YUK PELAJARI CARA MENGATASI KUCING STRES!

YUK PELAJARI CARA MENGATASI KUCING STRES!

Mengatasi kucing stres harus dilakukan dengan cepat dan tepat. Dengan demikian, hal ini akan membuat kucing bahagia dan sehat. Bagaimana cara mengetahui jika kucing sedang stres? Kamu bisa memahami tingkah laku sang kucing. Jika perilaku menunjukkan ciri-ciri kucing stres maka segeralah mengambil tindakan. Jangan terlalu lama menunda untuk mengatasi kucing stres atau bahkan mengabaikan karena hal ini dapat berdampak kurang baik ke sistem imun kucing.

Cara mengatasi kucing stres bisa dilakukan dengan berbagai banyak cara tergantung dari factor penyebabnya. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu coba lakukan untuk mengatasi kucing stres di rumah.

mengatasi kucing stres

1. Tempat Nyaman dan Hening untuk Mengatasi Kucing Stress

Kucing adalah hewan yang memiliki tingkat sensitivitas yang cukup tinggi terhadap tempat tinggalnya yang dapat menyebabkan kucing stres.

Cara mengatasi pertama kali adalah menempatkan kucing di tempat nyaman dan hening. Sebelum menempatkan kucing di tempat yang lebih nyaman dan hening, biasanya kucing akan bersembunyi di bawah kolong atau tempat yang gelap. Kamu harus membawanya terlebih dahulu keluar dengan berbagai cara, misal dipancing menggunakan makanan sehingga mereka mau keluar dari tempat persembunyian.

Ketika mereka telah keluar, kamu harus ingat bahwa biasanya kucing masih stres sehingga berpengaruh terdapat sikap mereka yang menjadi lebih agresif. Ketika akan memindahkannya, coba dekati perlahan dan elus dengan lembut. Pindahkan kucing dari keramaian (jika ada tamu) dan kucing lainnya. Berikan tempat tidurnya di ruangan baru tersebut (jika ada) dan tinggalkan mereka.

Apabila kamu melihat sikap kucing yang sudah tidak begitu defensive dan agresif maka kamu bisa mengelus lembut kucing pada bagian pipi. Mengapa? Karena pada area tersebut jika dielus akan menghasilkan feremon yang membuat kucing menjadi lebih tenang.

2. Bersihkan Kucing dan Lingkungan

Adanya kutu atau tungau yang membuat gatal adalah salah satu penyebab kucing stres. Maka dari itu, jangan lupa untuk membersihkan kucing, seperti memotong kukunya ketika mereka sudah sedikit agak tenang dan memberikan salep apabila kucing scabies. Lebih baik jangan memandikan kucing dulu apalagi jika kucing kamu belum terbiasa dengan itu. Kegiatan itu bukan dapat mengatasi kucing stres malah dapat memperburuk keadaan dan kamu bisa terkena cakaran mereka.

Tempat tinggal kucing juga harus bersih sehingga tidak hanya mengurangi stres tapi juga menjaga kesehatan kucing. Siapkan jumlah litter box yang cukup dan bersih pastinya. Baiknya jumlah litter box setara dengan jumlah kucing ditambah 1.

3. Berikan Makan dan Minum yang Cukup

Salah satu penyebab kucing mengalami stres adalah adanya persaingan antar kucing lain. Jangan menempatkan kucing stres diantara kucing lainnya jika kamu memiliki kucing lebih dari 1. Kucing akan merasa tidak nyaman dan buruknya malah akan bertengkar dengan kucing lainnya. Akibatnya kucing yang mengalami stres akan semakin stres dan tidak makan.

Maka akan lebih baik jika kamu memelihara banyak kucing, sementara waktu kucing yang mengalami stres diberi ruangan khusus untuk makan. Sehingga tidak berkelahi dengan yang kucing lainnya dan kebutuhan kucing akan terpenuhi.

mengatasi kucing stres

4. Sediakan Pohon Kucing untuk Mengatasi Kucing Stress

Jika memungkinkan maka kamu bisa menyediakan pohon kucing karena kucing menyukai tempat yang tidak mudah diakses sehingga tidak menganggu wilayah mereka. Dengan adanya pohon kucing, kucing yang mengalami stres dapat menentukan lebih banyak tempat untuk beristirahat. Cara ini berguna untuk mengurangi perebutan wilayah kucing.

