MENGENAL LEBIH DEKAT DENGAN KUCING MAINE COON

MENGENAL LEBIH DEKAT DENGAN KUCING MAINE COON

Salah satu kucing besar lainnya selain kucing Ragdoll adalah kucing maine coon. Bahkan, bisa dibilang kucing ini lebih besar dibanding kucing Ragdoll. Buat sebagian orang hal ini akan cukup tidak biasa karena kucing yang banyak beredar biasanya berbadan kecil-medium. Tapi, tidak ada salahnya untuk mencoba mengenal lebih dekat dengan kucing maine coon. Maka dari itu, artikel ini akan membahas kucing ini dari sejarah hingga cara perawatan. Jika mengenal lebih, mungkin kamu akan menyukai kucing ini atau bahkan akan menjadikan salah satu pertimbangan sebagai kucing peliharaan.

Tidak hanya postur tubuhnya yang unik dan bikin beberapa orang akan terheran, tapi asal usul dari kucing inipun begitu. Ada beberapa cerita, baik mitos maupun legenda mengenai kemunculan kucing ini.

Cerita pertama. Berawal dari kucing ras Norwegian Forest yang dibawa oleh Viking (suku bangsa Skandinavia) ke Amerika Serikat menggunakan kapal. Beberapa info menyebutkan jika sang kapten, Charles Coon. Ketika kapal berhenti di suatu daratan, kucing ini kawin dengan kucing lokal.

Cerita kedua. Berawal dari kucing Ratu Marie Antoinette yang melarikan diri karena adanya revolusi Perancis ke Amerika. Sang ratu membawa kucing tersebut (diduga ras kucing adalah Turkish Anggora) yang kemudian kawin dengan kucing domestik berbulu pendek.

Cerita mana yang kamu percaya? Jika ada yang memiliki referensi resmi mengenai asal usul kucing Maine Coon bisa dibagikan di kolom komentar.

Sekarang ini, kucing Maine Coon atau dikenal dengan American Longhair merupakan kucing ras tertua yang berasal dari Maine, Amerika Serikat. Kucing ini pernah menjadi jenis yang paling banyak dipelihara. Sampai pada tahun 1950-an, kucing ini sudah sulit ditemui karena banyak yang mati. Beruntungnya, ternyata rumor tersebut tidaklah benar. Info lain mengatakan kucing Maine Coon tergantikan popularitasnya dengan kucing Persia.

Tahun-tahun penting yang meliputi penerimaan di CFA sampai diakui sebagai kucing negara resmi akan tercantum di bawah ini.

  • Pada tahun 1861, terdaftar pada kontes kucing
  • Pada tahun 1895 terpilih sebagai “Best Cat” pada acara kucing Amerika Utara, yang diadakan di kota New York. Kucing Maine Coon Betina dengan corak Tabby yang mendapatkan penghargaan
  • Pada tahun 1968 dibentuk Maine Coon Breeders dan Franciers Association
  • Pada tahun 1976 diakui dan terdaftar di CFA (Cat Fanciers’ Association)
  • Pada tahun 1985 diakui sebagai kucing negara resmi
  • Sifat Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon adalah kucing ideal yang sangat lembut dan ramah. Tidak hanya terhadap manusia, tapi juga dengan hewan lain, baik kucing atau anjing. Positifnya, jika kamu memiliki lebih dari 1 hewan maka akan meminimalisir keributan karena harus mendengar antar hewan bertengkar.

Temperamen yang baik dan mudah beradaptasi dapat menjadi pertimbangan untuk kamu yang memiliki anak kecil ataupun orang tua. Sifat ini menjadikan Kucing Maine Coon miliki sebutan lain, yaitu “Gentle Giant”.

Kucing ini pintar sehingga mudah dilatih. Bahkan karena sifat dan bentuk badan yang besar, terkadang kucing ini terlihat seperti anjing. Jangan lupa untuk mengajak mereka bermain karena dapat membuatnya senang.

Kucing ini cukup aktif jadi luangkan waktu bermain dan membuat mereka juga terhindar dari kemungkinan terkena penyakit obesitas. Mereka tidak semanja kucing Persia yang sangat selalu ingin bersama dan dipangku oleh pemilik dalam waktu lama. Kucing ini lebih senang jika hanya sekedar dekat dengan pemilik (tidak dipangku).

