11 REKOMENDASI LITTER BOX KUCING TERUPDATE!

11 REKOMENDASI LITTER BOX KUCING TERUPDATE!

Sebelum memelihara kucing, baiknya sudah mengetahui barang apa saja yang harus disiapkan. Salah satu barang yang harus ada adalah litter box. Sebenarnya, untuk sebagian pemilik merasa ini tidak butuh karena kucing mereka bisa membuang kotoran di kamar mandi. Tapi, buat yang sama seperti aku, tidak suka jika kamar mandi pribadi dikotori hal lain maka litter box kucing harus ada.

Adanya benda ini akan membuat keadaan rumah lebih rapih sehingga meringankan beban kerjamu juga. Ditambah lagi, jika kamu memutuskan untuk memelihara kucing rumah (tidak dikeluarkan) litter box kucing sangat membantu sekali.

Ada banyak sekali jenis litter box kucing. Tidak hanya dari dalam negeri, dengan kemajuan teknologi saat ini bahkan kamu bisa mendapatkan barang dari luar negeri tanpa harus pergi ke sana. Maka, untuk membantu menentukan litter box untuk kucing yang pas, Jurnal Kucing akan membuat ringkasannya.

Let’s Start!

LITTER BOX KUCING

Cara Memilih Litter Box Kucing

Mengetahui beberapa hal sebelum membeli litter box sangatlah penting sebagai bahan pertimbangan. Tapi, hal pertama adalah mengetahui kalau jumlah litter box yang dibeli mencukupi keseluruhan kucing.

  1. Jumlah

Tidak menjadi masalah jika kucing yang kamu pelihara hanya 1 ekor. Tapi, bagaimana jika 3 atau bahkan lebih dari itu? Jika mennggunakan 1 atau 2 litter box kucing saja apakah cukup?

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa kucing memiliki sifat individu, independent dan teritori. Mereka juga menyukai hal yang bersih. Jumlah yang terlalu sedikit membuat litter box kucing menjadi lebih cepat kotor sehingga kamu harus lebih sering membersihkannya. Keuntungan lainnya, litter box tidak cepat bau karena banyaknya kotoran pada 1 tempat.

Kemungkinan lainnya adalah adanya kucing yang mengalah atau tidak mau menggunakannya karena merasa wilayah mereka telah digunakan oleh kucing lainnya. Salah satu kucing akhirnya tidak mau menggunakan ini terjadi di kucingku. Merasa wilayahnya sudah ditempati oleh kucing lain atau merasa litter box masih saja kurang bersih padahal sudah dibersihkan.

Buat yang kucingnya kadang dibiarkan keluar rumah mungkin tidak terlalu menjadi masalah. Menjadi masalah jika kucing tidak diperbolehkan keluar tapi tidak ditambahkan segera jumlah litter box. Sangat memungkinkan kucing akan membuang kotoran sembarang tempat di sekitaran rumah.

Maka dari itu, sebaiknya jumlah litter box sesuai jumlah kucing atau dilebihkan 1 (ini lebih baik).

  1. Tipe

Tipe litter box kucing ada 2, yaitu terbuka dan tertutup. Berdasarkan buku Guide to a Healthy Cat, umumnya kucing lebih menyukai litter box yang terbuka dengan bahan baku terbuat dari plastik. Keduanya tidak menjadi masalah selama kucing nyaman menggunakannya.

Jika ingin mengetahui lebih infonya, kedua tipe ini memiliki pro dan kontra masing-masing.

Pro Litter Box Kucing Terbuka

  • Kucing lebih mudah keluar masuk litter box.
  • Jika menggunakan litter box tradisional, maka jenis terbuka ini membantu kamu untuk membersihkan kotoran kucing.
  • Tidak membutuhkan ruangan besar.
  • Buat kucing berukuran besar kemungkinan akan merasa sempit jika menggunakan litter box yang ada ada tutupnya.

Kontra Litter Box Kucing Terbuka

  • Tempat tidak tertutup sehingga tidak bisa mengontrol bau dari litter box.
  • Mengotori litter box

Biasanya litter box tidak begitu tinggi sehingga bisa saja pinggiran alat terkena kotoran kucing, apalagi jika pencernaan kucing sedang tidak baik atau kucing diare.

  • Dapat diakses hewan lain (biasanya anjing) dan bahkan jika mempunyai anak kecil. Hal ini selain mengganggu kenyamanan kucing, dapat membuat sakit anak.

Pro Litter Box Kucing Tertutup

  • Bau bisa lebih terkontrol.
  • Mengurangi tingkat kekotoran yang terjadi.
  • Tidak dapat diakses hewan lain, seperti anjing karena memiliki badan yang besar atau juga anak-anak.
  • Lebih privasi bagi kucing.

