CARA MEMBANTU KUCING MELAHIRKAN

CARA MEMBANTU KUCING MELAHIRKAN

Memiliki kucing betina memiliki keuntungan karena tidak akan spraying seperti kucing jantan. Tetapi, jika kalian tidak mau melakukan steril maka kucing diperlukan perhatian tambahan karena akan melahirkan dan punya anak. Secara alamiah, kucing dapat melahirkan sendiri karena termasuk hewan yang independent. Tetapi, terkadang sebagai pemilik kita juga harus mengawasi jika kucing mengalami kesulitan saat proses melahirkan. Sehingga menjadi keharusan Jika pemilik mengetahui cara membantu kucing melahirkan dengan baik dan benar.

Sebelum menangani kucing melahirkan ada baiknya kita sedikit tau ciri-ciri kucing mau melahirkan bagaimana. Setelahnya, jika kucing kalian melahirkan di rumah sebaiknya mengetahui langkah-langkah cara membantu kucing melahirkan.

Cara Menangani Kucing Melahirkan

MASA KANDUNGAN

Kucing merupakan hewan yang memiliki siklus reproduksi yang pendek. Pada kucing betina masa birahi sudah terjadi pada usia 6 bulan atau lebih. Jika kucing dalam kondisi sehat dan normal maka setiap bulan kucing betina akan mengalami birahi atau siap untuk dikawinkan. Lebih baik tetap menjaga kucing betina agar tidak hamil sebelum menginjak usia lebih dari 1 tahun agar insting menjaga dalam menjaga anak lebih kuat.  

Kucing betina umumnya memiliki masa kehamilan selama sekitar 59-63 hari atau sekitar kurang lebih dua bulan. Masa menyusui induk kucing ke anaknya sekitar 1.5-2 bulan. Tetapi, untuk beberapa kasus induk kucing tidak memiliki cukup banyak susu sehingga untuk memenuhi kebutuhan sang anak harus diberikan susu anak kucing yang dengan mudah didapatkan. Setelah selesai masa menyusi maka kucing siap untuk memiliki anak kembali sehingga dalam setahun dapat terjadi 3-4 kali.

MERAWAT KUCING SAAT HAMIL

  • Menjaga Nutrisi dan Kesehatan Induk Kucing

Makanan kucing yang biasa dimakan disarankan untuk kucing saat usia awal kehamilan, yaitu hari ke 1- 41. Ketika memasuki usia kandungan 42-63 berikan makanan anak kucing dengan kualitas yang baik. Makanan anak kucing ini mengandung nutrisi yang dibutuhkan, kalori dan protein.

Kalori dan protein sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Tambahan fungsi kalori agar induk kucing dapat memproduksi susu. Pemberian makanan yang baik bertujuan agar induk kucing kuat saat melakukan proses persalinan, anak yang dilahirkan sehat dan dapat menyusui anaknya dengan baik.

Bisa terjadi 3 warna tidak normal urine (air kencing) induk kucing saat mengandung, hijau kekuninan, hijau terang dan berdarah. Hijau kekuningan Hijau kekuningan menandakan bahwa telah terjadinya infeksi pada rahim, hijau terang terpisahnya plasenta, dan berdarah ketika plasenta pecah. Bila Anda melihat adanya tanda-tanda seperti itu, segeralah hubungi dokter hewan karena dapat melemahkan sistem imun kucing.

  • Menjaga Lingkungan Bersih

Kucing yang sedang hamil memiliki daya tahan yang lebih rendah maka untuk menjaga kesehatan induk dan calon anak ada baiknya jika dilakukan pembersihan menggunakan antiseptik. Jika tempat tidak bersih maka ada kemungkinan induk terserang infeksi, seperti tungau yang mengakibatkan scabies.

Cara Menangani Kucing Melahirkan

Langkah Awal Cara Membantu Kucing Melahirkan

  • Persiapkan Kandang

Pada biasanya induk kucing akan mencari tempat sendiri yang menurutnya nyaman saat akan melahirkan. Namun, ketika keadaan tidak memungkinkan sang kucing untuk mencari maka cara membantu kucing melahirkan dengan menyiapkan kandang sebagai tempat bersalin.

Bersihkan kandang menggunakan antiseptic karena akan digunakan untuk proses melahirkan dan bayi kucing rentan terkena penyakit. Buatlah kandang senyaman mungkin dengan memberikan kain pada bagian dalam dan sedikit ditutup pada bagian luar. Jangan lupa untuk menaruh makanan, air bersih dan toilet di dalam kandang untuk memudahkan sang induk karena biasanya tidak akan meninggalkan sang bayi.

  • Persiapan Induk Kucing

Cara membantu kucing melahirkan selanjutnya adah memotong sedikit bulu jika kucing memiliki bulu panjang. Pemotongan bulu dapat dilakukan beberapa hari sebelum kucing melahirkan. Jika tidak mau mencukurnya maka bisa mengunakan hairclip. Apabila bulu kucing terlalu panjang dapat menyebabkan puting sang induk tertutup sehingga bayi kesulitan dalam menyusu.

  • Persiapan Diri Kita

Cara membantu kucing melahirkan dengan membuat diri kita siap. Sebelumnya, lebih baik jika kita menyiapkan beberapa peralatan jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk menolong persalinan induk kucing.

