MANFAAT MEMELIHARA KUCING BAGI DIRIMU DAN LINGKUNGAN

MANFAAT MEMELIHARA KUCING BAGI DIRIMU DAN LINGKUNGAN

manfaat memelihara kucing

Berbicara mengenai kucing tidak akan ada habisnya. Bahkan jika kamu memiliki pasangan atau sahabat sesama pecinta kucing, manfaat memelihara kucing langsung berdampak positif karena dapat dijadikan bahan obrolan dan bertukar informasi yang menyenangkan. Mulai dari jenis kucing yang dipelihara, pernak-pernik lucu kucing yang baru dibeli dan bahkan cara menangani kucing yang sakit, seperti scabies.

Kucing adalah hewan lucu dengan keluguan wajah, sifatnya yang manja dan tingkah lakunya yang menggemaskan bahkan sesekali dapat membuat kita amazed. Tidak heran jika banyak orang yang menjatuhkan pilihan ke kucing sebagai hewan peliharaan. Sebagai hewan peliharaan, kucing biasanya “dianggap bagian keluarga” yang telah mengasuhnya. Jadi, Ketika memelihara kucing maka kesehatan dan kebersihan mereka juga harus selalu diperhatikan ya. Ketika kucing sehat dan senang maka dapat memberikan manfaat baik juga bagi pemiliknya.

Lalu apa saja sih manfaat memelihara kucing?

Manfaat Memelihara Kucing Bagi Kesehatan

  • Meredakan Stress

Ketika mengajak main kucing tidak hanya kucing yang gembira tapi dalam tubuh kita akan mengeluarkan enzim endorphin yang membuat kita bahagia. Apalagi jika kita memilih untuk bermain di taman depan rumah atau hanya berlari-lari kecil dalam rumah dalam waktu 30 menit, bisa sebagai olahraga kecil. Aktivitas ini dapat menjaga stamina serta kesehatan tubuh.

Ketika sedang mengalami stress karena pekerjaan atau lainnya kucing juga dapat dijadikan sebagai tempat berkeluh kesah. Beberapa orang tidak nyaman untuk mengutarakan apa yang mereka katakan dan kucing tidak akan men­-judge atau menyakiti. Tetapi harus diingat jika stress yang dirasakan sangat mengganggu aktivitas lebih berkunjung ke ahlinya.

Tau tidak ternyata hanya dengan mengelus mereka dapat mengurangi energi negatif?

Ya, segitu besarnya manfaat memelihara kucing hingga hal mudah dan kecil yang kita lakukan ternyata memiliki dampak positif. Pada saat mengelus kucing maka membuat diri kita menjadi lebih tenang dan dapat mengurani juga tenakan darah.

  • Dengkuran Kucing yang Membawa Banyak Manfaat

Kucing yang telah kita rawat dengan baik tidak hanya memberikan dukungan secara emosional, tetapi juga baik bagi kesehatan fisik. Ketika mereka senang dengan kita maka akan terdengar suara dengkuran kucing dengan frekuensi 20-140 Hz. Frekuensi yang dihasilkan inilah yang ternyata memiliki manfaat bagi pemiliknya.

Manfaat dengkuran kucing bagi kesehatan antara lain untuk mengurangi tingkat stress dan meminimalisir kemungkinan terjadi serangan jantung. Pernyataan adanya manfaat memelihara kucing untuk kesehatan jantung yang didukung oleh penelitian yang telah dilakukan pada tahun 2009. Tidak hanya 2 manfaat yang telah disebutkan, ternyata menurut penelitian para ahli mampu menstimulus sendi dan otot yang tegang menjadi rileks kembali

Manfaat memelihara kucing

Manfaat Memelihara Kucing Bagi Anak

  • Toleran Terhadap Alergi

Memelihara kucing dalam keluarga mengakibatkan bertambahnya tugas baru karena harus mengurus kucing agar selalu sehat, bersih dan tidak mengotori rumah. Apalagi jika ada yang baru memiliki anak. Tapi ternyata ada manfaat besar ketika memelihara kucing ketika usia anak dibawah 1 tahun. Teori ini sebelumnya sudah dilakukan penelitian oleh National Institues of Healt, yang menyatakan bahwa manfaat memelihara kucing dapat membuat anak memiliki sistem imun yang lebih kuat untuk tidak terkena alergi, seperti alergi debu dan tungau.

Bagaimana dengan adanya informasi yang mengatakan bahwa kucing

dapat menularkan parasit Toxoplasma gondii?