Kontra Litter Box Kucing Tertutup

  • Ada kemungkinan Kucing sulit masuk dan keluar dari litter box.
  • Jika belum menggunakan litter box yang super canggih (bisa membersihkan kotoran), maka akan cukup merepotkan untuk membersihkannya.
  • Biasanya litter box tertutup berukuran besar dan tinggi sehingga lebih membutuhkan banyak ruang.
  • Kucing yang berbadan besar akan kurang nyaman karena tempat tidak cukup besar untuk badan.
  • Tidak bisa digunakan untuk kucing yang menderita asma atau radang sendi.

Jadi, kalau kamu lebih nyaman menggunakan litter box yang mana untuk kucing?

  1. Ukuran Besar

Banyak ukuran dari litter box yang sebelumnya harus kamu sesuaikan dengan besar badan dan tinggi kucing. Terlebih lagi jika ingin membeli dengan tipe yang tertutup. Karakteristik badan setiap kucing berbeda, sebagai contoh kucing munchkin yang memiliki badan panjang dengan kaki pendek.

Sikap alamiah dari kucing saat sebelum membuang kotoran maka akan menggali pasir terlebih dahulu. Jika terlalu kekecilan bagi badannya ini akan menyusahkan mereka atau bahkan membuat kotoran dapat keluar dari litter box.

Menentukan ukuran litter box, bisa menggunakan permisalah dengan panjang 1.5 x panjang badan kucing (diukur dari ujung kepala hingga ekor). Ukuran yang sesuai dengan kucing akan memudahkan mereka untuk bergerak dan juga dapat menampung kotoran mereka.

  1. Ukuran Tinggi

Sesuaikan tinggi litter box dengan kondisi dan sifat kucing. Menggunakan litter box terlalu tinggi bagian sisinya akan menyulitkan kucing kecil untuk masuk.

  • Umumnya tinggi litter box yang biasanya digunakan 12-18cm. Tinggi ini cocok untuk kucing tidak suka kencing sprayer atau menyemprot dan tidak begitu rusuh dalam menggunakan pasir.
  • Kucing memiliki kebiasaan spraying maka lebih baik menggunakan litter box yang agak tinggi.

Ukuran 20-30cm cukup untuk menghindari kotor di luar litter box.

Bagian depan litter box harus memiliki tinggi 12-15cm agar kucing bisa mengakses dengan mudah.

  • Kucing yang memiliki masalah mobilitas atau pergerakan, seperti misal menderita sakit artritis harus menggunakan tinggi yang lebih kecil. Hal ini juga berlaku untuk anak kucing saat belajar menggunakan litter box.

Ukuran tinggi yang untuk kucing masuk dan keluar 6-9cm

Amati terlebih dahulu bagaimana sifat serta kondisi kucing untuk dapat memilih litter box yang tepat.

  1. Kemudahan Membersihkan

Jangan sampai karena ingin memiliki litter box yang lucu dan hi-tech jadi mengabaikan fungsi utama dari alat ini. Penggunaan litter box modern selain tampilannya yang terlihat keren, fitur yang disediakan juge menarik. Tapi, terkadang alat ini memiliki banyak komponen sehingga lebih banyak yang harus dibersihkan.

Keadaan litter box kucing harus selalu dalam keadaan bersih. Apabila menggunakan litter box tradisional tapi kamu malas untuk membersihkan, juga sama saja!

Perhatikan fitur dari masing-masing litter box dengan teliti sebelum membeli. Serta, harus ada kesadaran sendiri juga untuk membersihkannya.

Rekomendasi Litter Box Kucing

1. Litter Box Tradisional

litter box kucing

Berbentuk standar dan klasik, yaitu segiempat dengan harga yang terjangkau. Model ini yang umumnya dipakai. Bahan dari litter box ini adalah plastik dan cara membersihkannya menggunakan scoop yang dilakukan secara manual.

Model ini memiliki ukuran yang lengkap sehingga kamu hanya perlu menyesuaikan dengan kucing.

  • Ukuran Extra Small (XS)

Litter box tradisional ukuran small cocok digunakan untuk anak kucing yang baru belajar menggunakan alat ini. Ukuran kecil dan ketinggian litter box diatas ketentuan (6-9cm) tapi masih bisa digunakan.

Ukuran: (P) 34cm x (L) 24cm x (T) 10cm

Harga dari Produk ini Rp 21.000,-

  • Ukuran Small (S)

Litter box tradisional ukuran small ini yang umunya digunakan kucing kecil atau anak kucing yang baru akan belajar menggunakan.

