MENGENAL DEKAT DENGAN KUCING BIRMAN

MENGENAL DEKAT DENGAN KUCING BIRMAN

Kucing Birman memiliki tampilan yang mudah disenangi oleh banyak pecinta kucing. Tidak heran jika kucing ini merupakan salah satu yang paling banyak dipelihara. Salah satu sifat mereka yang ramah dan tenang biasanya menjadi alas an bagi pecinta kucing untuk menjaganya dalam waktu lama. Bagi yang belum mengetahui kucing Birman atau berencana akan memelihara, ada baiknya mencari tahu informasi tentang mereka yuk!

Asal usul dari kucing ini masih belum jelas bagaimana dan darimana asalnya. Banyak versi yang mengakitkan asal usul kucing ini dengan legenda budaya. Tapi, berdasarkan Thesprucepets, informasi mengenai asal usul didapat dari buku “The Birman Cat” karya Vivienne Smith.

Secara singkat kucing Birman adalah sahabat biksu atau pendeta di Myanmar. Kucing ini berwarna putih dan diberi nama Sinh. Namun, sang pendeta meninggal dan sang kucing melompat di atas tubuhnya. Bulunya yang putih kemudian terdapat warna kuning yang mirip dengan dewi kuil. Adanya warna coklat gelap di daerah kuping, hidung, ekor dan kakinya menandakan warna bumi. Cakar atau telapak kaki berwarna putih yang melambangkan kesucian.

Kucing Birman kemudian dibawa dari Burma ke Prancis tahun 1919 dan dilakukan perkembangbiakan disana. Kucing ini dibiakkan dengan kucing Siameses sehingga sekilas dari tampilan fisik mirip. Di Amerika pada tahun 1967 dan terdaftar pada CFA tahun 1967.

kucing hilang
  • Sifat Kucing Birman

Banyak orang mengaitkan sifat setia kucing ini seperti seekor anjing. Kucing Birman akan sangat melekat dengan pemiliknya karena memiliki sifat yang manja dan senang diperhatikan. Mereka senang nuzzle dan cuddle terhadap pemiliknya. Waktu kebersamaan dan membuat ikatan kuat antara hewan peliharaan dan pemilik.

Meluangkan sedikit waktu untuk sekedar mengelus bulunya yang lembut, menggaruk bagian kepala mereka atau mengajak bermain akan membuat kucing senang. Selain membuat mereka senang adanya kegiatan fisik yang dilakukan membuat mereka menjadi lebih akttif dan menghindari penyakit obesitas.

Kucing Birman memang memiliki banyak sifat yang mudah disukai banyak pecinta kucing. Selain mereka setia dan mandiri, mereka juga memiliki sifat yang tenang dan tidak agresif. Sifat tenang membuat kucing ini mudah untuk beradaptasi. Jika beberapa kucing akan mengalami kesulitan terhadap orang dan lingkungan baru, tidak demikian dengan kucing ini.

Kucing ini tidak begitu bermasalah ketika harus berada diantara orang lain atau hewan lain, baik itu yang sejenis ataupun tidak. Sifat tenang ini membuat kerjamu menjadi lebih ringan karena tidak harus mencari cara untuk membuat mereka tenang atau melerai jika ada yang berkelahi.

Ketenangan yang kucing ini miliki ini didukung juga suara mereka yang kecil dan lembut. Apabila kamu memiliki anak kecil maka kucing jenis ini bisa menjadi salah satu pilihan kucing yang arus dipertimbangkan.

Tapi, ketika kamu tidak memiliki banyak waktu dan tidak berkeinginan untuk menambah hewan peliharaan, baik kucing atau anjing untuk menemani kucing ini sepertinya kucing Birman bukanlah pilihan yang tepat.

  • Ciri-Ciri Fisik Kucing Birman

Bulu – Memiliki bulu yang panjang dan lembut. Saat masih kecil warna bulu kucing ini adalah putih polos. Namun terjadi perkembangan warna di tubuhnya seiring bertambahnya usia/dewasa.

Warna bulu dari kucing ini cukup beragam, ada warna seal, biru, coklat, merah, tortie dan krem. Warna tortie ini biasanya warna dasar bulu adalah hitam lalu ada tambahan warna lainnya seperti merah, oranye, coklat dan sedikit putih.

Pada umumnya, warna tubuh kucing Birman adalah krem pucat solid dan terdapat titik-titik di bagian muka, telinga, kuping dan ekor. Warna bulu yang seperti ini disebut dengan point (spot). Ada perbedaan antara warna tubuh dengan bagian muka, telinga, ekor dan kaki.

Kaki – Kucing Birman memang memiliki ciri fisik yang hampir serupa dengan kucing Siamase. Salah satu yang membedakan mereka adalah warna di telapak kaki. Kucing ini memiliki warna telapak kaki yang putih.

