MENGENAL DEKAT DENGAN KUCING RUSSIAN BLUE

MENGENAL DEKAT DENGAN KUCING RUSSIAN BLUE

Kucing Russian Blue

Pernah dengar jenis kucing Russian Blue? Warna bulu kucing ini mirip dengan kucing British Shorthair. Seperti namamya, kucing jenis ini berasal dari Rusia dengan bulu berwarna biru dan termasuk jenis kucing yang langka. Ketika kita sudah memilih kucing ini sepenuh hati maka mereka akan membalasnya dengan kesetiaan hingga akhir hayatnya. Buat mengenal lebih dekat dengan kucing ini, yuk kenali sejarah, sifat hingga bagaimana cara merawat yang baik agar mereka senang dan bahagia.

Mengenai asal usul Kucing Rusian Blue, terdapat beberapa cerita. Berdasarkan CFA (Perhimpunan Penyayang Kucing) kucing ini berasal dari Archangel Isles, Rusia Utara. Kemudian, terjadi migrasi dari Rusia Utara ke Rusia bagian Barat Laut pada tahun 1860 dan ditemukan oleh para pelaut. Disana merupakan wilayah yang memiliki musim dingin yang panjang sehingga Kucing Rusian Blue beradaptasi menciptakan bulu yang tebal dan terlihat mewah.

Kucing ini juga sempat hampir punah saat perang dunia II namun kembali dikembang biakkan oleh berbagai negara. Pada tahun 1900 dikirim ke Amerika Serikat dan disanalah dihasilkan kombinasi yang dirasa paling sempurna, yaitu Kucing Russian Blue dengan bulu biru dan mata berwarna hijau. Sekitar tahun 1960, Kucing Rusian Blue baru dikenal dan banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan.

  • Sifat

Mengetahui sifat kucing terlebih dahulu merupakan hal penting dan krusial sebelum kita memutuskan untuk memeliharanya. Apabila hanya berpaku pada penampilan, dapat mengakibatkan kita repot dalam memeliharanya atau kucing sedih karena karakternya tidak dimengerti oleh pemiliknya.

Pertama yang ingin aku beritahu adalah kucing Rusian Blue memiliki Hypo-Allergenic. Apa itu?

Kucing Russian Blue memiliki zat anti alergi sehingga orang yang alergi terhadap kucingpun dapat memeliharanya. Jadi, pada kucing ini menghasilkan lebih rendah kadar glikoprotein Fel d1 yang merupakan zat anti alergi dan lebih rendah dibanding kucing ras lainnya. Tapi, meskipun begitu jika ada salah satu anggota keluarga yang alergi terhadap kucing maka lebih baik sebelum mengadopsi diajak biar dapat diketahui bagaimana responnya terhadap kucing tersebut.

Kucing ini memiliki sifat pemalu ketika baru pertama kali mengenali pemiliknya, tetapi ketika mereka sudah nyaman maka kucing ini akan berubah menjadi kucing yang ramah dan senang bermain. Jika ada orang asing, mereka cenderung untuk bersembunyi.

Kucing Russian Blue memiliki emosi yang baik/ tidak agresif dan setia seperti layaknya seekor anjing. Selain itu, kucing ini sangat pintar sehingga mereka membutuhkan permainan untuk melatih fisik mereka. Selain itu, carilah permainan seperti tongkat bulu kucing yang dapat menstimulasi karena mereka memiliki instring pemburuan yang kuat. Permain lain yang disukai oleh mereka adalah permainan lempar tangkap.

Kucing ini juga tidak harus mendapatkan perhatian ekstra tetapi sempatkanlah waktu untuk memanjakan mereka ya!

  • Ciri-Ciri Fisik Kucing Russian Blue

Tubuh – Memiliki tubuh yang panjang, ramping dengan berat rata-rata 5.44kg. Terlihat dari luar memang tubuh kucing ini besar tapi hal ini dikarenakan bulu yang dimiliki sangat tebal. Kucing Russian Blue memiliki tulang yang bagus dan otot yang solid sehingga sebagian menyebut kucing ini dengan nama Kucing Doberman Pinscher karena tubuh yang terlihat gagah seperti anjing Doberman.

Dengan proporsi tubuh mereka maka mereka sangat lincah dan sangat atletis dengan kemampuannya melompat yang tinggi. Kucing Russian Blue memiliki kemiripan tubuh dengan kucing Persia.

