PENYEBAB DAN CARA MENCARI KUCING HILANG

PENYEBAB DAN CARA MENCARI KUCING HILANG

Banyak yang akan merasa hubungan ikatan antara hewan dan pemilik lebih dari itu. Ditambah lagi jika sudah lama sekali merawatnya. Maka, hal tersedih yang dirasakan oleh pemilik adalah saat kucing hilang.

Ketika kucing hilang, bisa akan sangat sulit menemukannya, apalagi jika si kucing masih cukup kecil. Ketahui penyebab agar dapat menjadi pembelajaran ke depannya dan kucing akan betah di rumah. Jika sudah dilakukan dan diberikan yang terbaik tapi masalah tetap timbul, perlu diketahui cara mencari kucing hilang.

Penyebab Kucing Hilang

Musim Kawin

kucing hilang

Memasuki masa ini, memungkinkan kucing akan mencari pasangan terlebih lagi jika tidak ada betina di rumah kamu. Apabila tidak ada pengawasan, mereka akan mencari cara untuk bisa keluar dari rumah.

Ketika mencari pasangan memang terkadang dibutuhkan waktu berhari-hari. Jika tidak terbiasa di luar, bisa juga terjadi beberapa hal, seperti terlalu jauh berjalan dan lupa arah pulang.

Bisa juga diakibatkan karena berkelahi dengan kucing jantan lainnya untuk memperebutkan kucing betina. Saat berantem, membuat mereka stress dan akan lari untuk menghindari atau ngumpet.

Kucing bisa saja akan langsung pulang dan tidak membuat panik pemiliknya. Namun, kemungkinan kucing hilang juga ada saat kondisi tersebut.

Berkelahi

Biasanya terjadi pada kucing jantan untuk memperebutkan kekuasaan wilayah. Kamu akan mengira kucing hilang, namun sebenarnya tidak. Mereka akan pulang saat kalah.

Pasti setiap pemilik tidak mau melihat kucing yang beberapa hari hilang dan kemudian pulang dalam keadaan terluka. Hal ini bisa dicegah dengan melakukan sterilisasi yang akan menurunkan sifat agresif mereka.

Banyak sekali manfaat yang didapatkan ketika kamu melakukan sterilisasi, kamu bisa mengetahuinya di sini.

Tersesat

kucing hilang

Sering terjadi ketika kamu pindah rumah dan dikarenakan masih cukup repot untuk membereskan banyak hal, kucing jadi kurang diperhatikan dan bisa saja mereka bermain di luar. Tidak jadi masalah jika bermain dalam jarak dekat.

Namun, saat mereka mulai menjelajahi wilayah baru, maka ada kemungkinan akan lupa jalan pulang. Hal inilah yang menjadikan kucing hilang.

Biasanya, dengan menggunakan instingnya akan balik paling lama dalam waktu 3 hari, yang didasarkan pada pengalaman pribadi.

Dicuri Orang

Ini sangat sering terjadi dan menjadi alasan mengapa kucing hilang. Beruntungnya belum pernah terjadi kepaku, tetapi pernah terjadi ke kucing teman.

Memiliki kucing ras yang indah akan lebih rentan dicuri orang dibandingkan kucing kampung. Maka, ada baiknya untuk tetap menjaganya di dalam rumah dengan memperhatikan kesehatan dan kebahaiaan.

Jangan lupa, walaupun di dalam rumah, tetap perhatikan waktu bermain dan buatlah keadaan yang nyaman, seperti disediakan cat tree.

Kucing Stress

kucing hilang

Salah satu penyebab kucing hilang adalah karena stress. Ciptakan kondisi lingkungan yang nyaman agar kucing menjadi tenang. Ada baiknya juga kamu mengetahui ciri-ciri kucing stress dan bagaimana cara menanganinya.

Beberapa hal yang membuat kucing stress adalah kedatangan kucing baru, orang baru atau baru saja pindah rumah. Penangan yang baik, tepat dan cepat akan membuat kucing segera mendapatkan kenyamanan kembali.

Sakit Parah

Jika mengetahui mereka sedang sakit parah, namun kamu tidak memiliki kandang ataupun tempat untuk mengisolasi kucing, biasanya kucing akan menyembunyikan diri. Tempat yang disenangi adalah bagian sela-sela atau kolong suatu benda.

Dirinya akan merasa aman karena berpikir predator atau orang lain tidak akan mengganggu mereka.

Mencari Kucing Hilang

Saat menyadari kucing hilang, sesegera mungkin melakukan pencarian. Semakin cepat mencari maka diharapkan belum terlalu jauh pergi.

Bersikaplah tenang karena akan memudahkan kamu untuk berpikir dan mencari di mana biasanya kucing selalu bersembunyi atau mencari tempat menyendiri.