Bentuk wajah – Kucing Birman memiliki wajah bulat dan lebar.

Mata – Memiliki warna mata biru tua dengan bentuk yang bulat.

Tubuh – Memiliki tubuh dengan ukuran medium hingga besar dengan berat rata-rata kucing ini sebesar 4.5-5 kg untuk kucing remaja.

  • Kesehatan

Kucing Birman memiliki harapan hidup yang cukup tinggi, yaitu bisa lebih dari 15 tahun. Kucing ini juga tidak memiliki riwayat penyakit khusus (berasal dari turunan) seperti kucing Scottish Fold yang memiliki kemungkinan terkena penyakit osteochondrodysplasia. Akan tetapi, sebaik apapun kesehatan kucing jika tidak didukung dengan lingkungan dan cara memelihara kucing yang baik, ya akan sakit juga.

Salah satu penyakit yang dapat terjadi adalah obesitas. Penyakit ini dapat terjadi pada semua kucing jika sang pemilik tidak mengatur pola dan jumlah asupan yang tepat untuk si kucing. Kucing Birman memang memiliki badan yang cukup besar dibandingkan dengan kucing jenis laim. Hal ini yang harus diperhatikan karena mereka mudah gemuk.

  • Cara Merawat

1. Menjaga Nutrisi

Kucing Birman memang bukan pemilih dalam hal makanan. Akan tetapi sebagai pemilik yang baik, maka kita yang harus mengetahui makanan apa yang memiliki kualitas terbaik.

Carilah makanan kucing yang mengandung banyak daging karena kucing Birman memiliki sifat yang sangat aktif dan suka bermain. Jangan memberi makanan mentah kepada mereka karena dapat menyebabkan masalah seperti menimbulkan diare dan dapat menjadi penyakit cacingan.

2. Kebersihan Lingkungan

Menjaga untuk selalu bersih dari tempat tidur, lingkungan bermain dan litter box. Bulunya yang panjang membuat kutu atau tungau mudah hinggap dan ditakutkan akan menimbulkan penyakit. Jika dirasa tempat yang biasa mereka beraktivitas kotor segeralah bersihkan.

3. Kebersihan Tubuh

Kucing ini tidak harus mendapatkan perawatan ekstra meskipun memiliki bulu yang panjang. Memandikannya seminggu sekali ketika kucing adalah hewan rumahan dirasa sudah cukup. Sisir bulu kucing untuk menjaganya tetap lembut dan menghilangkan hairball.

Jangan sampai terlewat untuk membersihkan area mata, hidung, telinga dan salah satu yang terpenting juga adalah kebersihan gigi.

4. Memeriksa Kesehatan

Apapun informasi yang mengatakan kalau kucing ini memiliki daya tahan tubuh yang sangat bagus, tapi tidak ada salahnya jika kita tetap memberikan perhatian yang optimalkan. Berikanlah vaksin, pengendali parasite dan lakukan pemeriksaan kesehatan hewan tahunan. Sterilisasi juga baik dilakukan untuk menjaga kesehatan kucing.

5. Ajak Bermain

Kucing ini sangat energik sehingga mereka senang ketika diajak bermain. Banyak melakukan aktivitas juga akan membuat kucing Birman terhindar dari penyakit obesitas. Selain membuat mereka bahagia, mengajak bermain kucing akan meningkatkan bonding antara pemilik dengan kucing peliharaannya.

Beberapa permain yang mereka suka adalah lempar-tangkap menggunakan boneka tikus kecil atau laser pointer, bermain kejar-kejaran dengan hewan lain (jika ada) dan tongkat bulu kucing. Ketika mereka senang dengan suasana rumah maka akan membuat betah dan tidak ingin bermain di luar. Hal ini akan berdampak baik bagi kucing. Keadaan lingkungan luar yang tidak diketahui kebersihannya dan banyaknya hewan lain dapat meningkatkan terjadinya penularan penyakit pada kucing peliharaan.

Penutup

Kucing Birman memang memiliki keindahan tampilan yang membuat banyak pecinta kucing jatuh hati. Tapi, ketika hendak memeliharanya ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu mengenai sifat dan cara merawatnya. Apabila merasa sanggup untuk mengurusi dan membuat kucing ini senang, maka silakan membangun hubungan erat dengan kucing Birman.

Pelihara kucing Siamese atau kucing jenis lainnya dan punya kenangan yang berkesan? Yuk share ceritamu ke email [email protected] atau DM IG @Jurnal_Kucing. Setiap cerita yang menarik akan diceritakan ulang dan dimasukkan ke dalam blog.

Menceritakan kembali peristiwa yang telah terjadi antara kamu dan si kucing dan menulisnya akan menjadi kenangan abadi.

Leave a Reply