MENGENAL DEKAT DENGAN KUCING SAVANNAH

MENGENAL DEKAT DENGAN KUCING SAVANNAH

Pernah lihat kucing peliharaan yang memiliki motif seperti macan? Nah, kucing ini dinamakan kucing Savannah. Ya, seperti namanya yang diambil dari kata “savanna” yang memiliki arti padang rumput yang merupakan tempat asal mereka. Walaupun mereka terlihat seperti macan tapi bisa juga dijadikan sebagai peliharaan. Kucing Savannah termasuk salah satu kucing dengan harga mahal. Jika berminat atau hanya tertarik dengan kucing unik ini, yuk simak informasinya!

Kejadian ini bermula pada tahun 1986 seekor kucing domestik betina (ras Siamese) dan kucing serval jantan (kucing liar yang berasal dari Afrika). Ternyata kedua kucing itu melakukan perkawinan dan menghasilkan anak kucing yang memiliki ciri fisik seperti kucing serval, yang kemudian diberi nama Savannah olehnya.

Kemudian, Patrick Kelly dengan Joyce Sroufe mengembangkan jenis kucing Savannah yang didapatkannya oleh seorang peternak. Kucing Savannah ini ternyata memiliki campuran kucing serval, Bengal, Cougar dan Canadian Lynx. Ternyata kucing jenis ini banyak sekali peminatnya maka mereka mulai lebih serius untuk mengembangbiakkannya.

Kucing Savannah telah mengalami beberapa kali proses perkawinan silang untuk mengurangi sifat bawaan kucing serval, yang ditakutkan terlalu sangat liar sebagai hewan peliharaan. Supaya mempermudah maka setiap anakan yang dikawinkan dengan kucing serval disebut generasi F (Fillial). Generasi kucing Savannah F4 dan F5 adalah yang paling sedikit memiliki sifat bawaan kucing serval, yaitu kurang dari 10%.

Patrick Kelley, Karen Sausman dan Joyce Scroufe melakukan usaha untuk mendaftarkan jenis kucing ini agar diakui keberadaannya. Kucing Savannah diterima sebagai kucing dengan ras baru pada tahun 2001 oleh The International Cat Association (TICA). Setelahnya, kucing ini diikutkan kontes pameran yang diadakan oleh TICA dan meraih penghargaan pada tahun 2012.

Sekarang ini, dikarenakan sudah banyak peternak yang mengembangbiakkan maka kucing ini sudah banyak tersebar di Amerika dan Eropa dengan lebih dari 60 peternak di seluruh dunia.

  • Sifat Kucing Savannah

Kucing Savannah memang memiliki keturunan dari kucing serval maka sudah jelas bahwa sifat utama mereka adalah sangat aktif, pintar dan energik. Mereka sangat menikmati setiap kegiatan yang membutuhkan pergerakan tubuh dan stimulasi. Salah satu permainan yang disukai oleh kucing Savannah adalah lempar-tangkap dan yang melatih sifat memburu mereka.

Kucing ini juga suka diajak jalan dengan tali pengikat binatang. Mereka senang juga untuk mempelajari hal baru di sekitarnya seperti membuka dan menutup pintu, jendela dan sebagainya. Bahkan ketika mereka merasa bosan maka mereka akan mencari segala cara untuk tetap beraktivitas, baik dengan manusia ataupun dengan sesame kucing hingga merasa lelah. Sifat ini menunjukkan juga bahwa kucing Savannah memiliki sifat yang ramah.

Bahkan, saking aktif dan dengan tubuhnya yang besar ini mereka mudah untuk melakukan lompatan-lompatan tinggi ataupun memanjat. Kedua sifat ini harus mendapatkan pengawasan karena takut dapat merusak barang di sekeliling. Mereka juga kurang cocok sebagai hewan peliharan jika terdapat anak kecil di anggota keluarga tersebut.

Kucing Savannah

Apakah meraka galak seperti hewan liar yang sering kita liat?

Tidak, mereka juga seperti kucing domestik pada umumnya yang jinak. Meskipun ada gen dari kucing serval tapi kucing Savannah ini telah mengalami perkembangbiakkan sehingga gen yang kucing liar yang terdapat pada tubuh kucing ini rendah.

Selain itu, kucing ini juga memiliki sifat yang penurut dan setia terhadap pemiliknya. Sifat kesetiaan ini dapat kamu ketahui dengan cara mereka menunjukkan kasih sayang, seperti menyambut pemilik ketika pulang di depan pintu. Bahkan memungkinkan juga mereka akan mengikuti kemanapun kamu pergi.

Salah satu sifat unik yang dapat membedakan kucing Savannah dengan yang lainnya adalah suka terhadap air. Iya, jika pada umumnya kucing domestik lain akan mengeluarkan suara ngeong yang menunjukkan tanda ketidaksukaan mereka, kucing ini akan sangat senang sekali ketika diajak membersihkan diri.

Memelihara kucing ini selain senang dapat memiliki hewan unik dengan harga yang fantastis kamu juga akan mendapat banyak manfaat dari memelihara kucing.

  • Ciri-Ciri Fisik Kucing Savannah

Tubuh – Tubuhnya yang cukup besar dibankan kucing pada umumnya dan jua motifnya membuatnya terlihat seperti macan. Kucing ini terlihat besar karena didukung dengan kaki mereka yang panjang. Ukuran tubuh kucing ini juga cukup besar, yaitu berkisar antara 7-13 kg.