Ukuran: (P) 36cm x (L) 26cm x (T) 12cm

Harga dari Produk ini Rp 26.000,-

  • Ukuran Medium (M)

Memiliki ukuran standar. Bagi kucing berbadan besar tidak disarankan menggunakan tempat ini.

Ukuran: (P) 40cm x (L) 30cm x (T) 13cm

Harga dari Produk ini Rp 31.000,-

  • Ukuran Large (L)

Litter box tradisional ukuran small cocok digunakan kucing yang memiliki badan normal atau sedikit besar akan cukup nyaman menggunakan litter box ini.

Ukuran: (P) 47cm x (L) 34cm x (T) 15cm

Harga dari Produk ini Rp 39.000,-.

  • Ukuran Extra Large (XL)

Litter box tradisional ukuran small cocok digunakan untuk kucing yang memiliki badan normal dan berbadan besar. Tempat ini akan cukup nyaman untuk digunakan.

Ukuran: (P) 53cm x (L) 38cm x (T) 17cm

Harga dari Produk ini Rp 50.000,-.

2. Cosmo Litter Box

LITTER BOX KUCING

Litter box ini memiliki bentuk yang unik, trapesium (cekung). Cukup menarik untuk kamu yang senang dengan barang yang berbentuk tidak biasa. Modelnya yang cekung membuat penggunaan pasir lebih irit dengan cara pembersihannya seperti litter box tradisional.

Bagian depan dari litter box ini rendah sehingga anak kucing juga bisa menggunakannya. Buat kucing yang berbadan besar tidak disarankan untuk menggunakan ini. Tempatnya yang tidak begitu luas membuat kucig menjadi tidak nyaman.

Ukuran: (P) 41cm x (L) 30cm x (T) 17cm

Harga dari produk ini Rp 110.000,-.

3. Savic Iriz Rim

LITTER BOX KUCING

Berdesain sederhana, mirip dengan litter box tradisional. Hanya saja pada Savic Iriz ini di bagian atas terdapat rim. Tidak membutuhkan banyak ruang.

Rim berguna mencegah pasir galian kucing mengotori lantai rumah. Biasanya rim yang diberikan akan berbeda warna dari wadahnya sehingga memberikan perpaduan warna yang terlihat lebih hidup.

Ukuran: (P) 50cm x (L) 37cm x (T) 14cm

Harga dari produk ini Rp 129.000,-.

4. Box-Bax Pasir Kucing

LITTER BOX KUCING

Litter box ini berbentuk oval dan terdapat rim di bagian atas. Pada bagian rim yang merupakan tempat masuk keluar kucing juga dilengkapi dengan lubang seperti saringan. Tujuannya agar pasir yang menempel di kaki kucing bisa tidak terjatuh ke lantai rumah. Mengurangi tingkat kekotoran yang terjadi.

Ukuran: (P) 40cm x (L) 37.5cm x (T) 15cm

Harga dari produk ini Rp 60.000,-.

5. Savic Figaro

Savic Figaro memiliki bentuk yang classy dan futuristik. Kapasitas litter box ini besar dengan bagian depan litter box rendah sehingga baik anak kucing, kucing dewasa hingga yang sakit mudah menggunakannya.

Bentuk dan warnanya modern ketika diletakkan di rumah tidak merusak penampilan rumah yang sudah bagus.

Ukuran: (P) 55cm x (L) 48.5cm x (T) 15.5cm

Harga dari produk ini Rp 179.000,-.

6. Litter Box 3 Tray Scoop Otomatis

LITTER BOX KUCING

Litter box ini memiliki 3 tray, dimana masing-masing tray ini memiliki penyaring. Alat ini akan mempermudah dan menghemat waktu dalam membersihkan kotoran kucing. Saat ingin membersihkan cukup dengan mengambil 1 tray paling atas dan menaruhnya kembali di bagian bawah.

Ukuran: (P) 43cm x (L) 33cm x (T) 11cm

Dengan ukuran ini tidak disarankan untuk digunakan pada kucing besar.

Harga dari Produk ini Rp 189.000,-

7. Savic Aseo

Memiliki bentuk yang unik dan elegan. Litter box ini cukup tinggi di bagian kedua sisi dan bagian depan lebih rendah untuk memudahkan keluar masuk kucing. Bisa untuk segala jenis usia kucing, bahkan hingga kucing yang sakit.

Bisa digunakan untuk kucing yang memiliki kebiasaan spraying dan mencegah pasir keluar dari litter box. Tempatnya yang besar bisa digunakan hingga kucing besar sehingga kucing tidak akan merasa kesempitan.