Bentuk wajah – Kucing ini memiliki wajah lancip seperti segitiga terbalik.

Mata – Berwarna biru ketika masih kecil, tetapi akan berubah warna menjadi hijau terang ketika mereka bertambah usia.

Bulu – Hal yang menjadi pembeda antara kucing Russian Blue dengan Kucing British Blue adalah warna bulunya yang dapat berwarna biru, silver atau bahkan abu-abu. Terlihat adanya perbedaan warna (kamuflase) itu dikarenakan warna bulu dari kucing ini bercampur dengan warna gelap di tempat yang kekurangan cahaya

Kucing Russian Blue
  • Cara Merawat
  1. Membersihkan Lingkungan dam Tubuh Kucing

Tidak peduli hewan apa yang akan kamu pelihara tetapi kebersihan haruslah dijaga. Sesekali baik jika kamu membersihkan lantai rumah dan litter box menggunakan desinfektan. Selain itu, peralatan makan juga jangan luput dari kebersihan ya jika dirasa sudah kotor. Ganti juga air minum kucing sehari sekali.

Kucing Russian Blue memang memiliki bulu yang lembut sehingga jika makanan yang diberikan cocok, perawatan bulu tidaklah rumit. Ketika menyisir kucing ini tidak harus dilakukan setiap hari yang bertujuan untuk menghilangkan bulu yang mati.

Kucing ini juga tidak harus melakukan perawatan grooming yang intense. Mereka merupakan tipe kucing yang menyukai kebersihan dengan menjilati tubuhnya secara rutin dan memiliki bulu yang tidak mudah kusut. Maka dari itu, apabila memelihara kucing ini maka tidak perlu dimandikan terlalu sering.

Jangan lupa untuk membersihkan telinga, mata dan gigi kucing. Ketika dirasa kukunya Jika sudah panjang jangan lupa untuk memotongnya.

  1. Siapkan kebutuhan Makan dan Minum

Selain kebutuhan makan dan minum, kucing ini menyukai aktivitas berjemur sehingga ada baiknya mereka berada di dalam rumah yang mendapat akses cahaya matahari. Jika kamu tidak suka jika kucing berada di luar rumah, tempatkanlah kucing di dekat jendela mungkin sehingga mereka mendapatkan cahaya sinar matahari.

Jika membahas mengenai makanan, kucing ini sangat suka makan dan mereka akan lebih rewel sehingga kamu mungkin akan luluh. Hal ini harus bisa kamu kendalikan karena jika tidak maka dapat menyebabkan obesitas dan diabetes yang dapat membahayakan untuk si kucing jika terus menerus dibiarkan. Buatlah jadwal makan dengan komposisi yang tepat dari makanan kucing tersebut. Pilihlah makanan terbaik untuk kucing Russian Blue yang mengandung bebas gandum dan protein tinggi, seperti Royal Canin.

  1. Sediakan Permainan

Jangan lupa untuk menyiapkan permainan untuk mereka yang dapat mereka mainkan sendiri atau bermain bersama kamu, sang pemiliknya. Berikanlah juga pohon kucing agar dia dapat mencakar dan menandai wilayahnya disitu atau membeli cat starching guard untuk melindungi barangmu.

  1. Berikanlah Vaksin dan Sterilisasi

Ketika akan mengadopsi tanyakanlah terlebih dahulu ke breeder apakah kucing sudah dilakukan vaksin dan sterilisasi sebelumnya atau tidak. Jika belum, maka kunjungi dokter hewan terdekat sehingga dapat segera mungkin dilakukan sebagai langkah pencegahan dan membuat daya tahan tubuh mereka lebih kuat.

Penutup

Setelah mengenal lebih dekat dengan kucing Russian Blue melalui artikel singak ini, apa yang berkesan untuk kamu dari kucing ini? Apakah kamu tertarik untuk memeliharanya?

Jika ada diantara kamu yang sudah memelihara kucing jenis ini, coba ceritakan pengalaman apa yang paling menyenangkan dan bisa juga memberikan informasi tambahan di kolom komentar ya.

Mau bercerita juga tentang pertemuan atau perpisahan dengan kucing kamu dan dipublikasi di Jurnal Kucing? Yuk kirim cerita kucing kesayanganmu ke email: [email protected]!

Leave a Reply