Bulu –  Memiliki bulu yang pendek, indah dan lembut. Warna bulu dari kucing ini juga cukup beragam, mulai dari hitam tutul, cokelat, kuning dan perak dengan motif tutul. Motif inillah yang sangat menjadi ciri khas dari kucing Savannah, yaitu bentuk bintik-bintik hitam.

Bentuk Wajah – Memiliki bentuk kepala seperti segitiga terbalik yang cukup kecil untuk ukuran badan mereka yang tinggi dan dagu yang kecil.

Gigi – Memiliki gigi taring panjang yang didapatkannya dari nenek moyang dan membantu mereka menjadi kucing yang sangat pandai berburu.

Telinga – Ukuran kuping kucing ini sangat besar dan panjang seperti kucing serval yang berasal dari Afrika.

Mata – Memiliki ukuran mata yang sedang dan berbentuk

Kucing Savannah
  • Kesehatan

Kucing Savannah memiliki kesehatan yang cukup baik, tetapi tidak menutup kemungkinan jika kita sebagai pemilik tidak menjaga dan merawatnya dengan baik. Beberapa masalah kesehatan yang dapat menyerang kucing ini, diantaranta:

Hipertrofik Kardiomiopati yang merupakan masalah dengan jantung. Kucing Savannah lebih rentan terkena penyakit ini dibandingkan kucing domestik lainnya. Kondisi ini membuat penebalan ventrikel kiri jantung sehingga menyebabkan gagal jantung.

Obesitas, dimana berat badan mereka di atsas rata-rata yang seharusnya. Kucing Savannah ini memiliki sifat yang aktif sekali, ditakutkan karena terlalu aktifnya mereka maka lebih banyak energi yang keluar dan membuat kucing ini selalu mengalami rasa lapar.

Sebagai pemilik yang menyayangi hewan peliharannya maka terkadang kita suka merasa kasihan dan selalu memberi makan mereka. Tetaplah pada waktu jam makan dan takaran makan mereka seperti biasa.

  • Cara Merawat

Membersihkan Tubuh dan Lingkungan

Dikarenakan bulu kucing Savannah pendek maka tidak membutuhkan perawatan yang terlalu ribet yaitu dengan menyikatnya sebanyak seminggu sekali. Jangan lupa, bersihkan juga gigi, mata, hidung dan kuku mereka setiap minggunya. Jika dirasa pada kuping mereka mengeluarkan bau yang tidak sedap, kotor dan memerah maka kemungkinan mereka terkena infeksi. Bersihkanlah menggunakan cotton ball yang dibasuh dengan cairan atas rekomendasi dokter hewan.

Kucing Savannah ini sangat aktif, bahkan saking aktifnya untuk menyalurkan energi besar yang mereka miliki maka harus dilakukan di luar rumah. Pada saat kembali ke rumah maka ada kemungkinan rumah kotor dan segala aktifitas yang mereka lakukan di dalam rumah setiap harinya juga dapat menyebabkan kotor. Maka dari itu, selalu jagalah kebersihan tempat tinggal, bukan hanya untuk hewan peliharaan tetapi juga untuk kesehatan pemilik.

Memberikan Asupan Nutrisi

Terdapat beberapa saran untuk konsumsi makanan hewan unik satu ini, beberapa saran itu adalah:

  1. Kombinasi makanan ringan dan basah yang komersial atau daging yang telah dimasak.
  2. Asupan supplement taurin.
  3. Jika akan memberikan makanan kering maka harus yang bebas biji dan jagung. Pilihlah makanan yang mengandung bahan utama daging, ikan dan ayam karena kucing Savannah memiliki darah kucing serval yang membutuhkan protein diet utuh. Selain itu, hindari juga pemakaian zat pewarna, flavor dan bahan pengawet.

Menyediakan Peralatan Bermain

Seperti yang sudah dibahas berulang kali bahwa kucing ini sangatlah aktif. Maka perlu adanya peralatan untuk memenuhi tingkah aktif mereka seperti adanya pohon kucing dan permainan puzzle.

Menghindari Tanaman Berbahaya

Beberapa tanaman memang ada yang berbahaya untuk kucing. Maka dari itu, kita harus mengetahui beberapa yang tidak boleh ditanam seperti lili, oleander, azaleas dan afrika violet. Jika ingin tetap menanam tanaman maka kamu dapat menggantinya dengan beberapa tanaman seperti palem, bamboo, anggrek, pakis kancin, dan kaktus

Penutup

Kucing Savannah ini adalah salah satu kucing termahal dengan harga ratusan juta dikarenakan dalam perkembangbiakan mereka membutuhkan waktu yang lama dan dengan biaya yang tidak sedikit.

Ketika ingin memelihara kucing ini maka pastikan memilih dari peternak ataupun pada saat adopsi, mereka memiliki riwayat kesehatan dari kucing ini. Ada baiknya juga untuk memelihara mereka sedari kecil agar lebih terikat hubungan dan beberapa sifat dapat diibentuk oleh pemiliknya.

Jika ada ide seru untuk pembasahan apalagi di Jurnal Kucing selanjutnya bisa tulis di kolom komen ya.

Mau bercerita juga tentang pertemuan atau perpisahan dengan kucing peliharaan dan dipublikasi di Jurnal Kucing? Yuk kirim cerita kucing kesayanganmu ke email: [email protected]!

Leave a Reply