MENGENAL DEKAT DENGAN KUCING MUNCHKIN

MENGENAL DEKAT DENGAN KUCING MUNCHKIN

Kucing Munchkin

Kucing Munchkin merupakan salah satu jenis kucing ras baru dengan ciri khas memiliki kaki pendek sehingga terlihat seperti kucing kecil. Keunikan tubuhnya, membuat kucing Munchkin mendapatkan penghargaan oleh TICA pada tahun 2003. Jika ada diantara kamu yang menyukai kucing kecil maka mungkin kamu akan suka dengan kucing Munchkin ini. Tapi ternyata awal kemunculan kucing ini menimbulkan kontroversi bagi sebagian kalangan. Meskipun begitu, ada pecinta kucing yang tetap memeliharanya dengan menjaga dan perawatan yang baik sehingga kucing kecil ini hidup lebih lama.

Untuk mencari tahu, yuk simak artikelnya!

Seperti yang sudah diberitahukan sebelumnya bahwa kucing Munchkin termasuk ras baru, usianya baru beberapa dekade. Jika dibandingkan dengan kucing Persia atau bahkan kucing Sphynx, usia nya sangat jauh sekali. Sejarah penemuan kucing kecil ini juga diberitakan terjadi di beberapa negara.

Informasi sejarah pertama mengenai kucing ini adalah mereka sudah adasekitar tahun 1930-1940 sebelum perang dunia ke 2. Akan tetapi, sedih karena mereka harus punya di tahun tersebut karena perang yang terjadi.

Namun, kemudian pada tahun 1983, kucing kecil jenis ini ditemukan oleh Sandra Hocnedel di Louisiana yang diberi nama Blackberry. Saat bertumbuh dewasa baru disadari ternyata kucing ini memiliki bentuk tubuh yang tidak biasa, yaitu kakinya sangat kecil dan berbeda ukuran bagian depan dan belakang. Kaki bagian belakang lebih tinggi dibanding bagian depan.

Baca Juga: Kucing Balinese, Apakah Kucing Asli Dari Indonesia?

Pada awalnya, kemunculan kucing Munchkin mendapat penolakan dari beberapa pecinta kucing!

Bentuk tubuh dengan kaki yang sangat pendek inilah yang menjadi perdebatan. Beberapa tidak menyetujui adanya kucing Munchkin karena dianggap akan mengganggu kesehatan pada tulang belakang dan membuatnya menderita. Pada akhirnya tahun 1995 diakui keberadaannya oleh TICA (The International Cat Assosiation).

  • Sifat Kucing Munchkin

Kucing Munchkin atau kucing kecil memiliki energi yang sangat besar sehingga membuat mereka menjadi aktif. Meskipun tubuh mereka kecil tapi mereka bisa juga melompat loh, tidak seperti kucing British Shorthair. Kucing ini juga sangat lincah, mereka senang memburu dan menangkap seperti tikus atau mainan lainnya yang mengandalkan 2 hal itu.

Namun, meskipun terlihat sangat aktif dan lincah bukan berarti kucing ini tipe yang sangat menguasai wilayah dan kurang bisa beradaptasi ya. Tidak seperti kebanyakan kucing yang merasa terganggu jika ada hewan atau manusia yang belum dikenal yang berujung mengakibatkan stress kucing, Kucing Munchkin ini sangat ramah bahkan mereka tidak segan untuk berbagi tempat dan bermain dengan hewan sejenis atau berbeda jenis, seperti anjing.

Kedua sifat yang telah disebutkan itulah menjadikan kucing kecil ini selalu mendapatkan tempat di hati pecinta kucing. Oh bahkan kucing ini aman juga untuk anak-anak!

Kucing Munchkin
  • Ciri-Ciri Fisik Kucing Munchkin

Sudah tentu kamu mengetahui bahwa kucing Munchkin memiliki kaki yang sangat pendek bahkan tidak sama panjang antara kaki depan dan belakang. Dikarenakan kakinya yang pendek maka cara mereka duduk terlihat seperti kelinci. Kucing ini memiliki tubuh yang panjang, bahkan bisa terlihat seperti sosis. Kucing kecil ini memiliki ukuran tubuh kecil hingga medium dengan berat badan rata-rata sekitar 1.5 hingga 3.5 kg.

Memiliki wajah yang bulat, leher yang tebal dan memiliki 2 jenis bulu yaitu bulu panjang dan pendek. Sama seperti kucing lainnya, Kucing ini juga memiliki beberapa variasi warna dan corak motif bulu serta warna dari bola mata.

