KUCING TAKUT TIMUN, MITOS ATAU FAKTA?

KUCING TAKUT TIMUN, MITOS ATAU FAKTA?

Jika kamu update tentang dunia perkucingan, pasti sering mendengar kucing takut timun. Info ini sempat viral kurang lebih sekitar pada tahun 2015. Banyak orang yang bertanya, apakah benar kucing takut timun? Timun kan tidak dapat menyerang kucing! Bahkan, bukan hanya sekedar kabar burung belaka, tetapi ada salah satu dari pemilik kucing sempat merekam kejadian yang menunjukkan kucing takut timun.

Pada video itu diperlihatkan bahwa ketika sang pemilik mendekati timun ke kucing maka reaksi yang ditunjukkan ole kucing sangatlah mengejutkan bagi yang menonton. Kucing menunjukkan reaksi kaget hingga melompat tinggi, meraung dan dengan posisi siap melawan atau kabur dengan sangat kencang.

Sebelum lanjut, kamu tim yang percaya kucing takut timun atau tidak?

Kucing Takut Timun

Buat yang percaya kalau kucing takut timun, penjelasan ini mungkin bisa sedikit memberikan jawabannya.

Kucing Tidak Suka Dikagetkan

Pada dasarnya kucing adalah hewan yang memiliki insting yang kuat dan memiliki kewaspadaan yang tinggi terhadap situasi, baik yang berbahaya atau tidak bagi mereka. Sifat tersebut yang menjadikan kucing sebagai hewan yang independent karena dapat menjaga diri.

Apabila ada sesuatu yang menyelinap atau mengendap-ngendap tanpa membuat suara, mereka akan siaga, waspada dan takut. Kucing akan berpikir jika itu adalah predator, yang dalam kasus ini adalah timun.

I WILL TELL YOU A STORY!

Aku suka bermain sembunyi tangan dengan kucingku. Jadi, tangan ditaroh di bawah bantal lalu secara tiba-tiba keluarkan tangan. Lakukan hal ini sampai kucing sadar bahwa sedang diajak bermain. Apa yang mereka lakukan? Biasanya mereka akan membungkukan badannya, menegangkan kupingnya sebagai tanda mereka sedang siaga, dan menyerang tangan kita. Mereka tidak kaget dan menunjukkan tingkah kaget karena benda tersebut di depan matanya.

Kejadian berbeda dari video kucing takut timun, dimana timun diletakkan di belakang badan kucing. Ditambah lagi hal ini dilakukan, misal ketika kucing sedang makan. Ketika mereka makan maka kucing sebelumnya sudah mengidentifikasi suasana dan tempat yang menunjukkan bahwa mereka akan aman. Jadi, bisa dibayangkan jika kamu sedang tenang lalu dikagetkan? Nah, seperti itulah kurang lebih yang dirasakan oleh kucing sehinga memicu mereka melakukan reaksi yang dianggap “berlebihan dan lucu”.

Pernyataan mengenai kucing tidak suka dikagetkan didukung oleh pernyataan Dr Roger Mugford, seorang ahli tingkah laku hewan bahwa reaksi kucing takut timun dapat terjadi terhadap benda lain jika diletakkan di belakang kucing tanpa disadari. Ya tapi, walaupun Beliau bilang benda lainnya juga akan bikin si kucing kaget tapi jangan dilakukan juga ya!

Kucing Takut Timun karena Dianggap Sebagai Ular

Timun yang menjadi objek ditakuti oleh kucing karena memiliki warna yang hijau dan berbentuk panjang. Kucing merepresentasikan bentuk itu sebagai ular. Bagi kucing, ular adalah hewan predator sehingga kucing mengantisipasi dengan beragam reaksi yang menunjukkan kekagetannya dan menyelamatkan diri. Pernyataan kucing menganggap timun sebagai ular didukung oleh beberapa ahli, yaitu Con Slobodchikof, seorang ahli ahli tingkah laku hewan dan penulis.

kucing hilang

WARNING!

Disebutkan dalam artikel ini bahwa tidak hanya timun, tapi benda lain pun jika diletakkan di belakang kucing ketika keadaan mereka sedang santai maka akan memberikan reaksi yang sama. Jika ada diantara kamu yang penasaran maka mereka akan berdampak tidak baik, secara fisik dan mental bagi si kucing. Apalagi jika dilakukan dalam waktu yang lumayan sering dan hanya sebagai bahan lucuan semata.