Walaupun kucing ini memiliki badan besar, mereka tidak menyukai ketinggian tidak seperti kucing ras lainnya. Uniknya lagi, mereka menyukai air sama seperti kucing Savannah. Hal ini tidak semua kucing menyukainya. Kucing ini menyukai air karena didukung dengan bulu yang tebal dan tahan lembab.

Semua sifat baik yang sudah disebutkan di atas dilengkapi lagi dengan sifat setia dari kucing ini.

mitos kucing
  • Ciri-Ciri Fisik Kucing Maine Coon

Tubuh Kucing Maine Coon

Kucing ini memiliki tubuh tinggi, besar dan bertulang besar sehingga terlihat kokoh. Bahkan karena begitu besarnya kucing ini, mungkin mereka bisa lebih tinggi dibandingkan anak kecil di keluarga kamu.

Tinggi tubuh kucing ini bisa mencapai 25-40cm dengan panjang dari hidung hingga ujung ekor kurang lebih 100cm. Tubuhnya yang panjang ini membuatnya masuk dalam Guinness Book of World Records dengan panjang 123cm. Berat tubuh sekitar 4-9kg.

Tapi, seperti kucing badan besar pada umumnya kucing ini memiliki pertumbuhan yang lamban. Pada usia 3-5 tahun barulah kamu akan mendapatkan ukuran dan bentuk tubuh dewasa dari kucing ini. Waktu ini sangat lama dibandingkan dengan kucing lainnya, yaitu hanya dengan waktu 1 tahun untuk mencapai tubuh dewasa.

Bulu Kucing Maine Coon

Memiliki bulu tebal dan shaggy. Kucing ini memiliki bulu tebal pada bagian leher, kaki, perut dan buntut. Sedangkan pada bagian pundak memiliki bulu yang lebih pendek.

Berdasarkan CFA, kucing ini memiliki jenis bulu yang halus, tidak tebal tapi banyak. Keadaan ini berdampak pada tubuh mereka yang menjadi terlihat gemuk dan fluffy.

Kucing Maine Coon memiliki banyak sekali kombinasi warna pada bulu mereka, yaitu sekitar 75 kombinasi. Pola yang mereka miliki adalah tabby (garis-garis), baik yang klasik atau makarel. Kucing ini memiliki pengecualian bentuk pattern/pola, yaitu pola yang berbintik (pointed pattern).

Adapun beberapa pola warna kucing ini selain Tabby, yaitu

  • Solid : Satu warna (Putih/hitam/biru/merah)
  • Tortoiseshell : Penggabungan 2 warna. Kucing akan terlihat seperti warna hitam dengan warna dasar bulu biasanya merah dan krem.

Kepala Kucing Maine Coon

Memiliki ukuran yang sedang, sedikit lancip, lebar dan memiliki tulang pipi yang sedikit menonjol.

Telinga Kucing Maine Coon

Berbentuk lancip dengan ukuran besar, disesuaikan dengan tubuh kucing yang besar.

Mata Kucing Maine Coon

Berbentuk oval, berukuran besar dan ekspresif serta beberapa warna, seperti hijau, emas, green-cold atau copper.

Ekor Kucing Maine Coon

Pada ekor yang panjang memiliki bulu lebat. Ekor tebal yang dimilikinya dapat berfungsi untuk menghangatkan tubuh ketika beristirahat ataupun tidur.

Kaki Kucing Maine Coon

Berukuran medium dan menurut salah satu peternak kucing Maine Coon, kaki kucing ini harus terlihat lurus jika dilihat dari depan ataupun belakang. Jumlah jari pada kaki kucing ini 6 jari, tidak seperti pada umumnya. Hal ini disebabkan karena adanya gen warisan, yang disebut dengan polidaktili.

kucing maine coon
  • Kesehatan Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon memiliki beberapa penyakit turunan dan sangat rentan terjadi oleh mereka:

1. Displasia Pinggul

Atau disebut juga sebagai kerusakan sendi pinggul yang sering dialami oleh anjing dan kucing yang berbadan besar. Gender berperan dimana kucing jantan lebih rentan terhadap penyakit ini.  Mengapa? Karena ukuran tubuhnya lebih besar dibanding betina.

