CARA MENJINAKKAN KUCING – YUK BERTEMAN!

CARA MENJINAKKAN KUCING – YUK BERTEMAN!

Cara menjinakkan kucing

Pernah liat kucing di jalan atau baru punya peliharaan kucing tapi sulit untuk didekati atau berteman? Merasa kucing itu galak dan sangat tidak ingin didekati? Jangan sedih dan berpikir mereka tidak mau berteman, hanya saja harus mengetahui bagaimana cara menjinakkan kucing.

Seperti layaknya manusia yang merasa terganggu jika ada orang asing yang tiba-tiba langsung mengakrabkan diri, tidak terkecuali dengan kucing. Dibutuhkan proses dan pemahaman karakter sebagai salah satu cara menjinakkan kucing.

Terkadang membuat kita bingung karena kucing memiliki sinyal visual dan ekspresi yang sulit dibaca atau ditebak. Bahkan, karena cara menjinakkan kucing atau proses interaksi  yang kurang baik dapat mengakibatkan kucing akan menarik diri jika akan disentuh oleh manusia. Maka harus dilakukan pendekatan yang baik sehingga kucing menjadi nyaman.

Kucing menyukai interaksi singkat, intensitas rendah, tetapi sering dilakukan. Terbentuknya tingkah laku ini dikarenakan kucing cenderung mudah stress jika dalam keadaan ramai dan memiliki banyak aktivitas. Jadi, cobalah untuk bersikap tenang dan santai ketika berada di dekat mereka. cara menjinakkan kucing dengan menarik perhatiannya, yaitu dengan meletakkan makanan yang disukai di sekitar kamu dan letakkan tangan di lantai. Biarkan mereka mencapai rasa nyaman terhadap kita lalu datang menghampiri dengan menggesekkan tubuh bagian kepala atau pipi ke kaki, mendengkur, duduk di pangkuan atau dengan menyapa. Jika mereka sudah merasa nyaman jangan lupa untuk mengajak mereka bermain juga ya karena kucing butuh hiburan.

Beberapa kucing yang pernah mengalami kekerasan atau dicampakkan oleh orang tua asuh terdahulu pasti akan lebih agresif dan sangat sulit sekali untuk melakukan kontak. Kita tetap tidak boleh berteriak atau memukul karena mereka juga tidak akan mengerti, melainkan mereka akan menjauhi kita. Berilah waktu dan ruang agar dia kembali tenang.

Kucing memiliki banyak sekali bahasa tubuh yang mungkin tanda sebagai dari mereka sebagai cara menjinakkan kucing yang mungkin sering terabaikan. Sebagai info tambahan, akan diberikan beberapa contoh ya.

Body Languange: Ekor meninggi, posisi telinga normal dan sering berjalan ke arah kamu itu menandakan bahwa kucing dalam keadaan nyaman dan menunjukkan sapaan dan sifat ramah ke kamu.

Respon Tindakan: Biarkan mereka mengenalimu dengan mencium bau kamu dan berikan sentuhan untuk mereka dari kepala dan punggung.

Body LanguangeEkor meninggi dan bergoyang, menggosokkan kepala ke kaki dan kadang kucing menggulingkan diri sehingga menampakkan bagian perut. Perilaku itu menunjukkan sapaan, rasa nyaman dan sering terjadi ketika terpisah dengan kalian dalam kurun waktu tertentu.

Respon Tindakan:  Menunjukkan bahwa kamu mengerti apa yang kucing ingin sampaikan dan memanggil nama mereka dengan suara lembut daripada mengelus atau menggelitiknya.

Body Languange: Berbaring lalu menjulurkan atau meregangkan tangan dengan wajah yang mengantuk, bisa dilihat ketika mata kucing setengah tertutup atau berkedip. Menandakan bahwa ingin bersantai atau menemukan tempat yang ada cahaya matahari.

Respon Tindakan: Biarkan mereka mencium bau kamu, berikan sentuhan di kepala dan jika terlihat mereka mengantuk biarkan beristirahat.

Body Languange: Ketika kucing sedang gelisah dan tidak ingin didekati maka mereka akan menunjukkan reaksi dengan posisi membungkuk, ekspresi, badan dan kumis tegang, ekor dilingkarkan ke tubuh serta pupil membesar. Perhatikan juga gerakan kuping kucing ke samping yang berarti meraka sedang mendengarkan suara di sekitarnya.

Respon Tindakan: Jangan berinteraksi terlebih dahulu dan pastikan kucing memiliki tempat bersembunyi dan tempat tinggi untuk mengasingkan diri.

  • Cara Menjinakkan Kucing dengan Memberikan Tempat yang Nyaman

Kucing memiliki sifat independent sehingga cara menjinakkan kucing pada awalnya dapat diberikan ruangan untuk mereka sendiri yang nyaman dan aman. Pastikan kucing dapat menjangkau tempat bersandar yang tinggi seperti jendela, dan mainan ketika bosan. Akan lebih baik jika pada ruangan tersebut disediakan tempat mereka bersembunyi ketika kucing merasa stress, takut atau cemas. Jika mereka lagi bersembunyi jangan segera dikeluarkan dari tempat persembunyian mereka kecuali untuk keadaan mendesak, seperti adanya bencana yang dapat membahayakan nyawa mereka.

