MERAWAT KUCING TUA DENGAN BAIK

MERAWAT KUCING TUA DENGAN BAIK

Berdasarkan umur kucing, kucing tua akan memasuki tahap ke 5 dari 6 siklus hidup kucing. Masa senior sebutannya dengan usia kucing 7-10 tahun. Pada masa ini mulai adanya perlambatan gerakan yang biasanya di manusia pun menunjukkan gejala yang sama.

Kucing yang memasuki usia senior  akan kembali seperti saat kucing baru lahir atau masih baby. Kesehatan dan daya tahan tubuh menurun, lalu lebih membutuhkan banyak perhatian.

Saat kucing memasuki masa tua, baik dari makanan dan cara perawatan akan mengalami perubahan. Maka dari itu, jika menginginkan kucing mendapatkan umur yang lebih panjang lagi maka ada beberapa hal yang harus dilakukan.

Perubahan Pada Kucing Tua

Sebelum ke tahap bagaimana cara mengurus kucing tua, ada baiknya mengetahui perubahan apa saja yang terjadi. Mengetahui perubahan ini akan membuat pemilik lebih mudah dalam mengambil suatu tindakan.

Perubahan yang terjadi diantaranya adalah:

Fisik Kucing Tua

  • Sistem imun tubuh kucing memasuki masa tua menurun sehingga lebih mudah terserang penyakit.
  • Penyakit gigi adalah masalah yang sering terjadi memasuki usia tua. Adanya masalah gigi dapat mengakibatkan penurunan nafsu makan dan rasa sakit yang parah.
  • Penglihatan mata menjadi lebih kabur.
  • Kulit lebih elastis dan “tipis” dan mudah terserang infeksi.
  • Pada beberapa kasus, dengan bertambahnya usia kucing akan mengakibatkan penurunan pendengaran.
  • Penyakit gagal ginjal merupakan salah satu hal yang umum terjadi memasuki usia senior.
  • Penyakit turunan, seperti radang sendi sering membuat kucing tua merasa sangat sulit beraktivitas. Hal ini mengakibatkan kesulitan dalam bergerak dan melompat, bahkan ketika harus pergi ke litter box.
  • Ketika kucing sudah berumur maka akan lebih mudah sakit. Kemungkinan besar terkena dehidrasi. Mengapa? Karena ketika sakit biasanya kucing cenderung minum lebih sedikit.

Perilaku Kucing Tua

  • Penurunan pergerakan tubuh sehingga menjadi lebih pasif.
  • Penurunan indera penciuman sehingga menurunkan nafsu makan.
  • Kegiatan membersihkan tubuh dengan cara menjilat menjadi lebih jarang.
kucing tua

Cara Merawat Kucing Tua

Lingkungan

  1. Jauhkan Benda Berbahaya

Kucing dengan usia tua akan mengalami penurunan penglihatan dan pendengaran. Oleh sebab itu, menyingkirkan benda dan barang yang ditumpuk akan membantu mereka untuk menabrak, terluka dan membuat rumah berantakan.

  1. Taro Barang Sesuai dengan Tempatnya

Pergerakan dan penglihatan kucing akan menurun seiring bertambahnya usia. Menghindari kemungkinan terjadinya kucing akan menabrak dengan benda lain.

Menempatkan barang selalu di posisinya akan memudahkan kucing untuk menemukannya. Tempat dimana mereka tidur jika terbiasa menggunakan kasur kucing, area makan dan litter box. Pilihlah litter box dengan bagian masuk keluar kucing yang rendah.

  1. Berikan Tempat yang Nyaman

Tidak hanya menyediakan tempat istirahat yang nyaman dan bersih. Pastikan juga tempat tersebut cukup menghangatkan bagi kucing. Tempat yang biasa dikunjungi kucing jika memungkinkan kenakanlah sinar matahari dan sirkulasi udara yang baik.

Kesehatan

  1. Asupan Nutrisi Kucing Tua

Asupan nutrisi setiap tingkatan usia kucing pasti berbeda. Bahkan, jika kamu membeli makanan kucing komersial akan dibuat per usia kucing. Kucing tua lebih banyak membutuhkan nutrisi vitamin dan air.