Kucing yang menderita ini mungkin hanya merasa sakit atau tidak merasakan sakit apapun. Tetapi, dapat menjadi buruk dan menimbulkan rasa sakit yang amat sangat bagi kecil. Selain itu, dapat menyebabkan radang sendi dan ketika sudah dalam keadaan parah akan menyebabkan kelumpuhan.

Ketika kucing Maine Coon mengidap penyakit ini maka disarankan pemilik agar mengurangi kegiatan yang membutuhkan gerakan aktif san hindari lompatan.

Ketika akan mengadopsi mintalah bukti data yang menunjukkan bahwa orang tua dari kucing ini memiliki pingul yang cukup baik, baik atau sangat baik.

Bagaimana penangannya?

Terdapat beberapa cara untuk mengurangi rasa sakit, seperti penurunan berat badan, memberikan obat dari dokter hewan atau pembedahan. Ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan.

2. Kardiomiopati Hipertrofik (HCM)

HCM diakibatkan karena terjadi mutasi gen. HCM adalah penyakit penebalan pada otot jantung dan merupakan penyakit yang banyak diderita oleh kucing. Pengidap penyakit ini juga memungkinkan terjadinya gagal jantung dan pembekuan darah.

Penyakit ini biasanya menyerang kucing yang sudah tua. Pemeriksaan menggunakan alat uji ekokardiografi di dokter hewan untuk mendeteksi kucing menderita HCM atau tidak. Jangan diangap kecil karena penyakit ini dapat mengakibatkan kematian.

Ketika positif penyakit ini maka tidak boleh dikembangbiakkan lagi atau diisolasi. Tetapi, ada studi yang menunjukkan bahwa 1/3 kucing Maine Coon yang membawa gen akan ikut terkena penyakit HCM.

Ada baiknya jika mengadopsi dari peternak ditanyakan terlebih dahulu mengenai riwayat sakitnya. Tidak ada kucing yang sehat total!

3. Atrofi Tulang Belakang

Juga merupakan penyakit genetik yang menyebabkan atrofi dan kelemahan otot. Penyakit ini disebabkan karena tidak berfungsinya neuron (sel saraf) pada sumsum tulang belakang.

Penyakit ini biasanya dapat diketahui ketika usia kucing 3-4 bulan. Meskipun penyakit ini tidak berbahaya dan tidak menimbulkan rasa sakit, kamu harus tetap menjaga dan mengobatinya jika bisa. Atrofi tulang belakang menyebabkan perkembangan otot melemah.

Kamu bisa mengamati keadaan fisik jika kucing menderita penyakit ini. Pada anak kucing dapat dilihat dari cara berjalan yang bergoyang pada bagian kaki belakang. Cara jalannya seperti mau terjatuh dan sangat kesulitan untuk melompat.

4. Penyakit Ginjal Polikistik

. Terjadi karena beberapa faktor, seperti infeksi jamur dan bakteri atau karena genetik. Biasa terjadi pada kucing dengan usia tua. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan usia dibawah itu terkena penyakit ini.

Apabila tidak ditangani, akan menimbulkan penyakit yang lebih berbahaya, yaitu gagal ginjal.

  • Merawat Kucing Maine Coon

Berdasarkan Organisasi Maine Coon, kucing ini memliki harapan hidup hingga 10-12.5 tahun. Selama pemilik dapat menjaga asupan nutrisi dan kesehatan kucing dengan baik maka diharapkan dapat menemani lebih lama.

Bebebapa hal yang harus diperhatikan dalam menjaga kucing Maine Coon.

1. Kebersihan Lingkungan

Perlu dijaga dengan baik kebersihan lingkungan rumah dan kucing. Usahakan rumah selalu dibersihkan setiap harinya. Kebersihan yang tercipta meminimalisir adanya kutu bahkan tungau yang dapat menyerang kucing dan menimbulkan penyakit cacingan atau scabies.

Semua alat yang digunakan kucing juga jangan sampai terlewat untuk dijaga kebersihannya. Alat yang dimaksud meliputi kandang (jika ada), tempat tidurnya (jika ada), litter box, alat makan dan minum. Kucing Maine Coon termasuk hewan yang menyukai kebersihan, mereka kurang nyaman apabila harus menggunakan litter box yang kotor. Ada baiknya membersihkan litter box 2x dalam sehari.

Ketika rumah bersih, bukan hanya kucing peliharaan saja yang sehat tapi pemilik juga.

