MENGENAL DEKAT DENGAN KUCING BRITISH SHORTHAIR

MENGENAL DEKAT DENGAN KUCING BRITISH SHORTHAIR

Jika kamu melihat kucing British Shorthair dengan mukanya yang bulat dan ekspresinya, pasti besar keinginan untuk dapat memeliharanya. Selain itu, kucing ini memliki bulu yang pendek dan tebal. Kucing ini nampaknya cukup terkenal juga selain jenis Kucing Anggora dan Persia karena dengan mudah dapat ditemui dalam video kucing di internet. Kucing British Shorthair merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk menemani kamu jika sedang jauh dengan keluarga dalam waktu lama atau memiliki hewan peliharaan lain di rumah.

Nah, maka dari itu akan seru jika kita sebagai pecinta kucing mengenal lebih dekat dengan kucing jenis ini.

Kucing British Shorthair pertama kali dibawa oleh bangsa Romawi ketika menjajah Inggris dengan tujuan untuk menjaga makanan mereka dari tikus atau hewan pengerat. Tetapi, ketika bangsa Romawi menyerah mereka meninggalkan kucing jenis ini di Inggris.

Ketika Inggris mengalami perkembangan di sektor pertanian maka dibutuhkan tikus untuk mengendalikan jumlah hama untuk menjaga hasil pertania. Seperti yang dilakukan bangsa Romawi, saat itu kucing British Shorthair dijadikan sebagai pengendali jumlah tikus. Bahkan hampir tidak ada orang lokal yang memelihara kucing ini.

Pada tahun 1800 ada seorang breeder bernama Harrison Wier yang melakukan perkembangbiakan kucing British Shorthair melalui program yang selektif. Kucing jenis ini termasuk salah satu kucing tertua di Inggris. Kemudian, Dia melakukan perkawinan silang antara kucing British Shorthair dengan kucing Persia sehingga menghasilkan kucin British Longhair. Akan tetapi, kucing ini hamper punah karena perang dunia ke-II. Sehingga setelah perang berakhir maka dilakukan perkawinan silang antara kucing British Shorthair dengan kucing domestik, Persia bahkan Russian Blue.

Kucing British Shorthair
  • Sifat Kucing British Shorthair

Kucing British Shorthair memiliki sifat yang ramah dan tenang karena mereka tidak merasa terganggu apabila ada hewan lain (selama tidak diganggu). Sangat senang jika dapat berinteraksi dengan manusia sehingga kucing ini merupakan salah satu kucing yang aman dipelihara jika kamu memiliki anak kecil.

Sifat lain yang dimiliki oleh kucing adalah mereka tidak terlalu membutuhkan banyak perhatian dari pemiliki. Jadi, jika kamu adalah seorang pemilik yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk meladeni kucing manja ini bisa menjadi salah satu pertimbangan.

Namun, hal ini jangan menjadikan dirimu untuk mengacuhkan bahkan tidak mengajaknya main sama sekali ya karena kucing juga butuh hiburan. Bermain yang dilakukan oleh kucing dengan pemilik dapat meningkatkan kedekatan mereka, kuicng senang dan menghindari obesitas.

Kucing British Shorthair kurang begitu menyukai jika mereka harus digendong dan juga duduk dengan tenang di pangkuanmu. Tidak seperti kucing Persia atau kucing Sphynx yang manja dan tenang di pangkuan.

Kucing British Shorthair
  • Ciri-Ciri Fisik Kucing British Shorthair

Sebelum kita bedah satu-satu fisik dari kucing ini, ada beberapa yang berpendapat bahwa kucing British Shorthair memiliki ekspresi wajah dengan senyum bahagia. Namun, sebagian juga berpendapat bahwa mereka memiliki ekspresi yang “masam”. Kalau menurut mu, bagaimana ekspresi dari kucing ini?

Bentuk wajah – Memiliki bentuk wajah bulat yang cukup besar dan kepala yang lebar. Selain itu, kucing ini memiliki pipi yang telihat chubby karena bulunya yang tebal. Beberapa orang menyebut bentuk pipi dari kucing ini seperti pipi tupai. Bentuk wajah ini cukup kontras dengan lehernya yang kecil, namun penampilan inilah yang menjadi daya tarik bagi pecintanya.

Telinga – Memiliki telinga yang lebar dan bulat.

