MENGENAL DEKAT DENGAN KUCING SCOTTISH FOLD

MENGENAL DEKAT DENGAN KUCING SCOTTISH FOLD

Keunikan kucing memang bermacam-macam dan yang paling mudah dikenali adalah ciri fisiknya. Nama kucing Scottish Fold ini mungkin untuk sebagian pecinta kucing sudah tidak asing. Bagian tubuh yang sangat unik adalah telinganya yang terlipat dan berukuran kecil. Ditambah mukanya yang bulat menambah kelucuan dari kucing ini sehingga menjadi salah satu kucing ras yang banyak dipelihara. Baik yang sudah memiliki atau buat yang lagi bingung akan memelihara kucing jenis apa, ada baiknya kamu mengenal lebih dekat dengan kucing ini sebagai bahan pertimbangan!

Kucing Russian Blue

Kucing Scottish Fold sudah ada sejak tahun 1961 di sebuah daerah pertaniam yang terdapat di Tayside, Scotland, bagian Barat Laut Dundee. Kucing ini kemudian dikembangkan oleh William Ross dari seekor anak kucing yang berasal dari Induk bernama Susie dan memiliki telinga terlipat. Setelah dilakukan perkembangbiakan ternyata menghasilkan kucing dengan telinga lurus (normal) dan telinga terlipat. Kucing dengan telinga lurus disebut dengan Scottish Shorthair.

Bayi kucing Scottish Fold pada awalnya memiliki telinga normal namun setelah 3 hingga 4 minggu telinga dari kucing ini akan terlipat. Terjadinya hal ini disebabkan oleh mutasi genetik alami bukan perkawinan silang, dimana gen autosomal dominan (gen dominan yang tidak lengkap) dan menyalin gen ini ke bayi kucing. Adanya gen autosomal dominan yang tidak lengkap ini berpengaruh terhadap perkembangan tulang rawan dan tulang di seluruh tubuh kucing.

Terdapat etika dalam pembudidayaan kucing ini bahwa kucing Scootish Fold tidak boleh dikembang biakkan dengan kucing ras sejenis, baik Kucing Scottish Fold dengan telinga terlipat atau tidak. Boleh dilakukan jika dengan kucing ras lain, biasanya dengan British Shorthair dan American Shorthair.

Seperti kucing Munchkin, kucing Scottish Fold pada awalnya juga mengalami pertentangan!

Banyak dari dokter hewan menentang adanya kucing jenis ini yang dikarenakan kupingnya yang kecil dan terlipat. Hal ini dikhawatirkan akan menyebabkan infeksi kuping, menjadi tuli dikarenakan adanya masalah dengan tulang rawan.

Kemungkinan itu menjadikan kucing ini tidak diakui bagian dari kucing ras baru di negara asalnya, berdasarkan Governing Council of the Cat Fancy (GCCF), Inggris pada tahun 1971. Akan tetapi, kucing jenis ini tetap dibudidayakan di US dan negara lain. Hasilnya juga menunjukkan bahwa kucing ini tidak memiliki masalah seperti yang dikhawatirkan. Kucing Scottish Fold telah diakui pada AMERICAN Cat Fanciers Association (ACFA), Cat Fanciers Association (CFA) dan The International Cat association (TICA).

  • Sifat Kucing Scottish Fold

  • Tenang

Tidak hanya tampilannya yang menggemaskan, kucing Scottish Fold juga memiliki sifat yang membuat orang akan mudah untuk jatuh hati. Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah kucing ini memiliki suara mengeong yang kecil dan lembut sehingga membuat situasi tenang, tidak membuat keributan dan terkesan kalem. Jika mendengar suara seperti ini pasti sebagai pemilik akan sering luluh.

  • Ramah dan Mudah Beradaptasi

Kucing Scottish Fold juga sangat super ramah dan mudah beradaptasi terhadap lingkungan baru, baik terhadap manusia, hewan maupun tempat. Mereka tidak terganggu jika berada di satu tempat yang sama dengan anak-anak dengan segala kebisingan yang ditimbulkannya.

Bahkan saking mudah beradaptasi ini, kucing ini tidak panic atau stress jika berada di suatu tempat baru dan terdapat hewan lain di ruangan tersebut. Kucin ini tidak terlalu suka berada dalam kesendirian, maka dari itu disarankan untuk memiliki hewan peliharaan 1 lagi.

  • Aktif

Kucing ini sangat senang jika diberikan mainan yang akan menguji ketangkasannya.Kucing ini juga menyukai keiatan di luar ruangan karena mereka akan lebih bebas untuk berekspolorasi. Sifat aktif yang dimiliki kucing ini juga memungkinkan mereka untuk menemani kamu dalam setiap kegiatan.