2. Kebersihan Badan Kucing

Memiliki kucing dengan bulu panjang memang harus mendapatkan perhatian untuk menghindari bulu kusut, hairball dan banyak rontok. Selain itu, kucing bulu panjang menjadi tempat yang disukai oleh kutu maka kebersihan harus dijaga.

Apabila kucing mengalami hal ini maka harus mengggunakan shampoo khusus. Memandikan kucing seminggu 2x dirasa cukup untuk menjaga bulunya tetap sehat. Jangan lupa untuk menyisir bulu kucing minimal seminnggu sekali.

Selain itu, kebersihan kuping, mata, gigi dan kuku juga harus diperhatikan!

3. Kebersihan Makanan dan Minuman

Jangan memberi makan makanan mentah pada kucingmu jika tidak ingin terkena penyakit cacingan!

Berikan makanan komersial kucing, baik yang basah atau kering. Pastikan kandungan pada makanan tersebut yang dibutuhkan. Kucing Maine Coon membutuhkan nutrisi dan protein. Kandungan penting lainnya yang harus ada adalah Taurin  (Asam Amino Esensial) agar terhindar dari penyakit mata dan jantung. Pastikan memberi takaran makan sesuai porsi untuk kucing dewasa dan anak.

Ketika kucing berusia 9 bulan, mereka masih diberikan makanan kucing. Jika ingin memberikan makanan segar, seperti ikan atau ayam boleh tapi harus dalam keadaan matang (direbus).

Jaga juga agar alat makan dan minum kucing dalam keadaan bersih.

4. Berikan Vaksin

Pemberian vaksin ini sangat penting sebagai perlindungan kucing, mencegah penyakit dan meningkatkan harapan hidup. Vaksin yang dapat diberikan seperti vaksin tricat, vaksin rabies dan vaksin tetracat. Disarankan jika ingin melakukan hal ini maka ke dokter hewan terpecaya.

Selain vaksin, jika memungkinkan maka periksakanlah kesehatan kucing secara berkala untuk menghindari penyakit yang telah akut terjadi. Pemberian obat cacing juga sampai terlewatkan.

5. Tetap Dalam Rumah!

Akan sangat baik jika kucing di dalam rumah. Ketika mereka berada di luar ruma akan sangat sulit untuk melakukan pengawasan. Banyak sumber penyakit yang dapat dengan mudah membuat infeksi kucing, misal kucing menangkap tikus sehingga mengakibatkan cacingan. Kucing juga bisa makan dan minum sembarangan sehingga menimbulkan diare. Mengindari pertengkaran kucing sehingga tidak melukai badannya.

Kucing memiliki insting untuk memburu dan ketika mereka akan diburu, tapi tidak berlaku terhadap kendaraan yang lewat. Hal ini menjadi kekhawatiran bagi sebagian pemilik kucing karena takut kucing tertabrak. Kucing Maine Coon merupakan kucing yang cukup antik dan terlihat sangat elegan yang dapat memancing sebagian org untuk melakukan kejahatan.

Agar semua itu tidak terjadi maka menjaganya tetap di rumah (ketika di luar ada pengawasan) maka kamu harus membuat lingkungan nyaman.

  • Sediakan Alat Scratch

Kucing senang sekali menggarukkan kukunya ke suatu benda. Untuk menjaga furniture tetap aman, maka dibutuhkan alat ini.

  • Sediakan Mainan

Siapkan permainan dan ajaklah mereka bermain. Kucing ini senang bermain kejar penunjuk laser.

6. Exercise

Latihan fisik ini akan menjaganya agar tetap sehat. Kamu dan kucing dapat berjalan menggunakan tali sebagai contoh hal kecil yang dapat dilakukan.

Penutup

Satu lagi kucing ras yang memiliki keunikan. Apakah kamu berniat untuk memeliharanya?

Satu saran jika ingin memelihara kucing ini adalah kelayakan tempat tinggal. Tubuh kucing ini besar dari kucing pada umumnya sehingga dibutuhkan ruangan yang cukup luas sendiri untuk kucing ini. Jangan membani diri dan kucingmu jika untuk sementara ini tidak memiliki tempat yang luas.

Jika memiliki pengalaman menarik dengan kucing bisa kirim cerita kamu ke email [email protected].

Apabila ada info tambahan dari kucing ini atau saran topik apalagi yang bagus buat dibahas bisa tulis di kolom komentar ya!

Leave a Reply