Memasuki usia senior, kucing juga membutuhkan nutrisi khusus, seperti glukosamin, kondroitin dan asam lemak bebas (EPA/DHA). Kandungan tersebut jika ditambahkan dengan ekstrak kerang hijau maka dapat meningkatkan pergerakan pada kucing.

Jika ingin memberikan makanan yang dibuat sendiri, kamu bisa memberikan bubur bit. Kandungan dari makanan ini dapat menjaga kesehatan pencernaan karena berfungsi sebagai prebiotic untuk kucing.

  1. Jenis Makanan Kucing Tua

Khusus kucing tua lebih baik menggunakan makanan dengan tekstur yang cukup lunak. Makanan yang lunak akan lebih mudah ditelan kucing. Masalah yang sulit dihindari pada usia kucing yang sudah tua adalah gigi.

Gigi kucing akan menjadi lebih lemah dan dapat menyebabkan sulitnya bagi mereka untuk mengunyah bahan makanan yang keras. Ketika dipaksakan, maka akan membuat sakit. Jika ingin memberikan makanan basah, ada baiknya mencampurkan dengan air agar kucing tidak dehidrasi.

  1. Menyikat Bulu

Semakin bertambah usia dan apalagi jika kucing memiliki bulu yang panjang maka sikatlah bulu secara rutin setiap harinya. Dengan demikian, bulu kucing yang mati dan kusut bisa kembali bisa hilang dan mencegah terjadinya hairball.

Selain itu, mencegah bulu mati sehingga tidak tertelan kucing saat membersihkan bulu. Apabila kucing sering menelan ini maka mengakibatkan kucing muntah.

  1. Menyikat Gigi

Semakin bertambahnya usia kucing maka masalah kesehatan gigi sebenarnya sulit untuk dihindari. Oleh karenanya, menjaga kesehatan ini sejak kecil haruslah dilakukan. Gunakanlah sikat dan pasta gigi khusus kucing.

kucing tua
  1. Mengurangi Stress

Mengurangi stress kucing tua dapat dilakukan dengan dimulai dari lingkungan rumah. Janganlah membuat perubahan yang berlebihan atau malah lebih baik tidak diubah sama sekali. Baiknya menaruh benda penting di bawah sehingga kucing tidak harus melakukan usaha lebih, seperti harus melompat.

Berikan kenyamanan mereka untuk beristirahat dan mainan agar kucing menjadi senang. Hindari adanya hewan baru di lingkungan. Luangkan cukup waktu untuk memberikan kasih sayang lebih untuk mereka. Sekedar mengelus bulu dan menemani kucing akan membuat bahagia.

  1. Pemeriksaan Rutin

Kucing memiliki keahlian untuk menyembunyikan penyakit. Bisa saja pemilik sadar ketika keadaan mereka sudah lumayan buruk. Ditambah lagi daya tahan tubuh mereka yang menurun.

Pemeriksaan rutin ke dokter memasuki masa tua kucing sangatlah penting untuk dilakukan. Deteksi dini dan pengobatan bisa dilakukan dengan segera jika memungkinkan. Menghindari keadaan kucing agar tidak semakin memburuk.

Pemeriksaan setahun sekali di dokter hewan dengan memeriksa kondisi dan sistem organ kucing dan berat badan. Kemudian, oleh dokter hewan akan dilakukan perbandingan dengan pemeriksaan sebelumnya.

Kucing tua juga sebaiknya terdapat pemeriksaan lain, seperti tes darah, analisis urin dan pemeriksaan feses. Ketiga pemeriksaan tersebut juga berfungsi untuk mengetahui jika ada yang salah dengan kesehatan kucing.

Penutup

Punya kucing dengan usia yang sudah tua? Jika tidak mengetahui usia kucing, mungkin bisa menebaknya dengan melihat keadaan fisik dan perilaku yang ditunjukkan oleh mereka.

Jika ada yang memiliki kucing tua dan ingin berbagi pengalaman cara memelihara yang baik bisa diinfokan di kolom komentar ya.

Untuk memberikan saran pembahasan apalagi yang akan seru untuk dibahas atau memiliki cerita yang menarik dengan kucing bisa dikirimkan melalui email: [email protected] atau DM IG @Jurnal_Kucing.

Leave a Reply