CARA MELATIH KUCING BUANG AIR DI LITTER BOX

CARA MELATIH KUCING BUANG AIR DI LITTER BOX

Jika sudah membeli litter box untuk kucing agar rumah lebih bersih, maka selanjutnya harus mengetahui bagaimana cara melatih kucing buang air di litter box. Beberapa kucing akan dengan mudah diperkenalkan dengan alat ini karena pada dasarnya secara alami kucing akan membuang kotorannya di pasir atau tanah. Namun, ada baiknya sedini mungkin melatih kucing buang air di litter box sehingga menjadi kebiasaan buat kucing.

Apabila kucing sudah nyaman menggunakan litter box akan memudahkan pemilik dalam hal kepengurusan. Membuat rumah menjadi tidak bau dan tidak menambah cucian baju (misal tidak sengaja buang air di kasur). Selain itu, akan menjadi kuman dan sumber penyakit apalagi jika sedang sakit diare atau cacingan.

Maka dari itu, ketika memiliki anak kucing ataupun kucing sudah berumur dan belum mengerti cara menggunakan litter box, beginilah cara melatih kucing buang air di tempatnya!

Langkah Awal

Hal ini meliputi penyediaan litter box, pasir dan scoop untuk membersihkannya. Jenis litter box kucing sangat beragam. Oleh karena itu, jika kamu kesulitan dalam menentukan, bisa baca terlebih dahulu tips memilih dan rekomendasi litter box.

Langkah Perkenalan Melatih Kucing Buang Air

1. Penempatan Lokasi Litter Box

  • Tempat Tenang dan Privasi

Kucing adalah binatang yang individual, mandiri dan teritori. Kucing lebih menyukai ketenangan dan sunyi. Maka, tempatkanlah litter box di tempat yang tidak ramai dan jarang dilalui, misalnya di kamar belakang (yang sudah tidak diisi atau jarang melakukan aktivitas) sehingga kucing memiliki privasi.

Tempat lainnya yang dapat menjadi pilihan untuk menaruh litter box adalah tempat yang sering kucing kunjungi untuk melakukan aktivitas. Hal ini agar lebih mudah melatih kucing buang air. Mereka akan dengan mudah menemukan dan menggunakan litter box tersebut.

  • Jauhkanlah dari Makanan

Jangan menaruh litter box dekat dengan makanan kucing untuk menjaga makanan kucing tetap bersih. Pasir bisa saja menempel di kaki kucing setelah menggunakan litter box. Apabila pasir itu terjatuh di makanan atau minum dengan kondisi saat itu kucing sedang tidak baik (misal, sakit cacingan) maka akan menjadi bahaya.

  • Jangan di Tempat yang Tinggi

Memang kucing adalah hewan yang suka memanjat, tapi akan beda cerita jika yang kamu lakukan ingin mengajari mereka cara menggunakan litter box. Buat anak kucing, kucing yang sudah tua dan kucing sakit mungkin akan sangat kerepotan jika litter box ditempatkan di area yang tinggi. Hal ini hanya akan membuat kucing menghindari menggunakan litter box.

Hindari juga tempat lembab dan ruang bawah tanah yang gelap karena tempat seperti itu dapat menumbuhkan jamur dan bakteri.

  • Cara memindahkan Litter Box

Bagi anak kucing yang masih polos dan belum begitu terasah naluri alami, maka harus lebih sabar dalam melatih kucing buang air di litter box. Apabila sebelumnya litter box di lokasi A tetapi harus dipindahkan ke lokasi B maka proses pemindahannya harus bertahap.

Jangan langsung membawa litter box ke lokasi B karena akan membuat anak kucing bingung. Pindahkanlah secara perlahan diikuti dengan pemindahan tempat makan.

2. Taruh di Pasir untuk Melatih Kucing Buang Air

kucing buang air

Biasakan untuk menaruh anak kucing sesering yang kamu bisa di litter box. Kegiatan pengulangan ini akan membantunya untuk mengenali aroma dan kondisi litter box. Jika mereka masih belum mengenalinya, tetap taruh anak kucing di litter box walaupun mereka tidak ingin buang air.

Beberapa cara lainnya agar latihan menaruh di pasir berhasil membuat kucing menggunakan litter box adalah:

  • Mengetahui atau jika tidak tahu kamu bisa mencatat pada jam berapa kucing biasanya akan buang air.
  • Jika sudah tau jamnya, maka cobalah menaruh kucing di litter box untuk memberi pengenalan.
  • Memberi makan tepat pada waktunya dan setelah kurang lebih 20-30 menit cobalah taruh kucing di dalam litter box.
  • Jangan lupa perhatikan gerak gerik kucing ketika mereka akan buang air. Ketika menunjukkan gerakan seperti ingin buang air maka segera pindahkanlah ke litter box.
  • Pastikan ketika kamu melakukan ini, keadaan litter box harus dalam keadaan bersih dan tidak bau.

Story!