Ukuran: (P) 56cm x (L) 39cm x (T) 27.5cm

Harga dari produk ini Rp 190.000,-.

8. High-Sided Cat Litter Box

kucing buang air

Dapat digunakan untuk kucing dengan badan besar sekali atau tinggi, seperti Kucing Ragdoll dan kucing Savannah. Selain itu, jika kucing memiliki kebiasaan spray dengan tingginya ketiga bagian sisi dari litter box dan menjaga agar pasir tidak keluar dari litter box. Dengan demikian rumah akan tetap bersih.

Meskipun alat ini besar dan tinggi, tapi di bagian depan dibuat tingginya lebih rendah sehingga memudahkan kucing untuk masuk dan keluar.

Ukuran: (P) 59cm x (L) 46cm x (T) 27cm

Harga dari produk ini Rp 325.000,-.

9. Deluxe Cat Toilet

LITTER BOX KUCING

Litter box ini berbentuk segi empat tetapi bagian atasnya terdapat lekukan yang membuat penampilannya lebih menarik dan klasik.

Pada alat ini akan mendapatkan garpu besar yang berguna untuk membersihkan kotorannya. Nanti kotoran tersebut akan jatuh ke tempat khusus pembuangan kotoran. Sangat mudah dan lebih praktis digunakan.

Ukuran litter box ini cukup besar jadi harap menyediakan space yang cukup. Jangan khawatir jika memiliki kucing besar karena mereka tidak akan kesempitan saat menggunakannya.

Ukuran: (P) 60.5cm x (L) 44cm x (T) 19.5cm

Harga dari produk ini Rp 320.000,-.

10. Savic Nestor Litter Box

Litter box tertutup dengan design yang lebih modern. Terdapat pegangan di alat sehingga mempermudah untuk memindahkan alat. Terdiri dari 2 tray (tanpa penyaring) dan 1 penyaring.

Susunan dari alat adalah tray, penyaring lalu tray di bagian atas. Jika akan membersihkan kotoran tinggal menuangkannya ke saringan. Cara ini akan menghemat pengunaan pasir. Bagian penutup juga besar sehingga kucing berbadan besar dengan mudah bisa memasukinya.

Sebenarnya tempat Ini bisa dijadikan 2 fungsi apabila ingin menjadi litter box terbuka, tinggal dibuka bagian atas.

Ukuran: (P) 56cm x (L) 39cm x (T) 38.5cm

Harga dari produk ini Rp 430.000,-.

Info Tambahan Litter Box Kucing Hi-Tech

Sekarang ini, semakin berkembangnya teknologi bahkan litter box kucing juga didesain sedemikian canggih. Tujuan dibuatnya hal ini untuk meringankan tugas dari si pemilik. Sensor membersihkan litter box kucing secara otomatis yang menjadi daya tarik.

Tapi, beberapa artikel menyatakan pendapatnya jika alat canggih ini akan mengganggu kenyamanan dan ketakutan bagi kucing. Sensor yang mengeluarkan suara ketika kucing telah selesai membuang kotoran adalah penyebabnya.

Contoh litter box kucing yang Hi-Tech.

11. Litter Maid

litter box kucing

Salah satu litter box kucing yang cangih karena sudah didesain secara elektronik sehingga pemilik tidak harus membersihkan kotoran setiap harinya. Alat ini cukup jauh lebih mahal dibanding dengan litter box tradisional. Tapi, bagi yang tidak ingin begitu ribet harus menyerok kotoran anak bulu setiap harinya dan ada dananya, mungkin bisa dicoba.

Pada alat ini terdapat sensor. Jadi, ketika kucing selesai buang air dan meninggalkan litter box, sensor pada alat secara otomatis akan membersihkan kotoran dan menaruhnya di plasti. Pemilik hanya akan membuang jika plastik penuh, biasanya dalam waktu beberapa hari.

Apa ada yang punya alat ini? Bagaimana menurutmu mengenai litter box Hi-Tech?

Penutup

Litter box memiliki beragam sekali harga, dari yang super murah hingga super mahal. Selain itu, dari segi model juga dan fitur yang akan membantu juga semakin memudahkan pemilik. Pilihlah litter box yang membuat nyaman kucing, dirimu dan sesuai dengan kemampuan.

Ingatlah fungsi utama dari alat ini adalah untuk membuang kotoran kucing. Jika di litter box yang dipilih tidak ada fitur yang diinginkan tapi masih bisa dilakukan sendiri, maka itu seharusnya tidak menjadi masalah.

Kucing SENANG maka pemilik juga akan SENANG. Hal ini juga berlaku kebalikannya.

Leave a Reply