Kucing Scottish Fold
  • Ciri-Ciri Fisik Kucing Scottish Fold

Telinga dan Bentuk Wajah – Memiliki telinga yang merupakan daya tarik dari kucing ras ini dengan telinganya yang terlipat ke depan dan bentuk wajah yang bulat. Kombinasi ini menghasilkan kucing ini terlihat seperti “burung hantu” dan “teddy bear”.

Mata – Memiliki mata yang besar, bulat dan lebar.

Tubuh dan Bulu – Memiliki tubuh dengan ukuran medium dan pada umumnya tubuhnya sedikit berisi sehingga terlihat bulat dilengkapi dengan bulu yang tebal dan pendek serta halus.

  • Kesehatan

Kucing Scottish Fold memiliki harapan hidup sekitar 15 tahun. Terdapat penyebutan atau istilah ketika kucing ini mendapatkan 2 salinan gen ini disebut dengan Homozigos dan pada umumnya mereka memiliki masalah kesehatan yang cukup bahaya, yaitu osteochondrodysplasia pada saat muda. Adapun kucing Scottish Fold yang hanya mendapat salinan 1 gen ini disebut heterozigos. Pada kucing ini juga akan memiliki kemungkinan terkena penyakit osteochondrodysplasia saat tua. Tapi, apasih osteochondrodysplasia itu?

Pernyakit sendi degeneratif atau osteochondrodysplasia yang dapat terjadi di ekor, sendi pergelangan kaki dan lutut. Penyakit ini menyebabkan rasa sakit dan membuat mereka sulit bergerak.

INFO PENTING!

Bagi kamu yang sudah memutuskan untuk mengadopsi kucing ini maka ada baiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu terhadap kucing. Beberapa hal fisik yang harus diamati adalah apakah ada atau tidak bagian tubuh yang kaku, seperti di bagian ekor dan sendi kaki. Amati juga gerakan kucing, apakah baik-baik saja atau ada masalah.

Kardiomiopati Hipertrofik yang merupakan penyakit jantung. Belum terbukti sebagai bentuk penyakit yang dapat diwariskan.

Polycystic Kidney Disease (PKD), merupakan suatu penyakit bawaah yang menyebabkan terdapatnya kista pada ginjal.

  • Cara Merawat

1.  Menyiapkan Semua Kebutuhan

Kebutuhan ini meliputi makanan dan minuman, tempat tinggal, litter box, alat buat mandi, dan alat pembersih lainnya untuk mempersihkan bagian kuping, mata hingga untuk memotong kuku dan membersihkan gigi.

Pada saat membersihkan telinga kucing Scottish Fold gunakanlah cotton ball yang dibasahi dengan air hangat dan hindari penggunaan cotton bud. Perlu diketahui saat membersihkan area mata harus dilakukan dengan lap yang berbeda untuk menghindari terjadinya infeksi.

2. Menyisir Bulu

Jika memiliki kucing Scottish Fold dengan bulu yang panjang maka harus dilakukan beberapa kali dalam semingu sedangkan jika bulunya pendek dapat dilakukan seminggu sekali. Tujuannya agar mengurangi bulu yang tidak terawatt dan menhindari hairball yang menyebabkan bulu kucing kusut.

3. Menyiapkan Lingkungan yang Menyenangkan

Kucing Scottish Fold sangat aktif dan mereka akan lebih suka jika berada di luar ruangan karena akan lebih bebas untuk bergerak. Tetapi, jika bermain di luar maka terkadang tidak terpantau oleh pemilik, dapat diserang oleh hewan lain dan menimbulkan penyakit. Maka dari itu, agar mereka betah di rumah buatlah buatlah keadaan senyaman mungkin, berilah permainan yang mereka suka dan pohon kucing sehingga mereka dapat scratching, memanjat dan membuat wilayah.

4. Melakukan Vaksin

Berikanlah vaksin untuk meningkatkan daya tahan tubuh kucing, seperti pemberian vaksin rabies, virus herpes tipe I, virus calici dan sebagainya. Diskusikan dengan dokter hewan mengenai vaksin apa yang terlebih dahulu harus diberikan.

Ada baiknya juga dilakukan control kesehatan sehatun sekali ke dokter hewan untuk pemeriksaan seluruh tubuh.

Penutup

Semoga artikelnya membantu ya memahami dan bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan ketika mau memelihara kucing jenis ini. Buat yang sudah memelihara kucing Scottish Fold sejak lama dan merasa sangat paham dengan hewan satu ini boleh banget memberikan info tambahan.

Leave a Reply