Sebelumnya kita harus tau apa itu parasit toxoplasma. Jadi, parasit ini dapat mengakibatkan penyakit toksoplasmosis dan jika system imun tubuh kita lemah akan terserang dan ketika hamil dapat berdampak tidak baik pada calon anak. Jika system imun tubuh baik maka tidak berbahaya.

Tapi jangan khawatir, selama kucing dirawat dengan memberikan konsumsi yang baik, dilakukan suntik steril dan bersih tidak hanya kucing tapi lingkungannya dan bahkan toilet maka akan aman. Perlu diketahui juga kalau penyakit toksoplasmosis lebih banyak dikarenakan memakan makanan yan mentah.

  • Melatih Tanggung Jawab dan Perkembangan Emosi

Bagaimana jika saya ingin memelihara kucing tetapi anak saya takut? Beritahu jika banyak manfaat ketika memelihara kucing dan katakana jika kucing adalah hewan yang lembut. Untuk tahap selanjutnya bisa ajarkan anak cara menjinakkan kucing. Setelah sang anak sudah dapat berteman dengan kucing maka bisa diberikan tugas yang lebih berat.

Banyak hal yang dapat dilakukan orang tua agar sang anak ikut turut serta menjaga kucing. Hal ini dapat meningkatkan perkembangan sosial dan emosional ke arah yang lebih baik. Orang tua dapat menjadikan kucing sebagai bahan pembelajaran anak untuk belajar bertanggung jawab. Beritahu anak jika semua anggota keluarga harus memiliki peran, termasuk si anak, misal bertugas untuk menyediakan makan. Jika sang anak dapat melakukan tugasnya dengan baik maka secara tidak langsung ini membuat perkembangan anak ke arah yang positif.

Manfaat memelihara kucing juga dapat menjadikan anak memiliki interaksi positif terhadap hewan sehingga tidak akan melakukan hal kejam. Berdasarkan penelitian jika dilihat dalam perkembangan emosi, anak menjadi lebih berempati dan memiliki sifat pertemanan yang baik.

  • Meningkatkan Social Skill

Sebagai makhluk sosial maka akan selalu terjadi interaksi denan manusia lainnya. Tapi untuk sebagian orang mereka lebih suka menyendiri. Dengan memelihara kucing, jika mau maka kita bisa ikut serta dalam komunitas sesama pecinta kucing. Dari sanalah kemampuan social skill kita akan berkembang. Tidak hanya itu, kita juga bisa bertukar atau mendapatkan informasi mengenai kucing atau menambah relasi pertemanan sehingga hal baik mungkin akan terjadi.

Manfaat Bagi Lingkungan

  • Membantu Jaga Lingkungan

Daging (meat) berkontribusi besar pada gas emisi rumah kaca yang dapat berdampak buruk bagi lingkungan, contoh konsumsi daging sapi.  Akan tetapi, kucing lebih banyak mengkonsumsi ikan dibandingkan dengan daging sehingga mereka meninggalkan jejak karbon yang rendah. Ketika jumlah karbon yang dihasilkan sedikit maka tidak membuat terjadinya kenaikan suhu bumi dan perubahan iklim. Menjadikan tidak adanya dampak buruk bagi lingkungan.

  • Menjaga Rumah dari Serangga

Selanjutnya akan dibahas manfaat memelihara kucing bagi lingkungan rumah. Kucing sangat senang memburu, biasanya jika di rumah mereka suka memburu tikus atau kecoa. Tapi, perlu diingat bahwa itu bisa juga membuat kucing sakit. Jadi, ketika kamu melihat kucingmu sedang memburu, segeralah jauhkan mereka dari kecoa dan tikus. Ambil manfaatnya bahwa kamu jadi tahu keadaan rumah mu kurang bersih dan siapkan alat untuk menangkap kecoa dan tikus.

Setelah banyak manfaat memelihara kucing yang sudah disebutkan, ada 1 sifat kucing yang harus kamu ketahui karena mereka adalah hewan yang setia seperti anjing. Kucing dapat mengenali pemiliknya dan biasanya suka ikut menemani saat kita sedang beraktivitas seperti belajar atau bekerja di depan laptop.

Buat yang sudah memelihara kucing, manfaat apa saja sih yang dirasakan? Share your story in the comment box below!

Semoga artikelnya bisa membantu buat kalian yang lagi mempertimbangkan akan memelihara kucing atau tidak. Jika masih bimbang, yuk ketahui terlebih dahulu hal-hal apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum memelihara kucing.

Leave a Reply