12 REKOMENDASI MAINAN KUCING TERBAIK

12 REKOMENDASI MAINAN KUCING TERBAIK

Bermain adalah kegiatan menyenangkan, membuat keadaan menjadi tidak bosan dan menghindari sttress, begitu pula untuk kucing. Ketika kamu bermain bersama dengan kucing maka akan lebih meningkatkan ikatan. Mainan kucing yang diberikan memiliki manfaat lainnya karena mereka akan dituntut untuk bergerak sehingga menimalisir obesitas. Selain itu, dapat mengasah kemampuan memburu dan melatih otot-otot tubuhnya. Pilihlah dengan baik mainan untuk kucing yang aman dan terdapat manfaat ketika kucing memainkannya.

Cara Memilih Mainan untuk Kucing

Seperti yang disebutkan di bagian pembuka, diketahui bahwa dengan bermain dapat membuat keadaan kucing menjadi lebih baik. Pada dasarnya, ada 5 jenis mainan kucing yang dibedakan berdasarkan karakteristiknya, yaitu mainan yang berbunyi, bergerak cepat, berbulu dan berambut, melatih cakar dan gigi daan berwarna terang.

Tapi, ketika memutuskan membeli mainan ada baiknya terlebih dahulu mengetahui bagaimana cara memilih mainan yang baik.

1. Keamaan

Hal ini harus paling utama untuk diperhatikan ketika akan membeli mainan untuk kucing. Ketika bermain, kucing biasanya hanya mengikuti instring saja maka keamanan harus dijaga oleh kita.

  • Ukuran

Ketika bermain, kucing akan cenderung untuk menggigit. Dari kebiasaan ini maka haruslah diperhatikan ukuran mainan dengan badan kucing. Pilihlah ukuran yang pas untuk kucingmu, carilah mainan yang lebih besar darinya sehingga tidak akan bisa tertelan oleh kucing. Hindari mainan kucing yang dapat tertelan, seperti peniti, paper clip, gundu, manik-manik dan helaian benang kecil di lantai.

  • Bahan

Selain menggigit, maka hal lain yang menjadi kebiasaan kucing saat bermain adalah menjilat. Dikarenakan hal inilah maka pemilihan material bahan harus diperhatikan.

Apabila hendak memberikan boneka kecil untuk kucing maka pilihlah yang menggunakan bahan halus dan lembut. Jahitan juga harus kuat pada boneka. Dengan demikian, isi dari boneka tersebut tidak keluar karena terkena cabikan mereka dan termakan kucing.

Kenalilah permainan tersebut sebelum kamu memberikannya ke kucing. Pastikan selain ukuran, apakah terdapat bagian yang tajam atau bahan yang kasar di mainan kucing tersebut atau tidak. Jelas hal ini akan membahayakan kucing jika ada.

Hindari mainan yang terbuat dari bahan jenis foil. Penggunaan bahan ini ketika dimainkan kucing dapat menjadi terpotong sehingga terdapat bagian tajam. Ketika kucing diluar pengawasanmu, bagian tajam ini akan melukai kucing.

2. Ketahui Sifat Kucing

Sering terjadi ketika sudah membelikan mainan ternyata si kucing malah mengabaikan dan sama sekali tidak tertarik. Maka dari itu, mengetahui sifat kucing terlebih dahulu diarsa cukup efektif untuk menentukan jenis permainan yang akan dibeli.

Seperti misal kucing Anggora memiliki sifat yang aktif, energic dan dapat melompat tinggi. Beberapa mainan yang cocok untuk kucing jenis ini adalah cat teaser atau pancingan. Adapun jika mengenali sifat kucing Maine Coon yang tidak pandai melompat, permainan LED laser dirasa cocok. Mereka tidak harus melompat, yang paling penting mereka akan berlari kemana LED digerakkan.

Saran, sebelumnya kamu memiliki mainan dan si kucing sudah tidak tertarik untuk memainkannya, maka ketika mainan tersebut rusak cobalah mengganti dengan permainan baru.

Mainan Kucing

Ada banyak sekali mainan kucing di luar sana yang dijual. Semakin canggihnya teknologi juga akan memudahkan untuk dapat mendapatkannya. Dalam memilih mainan kucing maka ketahui dahulu apakah permainan itu yang dapat dimainkan bersamamu atau harus dimainkan sendiri oleh si kucing.

  • Dimainkan Sendiri

Ketika memilih kucing untuk diadopsi, mungkin beberapa dari kita belum melakukan riset terlebih dahulu. Namun, beberapa waktu kemudian ternyata baru diketahui bahwa kucing yang dipilih membutuhkan banyak perhatian. Solusi ketika ternyata sifat kucing yang manja dan waktu luangmu sedikit, maka kamu harus menyiapkan mainan.

Beberapa mainan yang dapat dimainkan sendiri oleh kucing:

1. Mainan Kucing Boneka Catnip

Mainan ini cocok untuk kucing yang senang menggigit. Biasanya anak kucing yang masih sangat menikmati mainan ini karena dalam masa teething. Bentuk dari boneka ini bermacam-macam, ada yang berbentuk ikan, tikus, bola dll.