Ini pengalamanku pribadi dalam melatih kucing. Umur kucing saat itu sekitar 7-8 bulan. Saat hendak melatih kucing buang air di litter box maka setiap bangun tidur dan sehabis makan selalu diletakkan di litter box. Cara ini cukup berhasil karena kucing akhirnya mengenali litter box.

Apabila kucing sudah mulai mengenali litter box sebagai tempat buang air maka biarkan kucing dengan nalurinya memahami apa yang harus mereka lakukan. Pada tahap ini sebaiknya kamu jangan mencoba untuk membantu menggali pasir atau menutup kotorannya.

Beberapa kucing akan merasa takut. Namun, akibat lain yang bisa terjadi ketika kamu membantu untuk menutup kotorannya akan membuat kucing melakukan hal itu seterusnya (tidak menutup kotoran). Kotoran yang tidak tertutup membuatnya menjadi tidak menggumpal dan menimbulkan aroma tidak sedap ke ruangan.

3. Menempatkan Beberapa Litter Box

Sangat diperlukan apalagi jika memiliki lebih dari 1 kucing. Jumlah yang dibutuhkan sebelumnya telah dibahas ketika hendak membeli litter box. Idealnya, jumlah litter box dilebihkan 1 dari jumlah kucing yang kamu pelihara.

Hal ini juga membantu saat kamu hendak melatih salah satu kucing buang air. Jika menggunakan litter box A, maka kucing lainnya bisa menggunakan litter box lainnya.

4. Mengurung untuk Melatih Kucing Buang Air

LITTER BOX KUCING

Pelatihan ini akan membuat insting kucing akan lebih bekerja. Mungkin awalnya tidak sesuai harapan karena kucing bisa saja malah membuang kotoran di sembarang tempat. Maka, disarankan jika ingin menggunakan cara ini tidak ada karpet atau material berbulu yang dapat digunakan kucing untuk buang air.

Apabila kucing membuang kotoran sembarang, misal di suatu tempat atau lantai pastikan kamu membersihkan dengan benar-benar bersih. Masih adanya jejak urin atau feses kucing akan membuatnya kembali melakukan hal yang sama.

Jangan juga menaruh pot tanaman yang besar di dalam rumah. Tanah yang digunakan sebagai media tumbuh tumbuhan ini akan membuat kucing salah fokus buang air di sana bukannya pada litter box. Membuat proses pelatihan menggunakan litter box semakin lama.

5. Litter Box Sesuai Keadaan Kucing

Memperhatikan tinggi dan ukuran litter box sangat penting. Sesuaikanlah dengan usia, keadaan tubuh dan kondisi kesehatan kucing. Buat anak kucing maka carilah litter box yang tidak terlalu tinggi bagian sisinya sehingga tidak menyulitkan untuk keluar masuk. Begitu juga untuk kucing dengan tubuh besar.

6. Penggunaan Pasir

Ada banyak sekali jenis pasir atau bahan yang digunakan sebagai bahan penyerap kotoran kucing. Mungkin kucing tidak menyukai dengan jenis pasir yang kamu gunakan.

Cobalah mengganti jenis pasir atau kamu bisa mencampurkan dengan pasir B jika sebelumnya sudah terlanjur menggunakan pasir A. Hal ini dilakukan agar pasir tidak terbuang sia-sia.

7. Pujian dalam Pelatihan Kucing Buang Air

Apabila sesi latihan telah berhasil membuat anak kucing buang air di litter box maka berilah pujian. Hal ini dapat berupa elusan atau memberi makanan kesukaan sehingga kucing akan bahagia.

Namun, apabila latihan ini belum berhasil membuat kucing mengerti, jangan pernah menghukumnya. Mungkin ada yang salah, apakah litter box kotor, penempatan yang salah sehingga kucing tidak nyaman atau kita yang terlalu galak sehingga membuat takut? Jika bukan semua itu, tapi kucing melawan saat ditaro di litter box maka bersabarlah.

Jangan memarahi apalagi dilakukan di litter box karena akan membuat kucing trauma. Buat anak kucing kemungkinan akan lebih sulit untuk melatih menggunakan litter box karena menjadi tidak nyaman di tempat terbuka dan banyak orang. Dengan demikian, anak kucing akan membuang air di tempat atau sudut-sudut tersembunyi.

Cobalah metode lain dengan memberi litter box yang tertutup agar anak kucing menjadi lebih tenang. Bisa juga dicoba cara dengan memperlihatkan kucing lain melakukan buang air di litter box, mungkin bisa membantu kucing untuk mengerti juga.

Penutup

Dikarenakan kucing tidak mengerti bahasa manusia, maka cobalah manusia yang mengerti bahasa kucing. Sabar dan tetap lembut saat melatih kucing buang air di litter box. Perhatikan segala poin yang terdapat di artikel ini ketika kamu ingin melatih kucing untuk buang air ya.

Semoga poin-poin yang diberikan bisa berhasil dilakukan!

Leave a Reply