Mungkin ciri-ciri fisik kucing Munchkin tidak bisa sedatail kucing lain yang dapat digambarkan dari kuping hingga ke kaki. Hal ini dikarenakan kucing ini hanya dapat dikawinkan dengan kucing jenis lain sehingga menghasilkan variasi yang banyak juga.

  • Kesehatan

Adanya keunikan pada tubuh bukan karena sengaja dilakukan perkawinan silang lalu tidak berhasil. Akan tetapi murni terjadi karena mutasi genetik alami dengan gen autosomal dominan (diwarisi oleh salah satu atau kedua induknya). Jadi ketika kucing lokal A dan kucing lokal B dibiakkan ternyata kucing A memiliki kelainan ukuran kaki, lalu mengalami gen autosomal dominan maka lahirlah kucing Munchkin ini.

Apakah saat kedua kucing lokal itu dibiakkan tidak ada harapan menghasilkan kucing normal?

Bisa. Harapan hidup normal dan mengalami keunikan itu 50:50. Kucing Munchkin tidak disarankan jika dibiakkan dengan sesama jenis karena keduanya membawa gen autosomal dominan dan menyebabkan kematian pada calon bayi kucing. Kucing hanya bisa mendapatkan 1 jenis salinan dari kedua indukny dan akan menurunkan gen tersebut ke keturunan selanjutnya. Maka dari itu kucing ini lebih baik dibiakkan dengan kucing lokal.

Apakah mereka rentan terhadap penyakit?

Beberapa mengatakan mereka rawan terkena penyakit tulang belakang tapi ternyata setelah dilakukan penelitian oleh Dr. Solveig Pflueger selama 7 tahun, tidak ada gangguan tersebut yang menyebabkan cacat atau kematian.

Hanya saja, meskipun begitu seperti kucing lainnya maka kucing Munchkin juga dapat sakit.

. Beberapa diantaranya terkena sakit antara lain, Hipertiroidisme yaitu ketidakseimbangan hormone, pankreatitis (radang pancreas), uremia (kelainan ginjal), penyakit saluran kemih atau Lymphosarcoma yang merupakan sakit kanker umum yang menyerang kucing bahkan anjing.

  • Cara Merawat

Meskipun belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa kucing ini dapat mengalami masalah dengan tulang belakang seperti anjing, tapi jika tidak dirawat dengan baik dan dalam lingkungan bersih maka kucing juga akan terkena sakit. Jika dirawat dengan baik dan sepenuh hati, kucing ini dapat bertahan hidup 12 hingga 15 tahun lamanya!

Berikut adalah beberapa cara memelihara kucing Munchkin

  1. Menyiapkan Semua Kebutuhan

Kebutuhan ini meliputi makanan dan minuman, tempat tinggal, litter box, alat buat mandi, dan alat pembersih lainnya untuk mempersihkan bagian kuping, mata hingga untuk memotong kuku dan memberihkan gigi. Pastikan semua dalam keadaan bersih. Kebersihan yang dijaga ini akan menghindari adanya kutu atau tungau yang dapat mengganggu kenyamanan si kucing.

2. Memeriksa Kesehatan

Apapun informasi yang mengatakan kalau hewan memiliki daya tahan tubuh yang sangat bagus, tapi tidak ada salahnya jika kita tetap memberikan perhatian yang optimalkan. Berikanlah vaksin, pengendali parasite dan lakukan pemeriksaan kesehatan hewan tahunan.

3. Menjaga Agar Tetap di Rumah

Untuk menghindari kucing Munckin diburu oleh hewan lain karena badannya yang kecil. Selain itu, keadaan lingkunan luar yang tidak diketahui kebersihannya dan banyaknya hewan lain maka meningkatkan terjadinya penularan penyakit.

Penutup                                                                              

Kucing Munchkin memiliki keunikan pada tubuhnya yang mungil dibangkan dengan jenis kucing lainnya. Buat yang suka dengan kucing kecil, ini bisa jadi salah satu pilihan jenis kucing yang harus dipertimbangkan.

Selain keunikan tubuhnya, terdapat salah satu info yang menyebutkan bahwa kucing Munchkin suka mengambil barang yang mengkilap atau kecil dan menyembunyikannya. Apakah itu benar terjadi?

Buat yang punya hewan ini di rumahnya, yuk cerita dan diskusi di kolom komentar ya.

Mau bercerita juga tentang pertemuan atau perpisahan dengan kucing peliharaan dan dipublikasi di Jurnal Kucing? Yuk kirim cerita kucing kesayanganmu ke email: [email protected]!

Leave a Reply