CALICO, KUCING 3 WARNA YANG HANYA BERJENIS PEREMPUAN?

CALICO, KUCING 3 WARNA YANG HANYA BERJENIS PEREMPUAN?

Kucing Calico adalah sebutan untuk kucing yang memiliki 3 warna berbeda di bulunya. Biasa disebut juga dengan kembang telon di Indonesia. Negara lain juga memiliki penyebutan tersendiri, seperti di Perancis dengan nama chatte d’Espagne dan di Jepang adalah mi-ke.

Kucing ini pasti tidak asing bagi kamu, apalagi di Indonesia juga banyak kucing liar yang memiliki perpaduan 3 warna ini. Kucing ini umumnya berjenis perempuan. Apakah bisa terlahir dengan jenis kelamin jantan?

Maka dari itu, artikel kali ini akan membahasnya beserta sedikit info mitos yang beredar di masyarakat.

Sejarah

Kucing Calico bukanlah sebutan untuk menandakan suatu ras tertentu, tapi didasarkan atas pola warna bulu kucing. Adanya genetik mereka yang unik, kucing ini telah mulai dilakukan penelitian sejak tahun 1940-an.

Murray Barr dan E.G. Bertram adalah 2 orang yang meneliti adanya massa gelap yang hanya ada di inti sel saraf kucing betina. Dari situlah akhirnya terbentuk nama “Barr Body”.

Pada tahun 1959, di Jepang, peneliti Susumo Ohno yang merupakan seorang ahli biologi sel menetapkan bahwa Barr Body tersebut adalah kromosom X.

Kucing Calico memiliki warna yang sama dengan burung dan serangga resmi yang ada di Maryland, bernama Baltimore Oriole dan Baltimore Checkerspot. Oleh karenanya, kucing Calico ini dinyatakan sebagai kucing resmi negara tersebut pada tahun 2001.

Akan tetapi, kucing Calico tidak mendapatkan pengakuan dari CFA yang merupakan organisasi pendaftaran kucing terbesar di dunia. Hal ini dikarenakan karena kucing ini bukanlah menunjukkan suatu ras tertentu.

Beberapa ras kucing yang memiliki pola warna ini diantaranya kucing British Shorthair, kucing Persia, kucing Scottish fold dan kucing Maine Coon.

kucing calico

Kucing Calico Betina

Perpaduan 3 warna yang biasanya terdapat di bulu kucing adalah putih, hitam dan oren. Warna lainnya yang mungkin akan timbul adalah krem, merah atau coklat.  Pola yang dihasilkan juga acak dan tidak sama.

Kucing Calico sering kali sulit dibedakan dengan kucing tortoiseshell yang juga memiliki pola beberapa warna di bulu kucing.

Hal yang menjadi pembeda diantara keduanya adalah pada kucing Calico memiliki 3 perpaduan warna yang solid. Masing-masing warna di bulu kucing tidak terlalu membaur sehingga sulit dibedakan. Pada kucing tortoiseshell terjadi pencampuran warna yang menyeluruh di tubuh kucing.

Pernah dengar ada yang menyebut kucing yang memiliki 3 warna sudah pasti kucing betina?

Jawabannya iya, umumnya kucing Calico adalah betina karena kromosom betina adalah XX. Dimana, kromosom X ini yang akan membawa dan memberikan warna pada bulu kucing.

Kucing Calico Jantan

Kucing ini memiliki genetik yang menyerupai manusia, dimana kucing betina memiliki kromosom XX sedangkan kucing jantan memiliki kromosom XY.

Warna hitam dan oren berada pada kromosom X. Warna putih muncul jika genetic kromosomnya berbeda. Maka dari itu, karena kucing jantan hanya memiliki 1 kromosom X maka umumnya memiliki 2 warna. Pada kucing Calico ini adalah warna hitam dan jingga atau putih.

Namun, tidak menutup kemungkinan kalau kucing Calico juga berjenis kelamin jantan. Hanya saja, biasanya angka harapan hidup kucing akan lebih kecil dengan kelamin jantan.

Kejadian semacam ini bisa terjadi karena kucing mengalami kelainan embriologi sehingga membentuk kromosom XXY. Kelainan ini membuat terganggunya pertumbuhan, organ kucing dan menyebabkan infertilitas. Dengan demikian, hal inilah yang membuat hidup kucing jantan tidak bertahan lama.