Antiseptik – untuk mensterilkan benda yang akan Anda gunakan

Gunting (tumpul) – untuk memotong tali pusar

kain kasa

sarung tangan karet yang tipis

handuk kering, selimut, untuk alas pada kotak sarang

Susu Formula anak kucing dan botol – Jika susu sang induk tidak keluar atau hanya sedikit

Cara Membantu Kucing Melahirkan

  • Jaga Jarak dan Amati

Ketika sang induk sudah menemukan tempat yang nyaman untuk dirinya melakukan proses melahirkan, maka kita harus menjaga jarak sambil tetap mengawasi supaya sang induk tetap tenang. Jika keadaan di sekitar berisik dan rusuh maka sang induk akan mencari tempat lain dan mengakibatkan tertundanya proses melahirkan.

Kucing akan mengeluarkan gelembung air sebelum mengeluarkan anaknya, kemudian rahim kucing akan menjadi rileks dan mengalami kontraksi uterus. Saat mengalami kontraksi, posisi kucing akan meringkuk serta mengeluarkan suara seperti merintih dan terengah-engah. Biasanya terjadi selama 2-3 menit lalu cairan ketuban pecah dan diikuti dengan keluarnya sang bayi. Proses ini berlangsung selama 30 menit hingga 1 jam. Tetap dengan sabar mengawasi sang kucing karena biasanya kucing melahirkan lebih dari 1 anak. Tapi, kamu juga harus mencurigai jika induk kucing telah mengejan dengan kuat dalam waktu lebih dari satu jam namun tidak ada bayi yang keluar atau anak kucing masih tidak dapat keluar, segeralah telepon dokter hewan.

Induk kucing akan beristirahat 5 menit lalu kemudian berusaha kembali untuk melahirkan anaknya yang lain. Jika sang induk terlihat sudah terlalu letih maka cara membantu kucing melahirkan dengan mengeluarkan bayi yang sudah terlihat. Tarik bayi secara lembut dan perlahan dan sesuaikan dengan kontraksi sang induk.

  • Perhatikan Plasenta 

Saat bayi keluar pastikan plasenta tidak tertinggal di tubuh sang induk karena dapat menyebabkan infeksi. Tetapi, ketika tertinggal maka jangan menariknya secara paksa karena dapat merusak uterus dan menyebabkan kematian. Biarkan induk yang mengurus plasenta tersebut dengan cara memakannya.

Plasenta mengandung banyak nutrisi dan hormon yang baik untuk memulihkan tenaga. Tapi harus diingat bahwa tetap harus dibatasi karena apabila makan lebih dari 3 plasenta, kucing dapat terserang penyakit diare dan muntah.

Tali pusar terhubung dengan plasenta dan biarkan induk kucing yang memotongnya. Jika kamu mencoba memotongnya dapat memperburuk keadaan karena dapat menyebabkan infeksi bahkan kematian induk. Segera hubungi dokter hewan jika kamu tidak dapat mengatasinya ya.

Cara Menangani Kucing Melahirkan

Langkah Setelah Proses Melahirkan

  • Perhatikan Kesehatan Induk dan Bayi

Selain cara membantu kucing melahirkan, kita juga harus tau cara membantu kucing pasca melahirkan. Setelah proses melahirkan, siapkan makanan dan air bersih di dekat sang induk karena harus menyusui bayinya. Konsumsi makanan yang dengan kualitas yang baik sangat dibutuhkan dan induk untuk recovery, tenaga dan nutrisi agar susu yang dihasilkan baik.

Ketika bayi sudah lahir dan belum menangis cobalah mengusap-usap menggunakan kain halus untuk menstimulasi. Kemudian, perhatikan suaranya, apakah terdengar seperti tersedak? Jika iya, itu karena ada cairan di saluran udaranya. Jangan panik, kamu bisa melakukan pertolongan sederhana dengan memegang si bayi di antara dua tangan dengan posisi tengkurap lalu ayunkan ke arah bawah. Dengan demikian maka cairan yang berada di paru-paru akan terbuang.

Pada beberapa kasus, induk kucing terlihat tidak peduli dengan anaknya, bisa dikarenakan usia hamil yang terlalu muda atau hanya bingung. Cobalah untuk mendekatkan dan mengusapkan anaknya ke sang induk agar sang induk mengenali aroma anaknya.

  • Induk Mengurus Anaknya dengan Baik

Ketika lahir, bayi kucing buta dan tuli jadi mereka mencari putting induknya dengan indera penciuman dan meraba. Tahap pemberian susu ini sangat penting karena banyak mengandung colostrum yang baik untuk antibodi sehingga bayi kucing sehat dan tidak mudah sakit.

Terkadang, sang induk tidak menunggu anaknya untuk menyusu tetapi malah mengabaikannya atau sebaliknya. Sang induk tidak cukup banyak memiliki susu, jika hal ini terjadi maka harus segara diberikan susu formula anak kucing.

  • Bersihkan Tempat Melahirkan

Keadaan induk kucing yang masih belum fit ditambah dengan bayi kucing yang rentan terkena sakit maka lingkungan harus selalu bersih. Hal ini menjadi tahapan terakhir cara membantu kucing melahirkan.

Semoga tahapan dan cara membantu kucing melahirkan dapat diterapkan. Selamat telah mendapatkan anak kucing baru yang lucu!

Leave a Reply