Jangan lupa jika baru saja pindah rumah dan lokasinya tidak begitu jauh dengan rumah lama, cari di sana.

warna bulu kucing

Lokasi

Kucing menyukai wilayah yang tenang dan jarang dilalui oleh orang. Tempat-tempat seperti gudang, kolong tempat tidur atau kursi dan di dalam lemari pakaian adalah kesukaannya. Jika kamu melihat terakhir kali kucing, maka carilah terlebih dahulu di sekitaran tersebut. Periksakan juga di rumah tetangga atau jika di sekelilingmu ada rumah kosong.

Untuk mempermudah pencarian, lebih baik menggunakan senter. Selain itu, ketika mencari kucing maka sebaiknya kamu memanggilnya dengan suara yang lembut. Jika menggunakan suara keras atau seperti membentak, ditakutkan akan menakuti kucing.

Dengarkan dengan seksama jika ada suara mengeong. Ditakutkan kucing dalam keadaan terjepit atau hal lain yang membahayakan dirinya.

Bawa Mainan dan Makanan

Mainan Kucing

Bawalah mainan kesukaan kucing, sehingga ketika dia melihat mainan tersebut, maka akan mau keluar dari tempat persembunyiannya. Tidak akan merasa terancam dan membuatnya ketakutan, melainkan sedikit akan mengurangi stress mereka dan membuat berpikir kalau sedang diajak bermain.

Lebih baik membawa makanan yang memiliki aroma yang kuat, seperti ikan segar yang sudah direbus atau makanan basah komersial. Aroma yang ditimbulkan diharapkan akan mempermudah pencarian kucing hilang karena kucing akan menunjukkan diri.

Kamu bisa membawa makanan disaat pencarian di jadwal makan kucing. Mereka adalah hewan yang disiplin dan tau kapan waktunya makan jika kamu selalu melakukan hal yang sama secara berulang.

Kandang Kucing

Kamu bisa mempertimbangkan saat mencari di sekeliling rumah ataupun di luar dengan membawa kandang kucing kecil. Ini dilakukan untuk mempermudah menangkap kucing. Kita tidak tahu apa penyebab dari kucing hilang.

Jika dikarenakan kucing stress maka sesaat ditemukanpun bisa saja akan kabur dan menghilang lagi. Saat sudah menemukan tempat persembunyian, maka letakkan kandang ini beserta makanan yang memiliki aroma kuat di dalamnya untuk memancin kucing keluar.

Mitos atau Fakta?

Ketika kucing hilang, menurut pengalaman salah satu penduduk Jepang yang bernama Charlie adalah dengan berbicara kepada kucing liar di sekitar rumah.

Jadi, menurut cerita, Charlie ini kehilangan salah satu kucing kesayangannya selama 2 hari. Dia pun panik dan salah seorang tetangganya ada yang menyarankan cara demikian.

Hanya berharap si kucing kembali, maka Charlie pun mencoba saran tersebut. Dia berbicara kepada kucing liar yang memiliki pesan jika menemui kucingnya agar segera pulang ke rumah.

Entah kebetulan atau tidak, namun rupanya kucing Charlie kembali keesokan harinya. Pengalaman ini dia bagikan melalui media sosial twitter. Beberapa pengkutnya ada yan mencoba cara tersebut dan ternyata berhasil. Namun, tentu saja cara ini juga tidak luput dari sebagian orang yang tidak percaya.

Kalau kamu, pernah menggunakan cara ini? Apakah terbukti berhasil?

Penutup

Saat kucing hilang akan merasa sangat membuat sedih karena umumnya pemilik akan menganggap kucing sebagai bagian dari anggota keluarga.

Kenali kemungkinan penyebab kucing hilang, seperti musim kawin, berkelahi, stress, tersesat atau bahkan kemungkinan terburuk adalah dicuri orang.

Segeralah mencari setelah kamu menyadari kucing hilang. Jangan mengulur waktu, semua waktu baik jika dilakukan dengan pencarian segera. Hal ini juga akan meminimalisir jika kucing jalan semakin jauh jika keluar rumah.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencarinya di lokasi terdekat. Akan lebih mudah jika kamu mengetahui dimana terakhir kucing berada atau tempat-tempat yang biasa digunakan mereka untuk menyendiri.

Ketika mencari di luar ruangan, maka carilah dahulu di area sekitar kamu, seperti rumah tetangga atau rumah kosong. Pastikan jangan menggunakan suara dan gerakan yang membuat mereka akan takut. Panggillah nama mereka dengan lembut dan dengarkan dengan seksama jika mendengar suara mengeong.

Perlengkapan lain yang bisa kamu bawa untuk membantu pencarian kucing hilang adalah mainan, makanan yang memiliki aroma kuat dan juga kandang.

Semoga informasinya berguna dan jika ada yang mengalaminya saat ini, segera dipertemukan kembali.

Kalau ada metode lain yang bisa dilakukan dan ternyata berhasil, bisa dibagikan informasinya di kolom komentar ya.

Jika ingin curhat atau sekedar bercerita mengenai kucing bisa email ke [email protected]. Cerita yang menarik akan ditampilkan di blog ini.

Leave a Reply