Isian catnip pada boneka akan membuat kucing menjadi lebih aktif bermain. Beberapa boneka akan diisi catnip kemudian dijahit, tapi ada juga yang menggunakan resleting sehingga ketika catnip bisa direfill. Manfaat dari mainan ini adalah melatih otot gigi kucing dan membuat kucing yang malas menjadi aktif bermain.

Info Catnip

Catnip adalah tumbuhan mint yang tumbuh di Eurasia. Pada Catnip mengandung zat nepetalactone yang membuat kucing akan merasa senang. Tumbuhan ini juga tidak memiliki efek samping bagi kucing selama tidak termakan dalam jumlah yang banyak.

Harga dari boneka catnip beragam karena disesuaikan juga dengan bahan dan ukuran.

Sebagai contoh adalah boneka catnip berbentuk ikan dengan panjang 28-30cm kurang lebih Rp 40.000.

2. Circular Turntable Cat Toy

Kamu dapat meninggalkan kucingmu untuk bermain sendiri dan kembali melanjutkan kerja. Mainan kucing ini bahkan bisa dimainkan lebih dari 1 kucing. Bahan yang digunakan adalah plastik. Pada mainan ini terdapat 3 lintasan yang disusun tinggi ke atas seperti tower.

Cara memainkan mainan ini mudah, kamu hanya perlu memperlihatkan ke kucing dengan sedikit menggerakkan bola. Keingintahuan kucing yang besar dan langsung bersemangat memainkan bola.

Manfaat dari mainan ini untuk melatih insting memburu karena kucing harus bisa menangkap bola.

Harga mainan ini dengan ukuran L 24.5cm x T 19.5cm Rp 85.000,- – Rp 100.000,-.

3. Catit Play n Scratch

Mainan kucing ini memiliki cukup banyak kegunaan. Selain kucing senang, waktumu tidak terganggu dan furniture akan aman. Sudah menjadi kebiasannya jika kucing akan menggunakan apapun untuk mengasah kukunya (scratching), biasanya sofa.

Mainan ini dilengkapi 3 permainan sekaligus, yaitu menangkap bola yang berada di lintasan, menangkap pompom yang dilengkapi dengan tiang dan alas cakar. Banyaknya hal yang bisa dimainkan sehingga bisa digunakan untuk bermain lebih dari 1 kucing.

Manfaat dari mainan ini:

  • Hemat ruangan karena tidak perlu membeli mainan dan alat garuk kucing secara terpisah
  • Kucing betah untuk main lebih lama karena bisa melakukan 3 hal sekaligus
  • Tidak butuh pengawasan karena aman
  • Kucing menjadi lebih aktif

Harga dari mainan ini sekitar Rp 200.000,-.

Harga untuk jenis mainan ini terbilang cukup lumayan, tapi dilihat lagi mengenai kegunaan dan banyak kegiatan yang dikerjakan dirasa wajar.

4. Whisper Track with Twinkle Ball

Mirip dengan mainan catit play n scratch, hanya saja di mainan ini tuidak ada alas cakar. Mainan ini cukup untuk menghindarkan sejenak kucing yang minta perhatian kepadamu disaat banyak kerjaan. Kucing akan sibuk untuk meraih tikus ataupun menangkap bola yang ada di lintasan.

Pada bola juga terdapat sesuatu di dalamnya sehingga akan mengeluarkan bunyi untuk lebih menarik kucing bermain. Tetapi, jika diarasa ini akan mengganggu kamu maka bisa pilih bola yang tidak berbunyi.

Harga dari mainan ini berkisar Rp 130.000,-.

5. Mainan Kucing Kupu-Kupu Elektrik

Mainan ini mengunakan baterai dan tidak membutuhkan tempat yang besar. Ketika mainan dihidupkan maka kupu-kupu akan bergerak. Lebih baik menggunakan lebih dari 1 kupu-kupu agar lebih menarik kucing untuk bermain.

Manfaat dari mainan ini akan membuat kucing lebih aktif dalam bergerak meskipun mereka bermain sendiri. Selain itu, juga dapat mengasah instring berburu. Bagi anak kucing, melihat mainan ini tidak begitu tinggi maka akan melatih otot tubuh lainnya karena mereka akan melompat.

Hara dari mainan ini dengan dimensi 8 x 5.5cm sekitar Rp 35.000,- – Rp 45.000,-

6. Mainan Kucing Bola LED Elektronik

Mainan ini tidak membutuhkan baterai, ketika habis hanya butuh untuk dicas. Pada bagian bola ini terdapat LED untuk lebih menarik perhatian kucing. Dikarenakan mainan ini elektrik maka kamu hanya menghidupkan mainannya dan biarkan kucing mengejar bola itu sendiri.

Terdapat sensor pengubah arah pada mainan. Apabila bola menabrak dinding, pintu atau benda lain maka kamu tidak perlu repot untuk membetulkan posisi bola. Bola secara otomatis akan mencari jalan sehingga dapat dimainkan kembali dengan kucing.

Manfaat dari bola elektrik ini untuk membuat kucing aktif sehingga mencegah obesitas, mengurangi stress dan mengasah instring memburu.

