bahwa produk Kitty Sand dapat menghilangkan bau kotoran tanpa diberikan tambahan aroma sebelumnya. Pasir Kitty Sand akan membentuk gumpalan jika terkena cairan sehingga mudah dibersihkan.

Harga dari pasir ini Rp 225.000,- per 7.6L.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Litter Box Kucing Terupdate

Rekomendasi Tambahan Pasir Kucing

  • Pasir Kucing Pretty Litter

Ini adalah info tambahan yang ingin Jurnal Kucing bagikan ke pemilik atau pecinta kucing.

Buat pemilik kucing pasti pernah mengalami bahwa kucing terlihat baik-baik saja namun tiba-tiba pada suatu waktu keadannya sudah sangat lemah atau bahkan serius. Maka dari itu, buat yang penasaran mencoba karena ingin mengetahui kesehatan kucing sebelum akhirnya diketahui kucing telah memiliki penyakit serius mungkin bisa menggunakan pasir ini.

Salah satu perusahaan memiliki inovasi pasir menggunakan teknologi canggih sehingga dapat  digunakan untuk mengetahui apakah kucing sehat atau sakit. Nama dari pasir ini adalah Pretty Litter yang terbuat dari silica atau mineral alami. Pretty Litter memiliki karakteristik berwarna putih, menimbulkan sedikit debu, tidak menggumpal, tidak mengandung bau (fragrance) dan ringan.

Silika akan menyerap cairan urin dan serta bau yang ditimbulkan. Untuk menghilangkan kadar kelembapannya maka sebagian air urin akan menguap ke udara. Apabila ingin mengetahui kesehatan kucing pemilik hanya perlu memperhatikan perubahan warna yang terjadi dari urin kucing. Beberapa perubahan warna yang terjadi dari urin kucing adalah:

  • Kuning tua hingga ke hijau zaitun – Mengindikasikan kucing dalam keadaan sehat
  • Oranye – Memiliki arti bahwa urin kucing terlalu asam sehingga menandakan adanya Kristal atau batu kalsium oksalat. Mengindikasikan kucing menderita sakit penyumbatan pada saluran kemih.
  • Biru ke hijau tua – Memiliki arti bahwa urin kucing terlalu basa. Mengindikasikan adanya infeksi saluran kemih kucing.
  • Merah – Menandakan urin kucing terdapat darah karena adanya perubahan warna dari putih ke merah. Mengindikasikan berbagai hal penyakit yang dapat diderita oleh kucing, seperti ginjal, batu kandung kemih atau penyakit lainnya.

Perubahan warna pada pasir Pretty Litter bisa jadi dikarenakan kucing stress atau adanya perubahan pola makan. Tapi, jika kamu mencurigai kesehatan kucing, maka ada baiknya segera periksakanlah ke dokter sebelum keadaan kucing semakin parah.

Cara Membeli

Jenis pasir ini belum masuk ke Indonesia. Namun, untuk yang penasaran dengan produk ini bisa pesan lewat amazon atau menitip ke sodara yang sedang berada di luar negeri. Beberapa review yang tertera di Amazon juga ada pro dan kontra mengenai jenis pasir ini.

Jika ada yang pernah menggunakan jenis pasir ini, bisa share pengalamannya di kolom komentar ya.

DIY Pasir Kucing

Selain menggunakan pasir kucing komersial atau pasir alami yang dengan mudah ditemui di pet shop atau e-commerce, ternyata kamu juga bisa DIY pasir ini loh. Ada beberapa alternatif bahan yang digunakan sebagai pengganti pasir kucing komersial, diantaranya koran ataupun serutan kayu.

  1. Cara Membuat

Jika ingin membuat DIY dari bahan kertas, maka pilihlah kertas yang bisa menyerap air. Pertimbangan ini yang akhirnya menjatuhkan pilihan ke koran sebagai alternatifnya.

Bagaimana cara membuatnya? DIY yang akan diberikan adalah cara pembuatan koran yang digunakan sebagai pasir tradisional.

  1. Koran yang sudah tidak terpakai disobek terlebih dahulu, bisa manual atau menggunakan alat pemotong kertas
  2. Rendam menggunakan air hangat yang sudah ditambahkan dengan sabun cuci piring. Kemudian koran akan berubah warna menjadi abu dan bertekstur seperti bubur (ada yang bilang seperti oatmeal).
  3. Biarkan air meresap dan menjadi kering. Lalu, ulangi langkah 2, yaitu menambahkan air hangat namun kali ini tanpa sabun cuci piring.
  4. Berikan soda kue sebanya 1 sendok teh dan diaduk. Fungsi dari soda kue ini adalah untuk mempertahankan tekstur dan warna.

Kamu bisa menggunakan sarun tangan agar tinta koran tidak mengotori tangan.

  1. Apabila sudah setengah kering maka untuk memaksimalkan kamu bisa memeras lagi agar air yang masih tertinggal akan keluar.
  2. Hancurkan koran menjadi bagian yang lebih kecil lagi dan jemurlah agar kering dengan sempurna.

Pada tahap ini harus sabar karena bisa menjadi lama apabila matahari jarang muncul.

  1. Kelebihan

Membuat DIY seperti ini mungkin akan mengasyikkan untuk sebagian orang dan manfaat lainnya yang dapat dirasakan seperti:

  • Dapat memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai.
  • Sangat mudah dilakukan dengan menggunakan bahan yang mudah didapatkan.
  • Lebih hemat dibandingkan pasir kucing komersial (jika kamu memiliki stok koran banyak atau memang berlangganan).
  • Ramah Lingkungan
  • Tidak berbau karena beberapa kucing tidak menyukai bau seperti yang tersedia di pasir komersial.
  1. Kekurangan

Akan tetapi, selalu ada sisi tidak enaknya di setiap sesuatu itu, seperti misalnya:

  • Membutuhkan lebih banyak waktu dalam membuatnya.
  • Penggunaan koran sebagai pengganti pasir memiliki tingkat penyerapan yang tidak begitu baik. Jika kamu memiliki beberapa kucing dan sering menggunakan litter box, mungkin harus menggantinya dalam waktu beberapa jam.
  • Jika kucing poop maka harus membuang semuanya dan membersihkan litter box karena kucing tidak menyukai hal kotor dan bau. Selain itu, untuk menghindari penyakit ke kucing.

Penutup

Pasir kucing bisa kamu beli dengan mudah melalui online atau offline. Bahkan, jika ingin lebih berhemat bisa kamu buat sendiri.

Ketahuilah jenis dari pasir yang hendak dipilih serta karakteristiknya. Mengenal karakteristik pasir kucing sangat penting karena akan berpengaruh ke proses pembersihan.

Akan memakan banyak sekali waktu jika pasir yang digunakan tidak mudah dibersihkan.

Terakhir, sesuaikan dengan kondisi keuangan kamu.

Buat yang sudah pernah mencoba salah satu dari merek yang disebutkan lalu cocok, isa berbagi pengalamannya di kolom komentar.

Kamu bisa juga mengirimkan cerita unik, senang ataupun sedih bersama kucing ke email: [email protected] atau DM IG @Jurnal_Kucing. Untuk cerita yang menarik akan dipost blog Jurnal Kucing.

Leave a Reply