KUCING MAKAN ANAK: APA ALASAN DAN BAGAIMANA CARA MENANGANINYA?
cacingan pada kucing

KUCING MAKAN ANAK: APA ALASAN DAN BAGAIMANA CARA MENANGANINYA?

Cara asuh setiap orang tua itu berbeda, apalagi dengan hewan. Mereka akan mengandalkan lebih banyak naluri dibandingkan akal sehat. Induk kucing mampu makan anaknya yang baru lahir dengan jumlah yang tidak bisa diduga, 1 atau bahkan lebih anak kucing. Kaget dan heran? Iya aku pun dulu juga begitu, bingung apa yang mereka pikirkan. Bahkan, sebenarnya tidak ada penjelasan ilmiah yang dapat membuktikan mengapa kucing makan anaknya.

Tapi, balik lagi namanya hewan, memang mereka tidak diberikan akal sebanyak manusia. Untuk memahami apa alasan induk kucing makan anaknya, artikel ini bisa menjadi referensinya.

1. Kucing Makan Anak karena Stres

Kamu yang sudah mengerti bagaimana ciri-ciri kucing akan melahirkan, pasti memiliki penanganan yang cukup baik dibandingkan yang tidak mengetahu informasi ini. Sudah menjadi hal yang mutlak dilakukan bahwa kucing butuh kenyamanan dan keamanan tempat. Kucing stress dapat disebabkan oleh beberapa hal, terlalu ramai, baik banyaknya orang atau hewan lain disekeliling.

Kucing butuh ketenangan, ketika keadaan demikian ramai maka dapat membuat mereka panik lalu merasa terancam. Akibatnya mereka dapat stress dan melakukan hal ekstrim, seperti kucing makan anak. Tindakan normal sang induk ketika mengalami situasi ini biasanya akan memindahkan anaknya (menggigit tengkuknya) untuk dipindahkan ke tempat lain.

2. Terlahir Cacat atau Mati

Semua orang tua akan merasa sanagt bersedih jika anak yang dilahirkan tidak dalam kondisi sempurna dan sehat atau bisa dibilang cacat. Induk akan merasa stress sehingga menyebabkan perlakuan ekstrim, seperti kucing makan anaknya. Hal ini dianggap sebagai suatu solusi sehingga anak kucing tidak menderita. Selain itu, apabila ada anak kucing cacat juga membuat sang induk akan merasa sangat kerepotan karena biasanya kucing lahiran dengan anak lebih dari.

Ketika anak terlahir juga dan dalam keadaan tidak bernyawa maka kucing anak makan anak tersebut. Biasanya terjadi pada kucing liar yang tidak memiliki pemilik. Induk kucing melakukan ini untuk menjaga anaknya yang lain tidak tertular penyakit atau virus. Tetapi, apabila kamu menemukan kejadian seperti ini maka lebih baik dikuburkan saja anak kucing yang tidak bernyawa tersebut.

3. Kucing Makan Anak karena Tidak Siap

Kesiapan mental menjadi seorang ibu itu memang harus sudah disiapkan lebih awal, bukan hanya untuk manusia tapi kucingpun iya. Biasanya hal ini terjadi karena kucing hamil terlalu muda. Kucing sudah dapat hamil pada usia 6 bulan. Naluri keibuan kucing yang tidak ada akan menimbulkan reaksi acuh, seperti tidak mau meminumkan anaknya dan yang ekstrim kucing makan anaknya.

Bahkan, bahayanya jika kucing sudah hamil dalam usia yang muda bukan hanya mentalnya yang tidak siap tapi juga fisiknya. Dikarenakan fisik yang tidak siap ini juga dapat mengakibatkan anak yang terlahir tidak selamat atau terjadi keguguran pada induk.

4. Sudah Terlalu Tua

Ketika kucing sudah terlalu tua untuk hamil dikarenakan sudah memiliki hormon yang tidak seimbang. Adanya ketidakseimbangan ini membuat ikatan antara ibu dan anak berkurang. Apa akibatnya? Sama seperti ketika sang kucing tidak siap, antara tidak akan mengurusnya atau perilaku ekstrim kucing makan anaknya.