Mata – Sedikit mirip seperti kucing Persia yang memiliki mata bulat, namun mata dari kucing ini lebih lebar. Mata kucing British Shorthair berbagai jenis warna seperti emas atau copper, hijau, biru, bahkan bermata unik. Tapi, pada umumnya warna mata adalah biru dan hijau.

Hidung – Memiliki hidung yang cukup pesek dan lekukan yang cukup lebar serta lurus.

Tubuh –  Memiliki tubuh kekar, berbahu lebar dan memiliki full chest. Ukuran dari kucing ini dari medium hingga besar. Biasanya ukuran tubuh kucing jantan lebih besar dibanding betina. Berat badan rata-rata kucing ini berkisar antara 3– 7 kg.

Bulu – Seperti namanya, maka kucing ini memiliki bulu yang pendek tapi banyak atau lebat. Berbeda dengan kucing Sphynx yang memiliki bulu pendek dan sedikit. Tekstur dari bulu ini cukup keras yang berfungsi untuk melindungi kulitnya dari ancaman hewan lain atau benda. Ada beberapa warna bulu yang bisa ditemui, seperti biru keabu-abuan, putih, hitam, krem, atau bahkan kuning.

  • Kesehatan

Kucing British Shorthair merupakan kucing yang memiliki daya tahan tubuh baik sehinga tidak mudah sakit. Beberapa penyakit yang dapat diderita oleh kucing jenis ini seperti Hemofilia B dan merupakan penyakit turunan.

Penyakit turunan lainnya yang dapat terjadi oleh kucing British Shorthair adalah hypertrophic cardiomyopathy (HCM), yang merupakan penyakit jantung pada kucing. Penyebab penyakit ini dikarenakan penebalan pada otot jantung.

Penyakit Obesitas juga tidak terlepas dari semua jenis kucing jika terlalu berlebihan dalam memberi makan. Ditambah, sifat kucing ini yang tidak terlalu membutuhkan perhatian terkadang membuat pemilik lupa untuk mengajak mereka main.

Oh iya, kucing British Shorthair memiliki harapan hidup 12 hingga 16 tahun. Lama ya, maka untuk bisa terus bersama mereka maka ada baiknya kamu mengerti betul bagaimana cara merawat dengan baik.

  • Cara Merawat

Menyisir Bulu Kucing dan Grooming

Bulu pendek namun banyak dan tebal ini memang ciri yang paling mudah dikenali oleh kucing ini. Nah, karena bulu yang tebal ini maka sebagai pemilik jangan luput dari perhatian ya. Bulu kucing British Shorthair harus disisir setidaknya 2 hingga 3 kali dalam seminggu dan grooming seminggu sekali untuk menghilangkan bulu matinya dan tidak menyebabkan kusut.

Tidak hanya bulu yang menjadi perhatian pemilik untuk dijaga agar tetap indah, tapi jangan lupa untuk menjaga kebersihan kuping, hidung, mata, gigi dan kuku kucing. Semua kebersihan ini dilakukan agar tidak terjadi infeksi.

Memberikan Vaksin dan Sterilisasi

Meskipun kucing ini memiliki daya tahan tubuh yang baik, tapi seperti kata pepatah “Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati”. Maka, berikanlah vaksin sesuai kebutuhan sang kucing secara rutin dan lakukan sterilisasi di dokter hewan.

Memberikan Makanan Terbaik

Berilah makanan yang banyak mengandung omega 3 & 6 sehingga bulu kucing tetap sehat dan terjaga.

Membersihkan Lingkungan dan Litter Box

Kebersihan linkungan dan litter box menjadi salah satu indikator yang dapat menentukan apakah kucing sehat atau tidak. Buat litter box, lebih baik jika pasir sudah terlihat sangat tidak layak, jangan ditambahkan dengan pasir baru. Lebih baik pasir tersebut dibuang dan litter box dibersihkan baru diisi dengan pasir yang baru.

Penutup

Jika ada yang berminat untuk memelihara kucing British Shorthair maka lebih baik mengadopsi dari seorang breeder yang memiliki sertifikasi kesehatan atau sejarah sakit ya. Bagaimanapun, sesehat dan sekuatnya makhluk hidup dari keturunannya, mereka dapat sakit juga.

Mau bercerita juga tentang pertemuan atau perpisahan dengan kucing kamu dan dipublikasi di Jurnal Kucing? Yuk kirim cerita kucing kesayanganmu ke email: [email protected]!

Leave a Reply