Toilet untuk kucing juga penting supaya mereka tidak buang air sembarangan. Jumlah dan penempatan toilet juga harus diperhatikan. Jika di dalam ruangan, sebaiknya taruh toilet pada bagian pojok suatu ruangan yang jauh dari tempat mereka makan dan minum, lebih tenang dan jauh dari kucing lain. Setiap kucing memiliki satu toilet sendiri bahkan lebih baik jika jumlah toilet plus satu dari total kucing.

  • Berikan Makan dan Minum

Cara menjinakkan kucing lainnya dengan memberikan makan dan minum secara teratur. Lakukan dengan mulai mengajak bicara kucing-kucing atau memanggil nama mereka. Selain bertujuan agar mereka mengetahui nama mereka ketika kita panggil, mereka juga akan mengenali suara kita. Bicara yang lembut akan membuat kucing tidak merasa terancam, jadi perhatikan volume saat berbicara dengan mereka ya! Kalau kalian ingin menemani kucing makan sebaiknya duduk dilantai dan tidak berdiri karena itu akan membuat mereka merasa terintimidasi.

Tapi, bagaimana kalau kucing yang saya temukan atau pelihara ternyata pemalu atau rasa takutnya besar ke manusia?

Berikan makanan dan taruh tidak jauh dari tempat persembunyian mereka sehingga tidak merasa tertekan atau trauma untuk mendapatkannya.

Cara Menjinakkan Kucing

Sedikit pemahaman mengenai tingkah laku kucing sepertinya cukup untuk memulai awal yang baik. Berikut beberapa cara menjinakkan kucing yang dapat dicoba.

Kucing Stres

I WILL TELL YOU A STORY!

Membahas ini, jadi teringat ke kucing ketiga yang bernama Kuga. Dulu, saat pertama kali bertemu usianya mungkin sekitar lima bulan. Kuga ini memiliki sifat penakut dan selalu merasa terintimidasi oleh manusia. Jadi, dia datang ke halaman rumah dan setiap diajak masuk ke rumah untuk diberikan makan pasti selalu nolak dan mencakar ketika akan didekati atau bagian badannya tersentuh oleh manusia. Kuga selalu merasa terancam.

Belum tau bagaimana cara menjinakkan kucing jadi agak bingung juga. Sampai akhirnya makanan ditaruh di dekat pintu. Bimbang antara takut tapi laper mau makan, akhirnya kuga memberanikan diri untuk makan. Aku mulai sedikit demi sedikit mendekati lalu sampai di tahap bisa mengelus bagian kepalanya. Ketika mulai nyaman, Kuga sudah tidak lagi mencakar atau menunjukkan sifat-sifat agresif lainnya. Sekarang dia tumbuh menjadi kucing sehat, sangat baik dan menggemaskan!

Kalau kalian ada pengalaman menghadapi sifat kucing seperti itu juga? Boleh yuk berbagi cara menjinakkan kucing di kolom komentar.

  • Hati-Hati dengan Sentuhan

Cara menjinakkan yang tidak kala penting adalah bentuk komunikasi. Berikan kesan baik disaat mereka dalam keadaan nyaman. Saat pertama kali jangan langsung mengelus seluruh badan ya karena untuk beberapa kucing mereka tidak menyukainya. Cobalah untuk mengelus bagian kepala kucing, kuping, bagian bawah dagu dan pipi dengan mengelus bagian bawah rahang dan sepanjang leher.

Jika mereka sudah menerima kalian sebagai teman, bisa melakukan cara menjinakkan kucing yang lebih sedikit agresif seperti mengelus bagian punggung kucing dan seluruh badan kucing termasuk ekornya. Tapi perlu diketahui bahwa tidak semua kucing menyukai jika ekornya menerima sentuhan. Saat ingin mengelus seluruh badan lebih baik jika dilakukan dari kepala dan dengan telapak tangan terbuka.

Kucing berguling dan menunjukkan perut Itu menandakan kucing percaya kepada pemilik bahwa tidak akan mengganggu ruang personal mereka. Ketika kamu malah karena gemas dan mengelus perutnya maka ada kemungkinan akan digigit atau dicakar. Tidak semua kucing tidak menyukai sentuhan perut ini, jadi bisa dilakukan trial and error untuk mengetahui titik mana saja sentuhan yang disukai kucing kamu.

Jadi bagaimana, kucing sudah jinak dan berteman dengan kalian? Bisa share ceritanya ya.

Bagi yang ada saran tambahan mengenai cara menjinakkan kucing bisa diberikan infonya di kolom komentar!

Leave a Reply