Selain itu, dengan adanya pohon kucing maka mereka dapat scratching untuk menandakan wilayah mereka. Hal ini juga bertujuan untuk membuat kucing lebih nyaman.

5. Ajak Bermain untuk Mengatasi Kucing Stress

Kucing juga butuh bermain untuk mengeluarkan semua energy negatifnya dan memberikan energy positif. Ada beberapa permainan yang mudah didapatkan, seperti tongkat bulu, mainan tikus, mainan bola dan matatabi.

Matatabi berupa kayu kecil atau serbuk dan berasal dari Actinindia Polygama selain berguna sebagai pereda stres, mainan ini juga dapat digunakan untuk membersihkan plak yang terdapat pada gigi kucing. Pancing mereka dengan semua mainan tersebut dengan kesabaran dan jangan dipaksa ya!

6. Berikan Bahan-Bahan Alami untuk Mengatasi Kucing Stress

Ada beberapa bahan seperti feromon (zat kimia alami yang dihasilkan dari tubuh kucing, seperti wajah, kaki, punggung dan ekor) yang sudah berhasil ditirukan oleh ilmuan dan sudah dijual dalam berbagai bentuk, seperti kalung, semprotan, lap, dan plug-in diffuser. Bisa juga dicoba untuk diberikan suplemen Zylkene chew untuk mengatasi kucing stres. Suplemen ini aman dan berasal dari protein susu.

Selain 2 bahan tersebut, bisa juga menggunakan Feliway yang berupa diffuser atau spray untuk mengatasi kucing stres. Feliway ini mengunakan rescue remedy yang merupakan salah satu jenis dari Bach Flower Remedies. Bahan ini sudah dirancang khusus untuk hewan jadi aman ketika digunakan ke kucing.

Penggunaan bahan alami, seperti aroma terapi harus diperhatikan oleh kita sebagai pemilik kucing loh! Jika kita berpikir bahwa aromaterapi yang biasa kita gunakan dapat mengatasi kucing stres maka harus berhati-hati. Tidak semua aromaterapi yang kita pakai untuk rileks aman juga dipakai untuk hewan karena beberapa minyak essensial malah berpotensi beracun untuk kucing. Hal ini bukan dapat mengatasi kucing stres malah memperburuk keadaan kesehatan kucing.

7. Kunjungi Dokter Hewan

Jika dirasa setelah mencoba melakukan itu semua tetapi belum dapat juga mengatasi kucing stres maka itu artinya kucing sudah harus diperiksa lebih lanjut oleh dokter hewan. Jika perlu maka dokter akan memberikan obat khusus untuk mengatasi kucing stres.

Susunan kimiawi kucing berbeda-beda maka dari itu mungkin beberapa kucing butuh adanya bantuan obat jangka pendek untuk menenangkan kecemasan atau situasi yang menyebabkan stres. Misal, pada hari itu kalian akan bepergian atau pindah rumah sehingga dapat menyebabkan kucing stres. Berikanlah obat penenang itu 1 jam sebelum keberangkatan atau kucing berhadapan dengan yang membuatnya stres.

Selain obat jangka pendek, ada penggunaan obat jangka panjang untuk mengatasi kucing stres atas resep dokter hewan. Biasanya kucing yang diberikan obat ini dikarenakan stres yang dihadapinya parah sehingga dapat melumpuhkan aktivitasnya. Obat ini bisa dikonsumsi oleh kucing dalam waktu berhari-hari atau berbulan-bulan.

Akan lebih baik jika ingin menggunakan obat maka membeli obat dengan resep dokter! Mengingat pasti ada efek samping yang diterima kucing.

Selain cara mengatasi kucing stres yang telah disebutkan diatas, ada 1 hal yang mungkin bisa lakukan agar kucing tidak mengalami stres terlalu parah, yaitu menunda untuk bepergian. Jika kamu sudah berencana untuk bepergian atau pindah rumah dan bisa ditunda maka untuk meminimalisir terjadinya stres maka bisa diganti hari lain. Jika bepergian tidak bisa ditunda maka sebaiknya kucing tetap di rumah dengan ada yang menjaganya.

Kalau kamu, bagaimana cara menghadapi ketika kucing stres? Boleh di share ceritanya di kolom komentar ya.

Leave a Reply