MENGENAL DEKAT DENGAN KUCING SIAM

MENGENAL DEKAT DENGAN KUCING SIAM

Pernah dengar jenis kucing ras ini? Penampakan warna bulunya sekilas ada kemiripan dengan kucing Birman loh. Ternyata kucing Siam juga adalah kucing paling terkenal yang terdaftar pada CFA. Buat yang tidak atau kurang tahu tentang kucing ini, pas sekali mengunjungi blog Jurnal Kucing. Pada artikel ini akan membahas cukup detail mengenai kucing Siam, mulai dari asalnya hingga bagaimana cara merawat kucing ini yang baik. Semakin banyak informasi yang didapatkan maka akan merasa mengenal dekat dengan kucing.

Sejarah Kucing Siam

Seperti namanya, kucing Siam berasal dari Thailand (Nama negara awalnya Siam) dan merupakan kucing asli Asia tertua. Di tempat asalnya, kucing ini memiliki sebutan lain, yaitu Wichienmaat. Di Inggris, kucing ini dibawa pada tahun 1880 dan diterima dengan baik dan menyebutnya sebagai “Kucing Oriental yang Indah”.

Kucing ini baru muncul pada akhir tahun 1890-an hingga awal tahun 1900-an di Amerika. Pada awalnya kucing ini tidak terlalu mendapatkan tempat di hati pecinta kucing. Sampai pada suatu ketika, seorang presiden Amerika Rutherford menerima hadiah kucing Siam dari salah satu diplomasi Amerika yang berada di Thailand.

Kucing Siam mengalami masa pengembangbiakkan hingga menghasilkan Kucing Siam Modern dengan ciri muka dan tubuh seperti kucing Sphynx.

Kucing Siam
  • Sifat Kucing Siam

Senang dengan kucing manja dan setia? Mungkin kamu akan jatuh hati dengan kucing Siam ini. Kucing ini senang menuntut kamu untuk memperhatikan mereka dan bermain bermain bersama. Ketika sudah dalam waktu yang lama, kucing ini akan berubah menjadi setia bahkan bisa jadi kamua akan diikuti olehnya. Terkesan menyebalkan karena akan diikuti oleh kucing? Mungkin sebagian orang akan merasa seperti itu, tapi sebagian lagi senang mendapatkan perlakuan seperti itu dari kucing kesayangannya.

Kucing Siam juga adalah kucing pintar dan vocal. Dia akan menuntut apa yang mau mereka lakukan atau inginkan sampai kamu menurutinya. Mungkin, dengan pengajaran yang tepat kucing ini akan dapat menahan keinginannya untuk tidak selalu harus diikuti. Sifat baik yang dimiliki oleh mereka adalah mudah untuk dilatih.

Kalau kamu lelah dengan semua aktivitas dan ingin bermain, ajaklah mereka bermain. Akan ada sambutan hangat ketika kamu mengajaknya karena mereka sangat aktif dan memiliki energi yang besar. Permainan yang kucing ini suka adalah yang dapat permainan puzzle dan mainan memburu seperti tikus dan mereka akan menangkapnya. Selain itu, mereka juga senang jika terdapat pohon kucing di dalam rumah. Ketika merasa lelah, maka mereka senang untuk duduk di pangkuan atau hanya berbaring di dekat anda.

Kucing Siam adalah kucing yang mudah beradaptasi, baik dengan lingkungan, manusia ataupun hewan lain dan tidak menyukai kesendirian. Jadi, sebisa mungkin apabila akan bepergian jangan meninggalkan kucing ini sendirian. Lebih baik memiliki hewan peliharaan 1 lagi jika memungkinkan sehingga ada teman.

  • Ciri-Ciri Kucing Siam

Jenis Kucing Siam

Sekaran ini, terdapat 4 jenis klasifikasi dari kucing ini:

1. Applehead Siam karena memiliki bentuk kepala seperti apel, cukup bulat. Keadaan tubuh dari kucing ini juga besar dan gemuk. Akan tetapi, telah mengalami juga perkawinan silang dengan kucing ras british shorthair sehingga menghasilkan keturunan dengan wajah tetap bulat, badan lebih ramping dan lebih pendek.

2. Old-Style Siam, memiliki bentuk kepala yang lebih segitiga dan memanjang. Keadaan tubuh jenis ini tidak jauh berbeda dengan applehead

3. Classic Siam, nah jenis ini adalah bentuk kucing Siam asli dari negara asalnya, Thailand. Memiliki muka yang berbentuk segitiga. Badan seperti kucing domestik tidak terlalu bulat atau besar tetapi cukup tinggi dan atletis.

4. Modern Wedge Siam, memiliki bentuk wajah dan telingan yang sangat lancip, seperti segitiga terbalik. Ukuran wajah kecil sedangkan telinga besar. Memiliki bentuk tubuh yang panjang dan ramping.

Warna bulu dari kucing ini beragam dan tidak memiliki warna bulu yang sama dalam tubuhnya. Pada umumnya warna bulu di tubuh adalah krem pucat. Beberapa bagian warna gelap serta titik-titik hitam di daerah muka, telinga, ekor dan kaki.

Beberapa variasi titik-titik hitam di daerah muka, telinga, ekor dan kaki pada kucing Siam:

  • Seal point : terdapat bintik coklat tua
  • Chocolate point : terdapat bintik coklat muda, mirip seperti warna susu
  • Blue point : terdapat bintik abu atau biru
  • Lilac point : terdapat bintik dengan warna yang sangat pusat, biasanya abu muda

Perubahan warna mengikuti bertambahnya usia, dimana ketika semakin tua maka warna bulunya menjadi semakin gelap dan tajam.

Mata dari kucing ini memiliki warna mata yang indah, pada umumnya biru dan bulat.

kucin siam
  • Cara Merawat

Sifatnya yang pintar dan lincah untuk cocok juga untuk kamu yang memiliki energi besar seperti kucing ini. Mengapa? Karena kucing ini sangat suka mendapatkan perhatian. Jika kamu adalah orang yang sangat sibuk dan sulit ada waktu maka lebih baik memilih kucing ras lain.

Jika ada keinginan untuk memelihara kucing ini dengan cara adopsi, carilah peternak yang memiliki riwayat sakit si kucing. Kucing siam memiliki riwayat sakit yang tidak boleh luput dari perhatian. Maka untuk menjaga kucing Siam tetap sehat, lakukanlah perawatan dengan memeriksakan ke dokter hewan secara rutin. Penting juga untuk melakukan vaksin dan beberapa treatment lainnya seperti memberi obat cacing secara rutin.

Jagalah agar lingkungan tidur, bermain, makan dan litter box dalam keadaan selalu bersih. Jika diarasa perlu maka sesekali bisa dibersihkan menggunakan desinfektan. Menjaga kesehatan kucing meliputi badan, dan anggota tubuh lain juga jangan luput dari perhatian.  Beri juga makanan yang sehat untuk tumbuh kembang si kucing.

Penutup

Pelihara kucing Siam atau kucing jenis lainnya dan punya kenangan yang berkesan? Yuk share ceritamu ke email [email protected] atau DM IG @Jurnal_Kucing. Setiap cerita yang menarik akan diceritakan ulang dan dimasukkan ke dalam blog.

Menceritakan kembali peristiwa yang telah terjadi antara kamu dan si kucing dan menulisnya akan menjadi kenangan abadi.

Leave a Reply