Dampak Menakuti Kucing Sama Timun

Stres dan Trauma

Melihat reaksi yang ditimbulkan ketika kucing takut timun atau benda lain yang sengaja ditaruh secara mengendap-endap di belakang kucing memang sedikit menghibur.  Hal ini bisa terjadi karena kita sebagai penonton, baik yang memelihara kucing ataupun tidak mungkin baru pertama kali melihatnya. Beberapa dari kita bahkan malah penasaran sehingga melakukan uji coba sendiri ke kucing.

Tapi, tahukah hal ini dapat mengakibatkan kucing menjadi stres dan trauma?

Kucing akan mengingat kejadian ini sehingga ketika dilakukan berulang kali maka mungkin menyebabkan kucing stres dan trauma. Jika kucing stres hal ini dapat mengganggu aktivitas kucing dan kesehatan. Bahkan kucing akan menjahui dirimu karena sudah tidak dipercaya olehnya. 

Jika hal ini sudah terjadi maka kamu harus memperbaiki hubungan dengan kucing. Cara-cara untuk membuat hubungan kembali baik dengan kucing bisa kamu coba.

Berbahaya Bagi Fisik

Respon yang diberikan kucing ketika mereka merasa terancam berbeda-beda, salah satunya adalah melompat. Akibat dari reaksi takut ini dapat menyebabkan kucing menabrak sesuatu yang ada di sekitarnya dan ada kemungkinan hal ini dapat membuat fisik mereka terluka. Jika hal ini terjadi selain kamu akan sedih karena kucing kesayangan kesakitan, kamu juga harus menyiapkan dana lebih jika luka pada kucing serius.

Kucing juga dapat menjatuhkan barang di sekitarnya karena reaksi ketika ditakuti. Jika terdapat barang pecah belah, tanpa sadar dapat membuat kucing memecahkannya. Lalu, kemudian hiburan yang kamu dapatkan karena kucing takut timun akan sirna.

Kamu akan mendapatkan hadiah rumah berantakan, misal terjadi barang pecah belah sehingga harus mengeluarkan tenaga ekstra dan malah membuat mood kamu menjadi tidak baik sendiri. Jika hal ini terjadi karena reaksi kucing takut timun, kamu harus sangat hati-hati jika ada anak kecil karena pecahan/beling tersebut dapat melukai mereka.

Apa yang kamu dapatkan?

Hanyala energi negatif dan membahayakan kucing serta orang-orang sekitarmu.

Cara Penanganan Kucing Takut Timun

Apabila kamu sebelumnya tidak tahu bahwa efek ke kucing dapat membuat stress dan trauma jika sering mengagetkan kucing dengan timun dan barang lainnya, maka bisa konsultasikan dengan dokter hewan.  Selain itu, agar kucing dapat kembali mempercayaimu maka cobalah memberikan aktifitas yang lebih berguna, seperti main bersama tongkat bulu, memberikan matatabi, atau mainan bola yang bisa dengan mudah ditemukan dan harganya terjangkau.

Kucing juga dapat diajarkan untuk mengenali barang. Daripada sengaja dikagetkan lebih baik kamu mengenali barang-barang tersebut ke kucing kesayangan. Ketika kucing dalam keadaan tenang, cobalah perlahan tempelkan benda yang ingin dikenalkan ke hidungnya. Kucing akan mengenali barang tersebut melalui indera penciuman mereka.

Jadi, kesimpulannya tidak hanya timun yang ditakuti oleh kucing. Jika kamu menaruh benda apapun di belakang kucing ketika mereka dalam keadaan santai dan merasa aman tanpa diketahui kucing, maka ada kemungkinan mereka akan kaget.

Sebagai pemilik kucing yang baik maka jangan pernah melakukan eksperimen apakah kucing takut timun atau tidak ya. Apalagi jika ditujukan untuk sekedar hiburan kalian. Banyak cara untuk membuat kamu, sebagai pemilik senang dan kucingpun senang, seperti mengajak main menggunakan tongkat bulu.

kucing menganggap mainan tongkat bulu sebagai burung yang merupakan mangsanya maka dari itu mereka akan sangat atraktif daan bersemangat. Kegiatan ini akan mengurangi stress dan memberikan perasaan bahagia ke kucing.

Leave a Reply