5. Anak kucing Bau Tangan Manusia

Pada masa usia menyusui ke sang induk, alangkah lebih baik kamu tidak selalu memainkan anak kucing. Ya, walaupun pada masa ini adalah masa anak kucing yang lagi sangat lucu-lucunya. Apabila sering dipegang oleh manusia, mengakibatkan berubahnya bau anak kucing. Induk kucing menjadi tidak bisa mengenalinya sehingga menjadi acuh atau bahkan kucing makan anaknya.

6. Kucing Makan Anak karena Lapar dan Malnutrisi

Hal ini bisa terjadi pada kucing liar karena ketika kucing memiliki pemilik, maka asupan makan dan nutrisi untuk induk kucing semua tercukupi karena kamu sudah tau bagaimana penanganan sebelum dan sesudah kucing melahirkan. Ketika induk kucing melahirkan maka banyak energi yang akan terbuang sehingga akan merasa lapar. Oleh sebab itu, untuk mengembalikan tenaga dan nutrisi serta mempertahankan dirinya maka induk akan memakan anaknya. Apabila mereka kekuranan nutrisi maka akan berdampak juga ke jumlah susu yang diproduksi untuk anaknya.

Apakah perilaku yang berdasarkan naluri ini bisa dihentikan? Tidak, ini alamiah. Tapi, jika kamu merupakan tuan dari kucing yang telah melahirkan dan kucing mengalami beberapa hal seperti di atas ada beberapa tindakan pencegahan:

kucing makan anak
  • Beberapa Tindakan Mencegah Kucing Makan Anaknya

  1. Apabila menemukan keadaan anak kucing yang sakit atau cacat ketika lahir maka pisahkanlah dari sang induk. Selain untuk mencegah induk kucing makan anak, tujuan lainnya agar anak kucing lain tidak tertular virus dan penyakit lainnya.
  2. Setelah kucing melahirkan maka siapkanlah makan dan minum yang mudah digapai oleh sang induk. Tindakan ini untuk mengembalikan energi sang induk yang hilang setelah melahirkan. Oh iya, siapkan juga litter box untuk memudahkan sang induk.
  3. Apabila kamu melihat induk kucing belum siap atau stress yang dapat diketahui dari tingkah induk yang bingung dan tidak mau meminumkan anak, maka coba berikan kandang atau tempat yang nyaman dan aman. Jika cara ini tidak berhasil, maka pisahkanlah anak kucing dan berikan tempat yang hangat. Berikan susu komersil khusus anak kucing sebagai ganti ASI dari induk
  4. Usia kucing juga jangan luput dari perhatian kamu sebagai pemilik ya. Lebih baik untuk mensterilisasi kucing yang sudah cukup tua karena ini untuk kesehatan dan menghindari perilaku ekstrim yang mungkin timbul, yaitu kucing makan anak.
  5. Tetap memantau dari jauh keadaan sang induk dan anak kucing ya.
  • Info Tambahan!

Apakah Kucing Jantan dan Bapaknya dapat Memakan Anak Kucing?

Kasus ini sangat jarang sekali terjadi, tetapi ada kemungkinan. Kucing jantan tidak melihat anak kucing sebagai anaknya, melainkan sebagai mangsa karena mereka tidak memiliki naluri ibu. Ini adalah salah satu alasan yang membuat kucing makan anak.  Adanya perilaku yang ditunjukkan dengan memakan anak ini untuk menunjukkan sifat dominasi, mengendalikan ukuran kelompoknya.

Penutup

Induk kucing memiliki naluri yang terkadang untuk manusia ini sangatlah diluar nalar. Tapi, ketahuilah terkadang induk kucing makan anaknya dengan maksud untuk melindungi anaknya yang lain ataupun untuk dirinya dapat bertahan hidup. Jikapun bukan itu tujuannya, kamu bisa melihat situasinya jika kamu memelihara kucing. Lakukanlah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kucing makan anaknya.

Ada yang punya cerita seperti ini dengan kucing betinanya? Kalau iya, apa yang kalian lakukan saat itu? Atau ternyata sang induk sudah memakan anaknya tanpa sepengatuhuan kalian? Bisa berbagi cerita di kolom komentar ya.

Buat masukan ide untuk pembahasan kucin di Jurnal Kucing atau punya cerita menarik dengan kucing yuk kirim ceritanya ke email [email protected] atau DM IG @Jurnal_Kucing

Leave a Reply