Harga dari mainan ini berkisar Rp 150.000,-

7. Cat Tunnel 3 Arah

Mainan ini cukup besar sehingga membutuhkan tempat yang cukup besar. Bisa digunakan untuk bermain lebih dari 1 kucing. Model seperti terowongan dan gelap, kucing akan menyukainya karena dapat digunakan untuk tempat mereka bersembunyi bahkan untuk tidur. Alat permainan ini dapat dilipat dan dipindahkan jika dibutuhkan.

Kamu dapat menaruh boneka berisi catnip atau bola elektronik untuk kucing dapat mengasah insting berburunya. Permainan ini juga untuk melatih insting kucing untuk mencari jalan keluar.

Harga dari mainan ini berkisar Rp 150.000,-

  • Dimainkan Bersama

Ada baiknya jika meluangkan waktu sejenak untuk bermain bersama kucing, meskipun ada beberapa alternatif mainan yang bisa kucing mainkan sendiri. Tidak hanya kucing yang senang, tapi kamu juga akan ikut senang karena meliat tingkah kucing yang lucu. Bermain bersama kucing juga meningkatkan ikatan antara pemilik dan kucing.

1. Mainan Kucing Tongkat Bulu

Mainan Kucing

Mainan ini sangat sederhana, menyenangkan dan terpopuler, hamper semua yang memelihara kucing memiliki mainan ini. Mainan ini mirip seperti kemoceng dengan bulu yang terdapat di bagian ujungnya.

Mainan ini juga dilengkapi lonceng sehingga membuat kucing lebih semangat ketika bermain. Sangat mudah memainkannya tinggal menggerakkan tongkat ke arah yang kalian mau

Manfaat pada permainan ini kucing bisa sangat aktif dan banyak bergerak. Bagus untuk olahraga kucin untuk mencegah obesitas. Selain itu, dapat mengasah instring berburu.

2. Mainan Kucing Puzzle

Mainan puzzle untuk kucing ini banyak jenisnya. Biasanya mainan puzzle ini terbuat dari kayu yang halus sehingga aman bagi kucing. Banyaknya lubang pada puzzle juga tergantung ada yang hanya 3, 5 hingga 17 lubang.

Ada yang sederhana hanya kotak dengan banyak bolongan kemudian dimasukkan bola. Tetapi, ada juga yang cukup menarik karena pada puzzle sudah dirangkai suatu benda. Peranmu dalam permainan ini adalah memasukkan dan mengeluarkan benda yang akan “diburu” kucing secara bergantian.

Jelas, manfaat dari mainan ini untuk mengasah insting berburu kucing.

Harga dari mainan ini berkisar dari Rp 80.000,- – Rp 250.000,-.

3. Mainan Kucing LED Laser

Mainan yang cukup bisa diandalkan karena murah dan kecil sehingga tidak membutuhkan tempat luas untuk menyimpannya. Mainan LED laser sekarang ini tidak hanya mengeluarkan bayangan berbentuk titik, tetapi juga ada yang berbentuk tikus ataupun ikan.

Cara memainkan permainan ini hanya dengan menembakkan cahaya ke tembok atau lantai. Kemudian, tunggu reaksi kucing yang akan mencoba untuk mengejar atau menangkapnya. Permainan ini dapat menjadi salah satu solusi sehingga kucing rumahan tidak merasa bosan dan lebih aktif.

Penggunaan sinar LED juga aman untuk kucing dibanding dengan sinar laser yang dapat membahayakan mata.

Harga dari mainan ini berkisar Rp 25.000,-.

4. Mini Control Mice Prank

Mainan kucing menggunakan remote control yang menggunakan baterai sehingga ketika cukup males bergerak. Bentuk dari mainan ini sangat mirip dengan tikus asli sehingga dapat menipu si kucing. Mainan ini cukup canggih dan lebih seru dilakukan di ruangan yang luas atau outdoor.

Manfaat pada permainan ini kucing bisa sangat aktif dan banyak bergerak. Bagus untuk olahraga kucin untuk mencegah obesitas. Selain itu, dapat mengasah instring berburu.

5. Mainan Kucing Catnip Batang

Mainan Kucing

Catnip yang merupakan tumbuhan mint akan membuat kucing sangat senang. Ketika kucing sedang murung atau hanya tidur itu menandakan hal yang kurang baik. Walaupun kucing merupakan hewan yang dapat tidur hingga 16-18 jam sehari, mereka butuh mengerakkan otot mereka.

Mainan catnip batang bisa menjadi salah satunya. Kamua bisa melempar catnip batang ini dan biarkan mereka mengejar dan mendapatkannya. Kucing akan menggigit dan membuat mereka senang.

Kekurangan dari mainan ini dapat membuat lantai menjadi sedikit kotor karna adanya remahan yang terjatuh.

Ada yang sudah punya mainan di atas? Pasti seru banget jika kita bisa bermain bersama kucing.

Mainan kucing juga masih banyak lagi yang lainnya. Buat kalian yang punya dan belum tersebut di artikel bisa kasih tau di komen ya.

Leave a Reply