Ada anggapan bahwa induk kucing juga akan memakan kucing Calico berjenis jantan. Apakah itu benar?

Sifat Kucing Calico

Seperti yang sudah dituliskan sebelumnya, kucing ini bukan menunjukkan suatu ras tertentu. Maka dari itu, tidak ada sifat khusus yang dimiliki pada kucing ini. Sifat kucing tergantung dari kucing ras yang memiliki pola warna ini.

Jika pola warna terdapat pada kucing Persia maka sifat yang akan dibawanya adalah Sifat dari kucing Persia diantaranya adalah manja, kalem, sedikit malas. Kucing Persia tidak begitu suka berolahraga, seperti meloncat atau memanjat. Sulit beradaptasi juga bagian dari sifat kucing Persia.

Tentu, sifat kucing Persia ini akan berbeda dengan kucing British Shorthair. Perbedaan yang ketara diantara keduanya adalah sifat adaptasi kucing ini lebih baik dibandingkan kucing Persia. Kucing British Shorthair lebih mudah menerima lingkungan dan orang baru.

Kesehatan dan Cara Perawatan

Seperti halnya sifat yang tergantung dari jenis kucing ras yang memiliki pola warna ini, begitu pula dengan kesehatan dan bagaimana cara merawat.

Kesehatan kucing Persia lebih rentan dibandingkan dengan kucing British Shorthair. Beberapa masalah kesehatan yang mungkin dapat terjadi pada kucing Persia:

  • Sulit bernafas atau mengeluarkan suara yang berisik saat bernafas yang diakibatkan oleh lubang hidung yang kecil.
  • Heat sensitivity yang diakibatkan karena struktur sistem pernapasan dan brachycephalic (hidung pesek atau wajah datar).

Perawatan untuk kucing British Shorthair akan berbeda tentunya dengan kucing Persia. Kucing Persia dengan bulunya yang panjang, tentu harus lebih mendapat perhatian khusus agar tidak mudah rontok, kusut dan tetap bersih dari kutu.

kucing calico

Memiliki Corak Berbeda

Meskipun memiliki 3 warna yang sama, corak yang dihasilkan di setiap bulu kucing akan berbeda bentuknya. Ini berlaku bahkan ke kucing Calico yang kembar yang memiliki garis keturunan yang sama.

Hal ini terjadi karena susunan 3 pola warna terjadi secara acak. Cukup bagus menurutku karena dengan banyaknya variasi yang dihasilkan membuat kucing terlihat keistimewaannya masing-masing.

Mitos

  • Karena jarang terjadi, kucing jantan ini dianggap sebagai pembawa keberuntungan.

Jika kamu tau kucing di toko dengan nama manekineko dan biasanya digunakan untuk memanggil kostumer datang, nah itu dia perwujudan kucing Calico jantan.

  • Tidak bisa dikawinkan secara sengaja.

Mengapa? Karena kucing jantan yang memiliki pola ini tidak bisa hidup panjang. Bahkan ada asumsi akan dimakan induknya jika terlahir.

Penutup

Kucing Calico tidak menunjukkan suatu jenis kucing ras tertentu, melainkan sebagai penanda bentuk pola yang dihasilkan. Pola 3 warna ini yang akan ada di bulu kucing.

Beberapa kucing ras yang memiliki pola ini adalah kucing British Shorthair, kucing Persia, kucing Scottish fold dan kucing Maine Coon. Oleh karenanya, sifat dan angka harapan hidup kucing Calico bergantung pada jenis kucingnya.

Kucing Calico hanya berjenis betina. Kalaupun ada kucing Calico Jantan maka tidak dapat bertahan hidup lama atau bahkan akan dimakan oleh ibunya untuk mencegah kucing hidup dalam kecacatan.

Kucing Calico jantan karena sangat jarang atau hampir tidak pernah terjadi maka untuk sebagian masyarakat dipercaya akan membawa keberuntungan.

Apa kamu memiliki kucing Calico ini sebagai hewan peliharaan?

Jangan lupa follow IG @Jurnal_Kucing untuk dapat update dan bertukar informasi lainnya mengenai kcuing.

Leave a Reply