CARA MEMILIH DAN REKOMENDASI KANDANG KUCING

CARA MEMILIH DAN REKOMENDASI KANDANG KUCING

Perlu tidak memiliki kandang kucing? Tergantung kebutuhan.

Ada pemilik yang tidak memiliki kandang karena kucin peliharaannya juga dibiarkan main di luar.

Ada yang menggunakan alasan karena lebih senang jika berinteraksi langsung dengan kucing tanpa adanya batasan, bahkan saat tidur.

Tetapi, jika kamu memiliki lumayan banyak kucing, mungkin harus dipikirkan karena adanya kandang dapat digunakan sebagai tempat lahiran. Menjaga dan mengawasi kucing agar lebih mudah juga menjadi alasan memiliki ini.

Kandang memiliki beberapa jenis fungsi dan penggunaan material yang berbeda-beda. maka untuk mempermudah memutuskan membeli kandang, artikel ini akan membahas bagaimana caranya.

1. Keuntungan Memiliki Kandang Kucing

Sebelum membeli sesuatu ada baiknya mempertimbangkan keuntungan yang bisa didapatkan dari benda tersebut, tidak terkecuali dengan kandang. Beberapa keuntungan memiliki kandang kucing:

  • Tempat melahirkan kucing. Kucing yang sedang melahirkan sangat sensitif dengan situasi. Mereka harus berada pada keadaan tenang dan nyaman. Apa jadinya jika mereka stress? Induk kucing yang stress akan membawa anaknya ke tempat yang aman, kadang jika tidak terawasi kita gak akan tau anaknya diumpetin dimana. Hal ekstrim lain yang mungkin terjadi induk kucing memakan anaknya.
  • Tempat menghindari terjadinya perkawinan kucing. Jika dirasa kamu sudah memiliki banyak kucing dan belum disterilisasi, dengan kandang kamu bisa menaruh sementara waktu kucing betina hingga masa birahinya hilang.
  • Tempat kucing sakit. Beberapa penyakit kucing, seperti scabies yang dapat menular ke kucing lain sehingga adanya kandang ini akan mencegah penularan. Selain itu, lebih mudah untuk menjaga dan melakukan perawatan.
  • Tempat kucing agar tidak kabur dari rumah dan mempermudah pengawasan.
  • Mempermudah membawa kucing ketika harus berpindah rumah.

Bagi kamu yang sedang mempertimbangkan beli kandang untuk kucing atau tidak, mungkin poin-poin di atas dapat membantu. Jikalau lebih banyak hal manfaat yang bisa diambil, tidak ada salahnya juga membeli.

Buat yang sudah punya sudah punya, kalau ada keuntungan lainnya yang dirasakan dan belum tertulis, boleh ditambahin di kolom komentar ya.

2. Cara Memilih Kandang Kucing

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli kandang kucing, seperti bahan, alas, dan ukuran.

  • Bahan Kandang Kucing

Sudah sangat jelas ini adalah hal yang terpenting ketika akan membelinya. Bahan pembuatan biasanya menggunakan alumunium atau stainless steel. Namun, kayu juga bisa digunakan untuk membuat kandang.

Penggunaan bahan kayu memang terlihat lebih kokoh, keren dan bisa sebagai interior ruangan agar terlihat lebih cantik. Kandang ini tidak fleksibel karena berat dan dapat menyerap bau dan kotoran jadi lebih suit untuk dibersihkan.

Kandang yang menggunakan bahan alumunium akan lebih tidak mudah berkarat sehingga umur pemakaian lama, mudah dibersihkan dan ringan sehingga mudah untuk dibawa.

Pastikan juga tidak ada benda tajam, seperti paku atau kawat pada ujung-ujung kandang sebelum memasukkan kucing ke dalam kandang.

  • Alas Kandang Kucing

kandang kucing
Sensi Pad

Penggunaan alas selain untuk menjaga kandang tetap bersih, akan lebih membantu kamu saat membersihkan. Jenisnya ada beragam tapi diantaranya adalah alas sensipads, matras susun, dan alas anti slip.

Alas kandang sensipads memiliki bahan yang lembut sehingga sangat aman bagi kucing, baik anak kucing ataupun kucing tua. Sensipads juga memiliki daya serap tinggi dan anti bocor. Tetapi, alas ini hanya bisa dipakai sekali. Apabila kotor maka harus segera dibuang dan diganti dengan yang baru. Harga dari sensipads ini berkisar Rp 22.000,- – Rp 35.000,-.

Alas kandang kucing matras susun dan anti slip ini terbuat dari bahan PVC. Kalau jenis alas ini bisa digunakan berulang kali karena bisa dibersihkan. Kedua bahan ini juga cukup tebal.

kandang kucing

Beda dari kedua alas ini dari ukuran lubang. Matras susun memiliki ukuran lubang lebih besar dibandingkan anti slip. Jika di dalam kandang adalah anak atau kucing kecil maka bisa memungkinkan kaki mungil mereka tersangkut. Matras susun juga bisa disambung untuk menghasilkan ukuran alas yang lebih besar.

kandang kucing
Alas Anti Slip

Berbeda dengan alas anti slip yang memiliki lubang lebih rapat jadi lebih aman untuk segala usia kucing. Keuntungan lainnya karena lubangnya rapat sehingga kotoran tidak akan mengenai kandang, terlihat lebih bersih.

Jika sensipads bisa dengan mudah kamu buang ketika sudah kotor, kedua matras ini harus segera dicuci agar bisa digunakan kembali. Jadi, jangan malas membersihkan ya.

Sebelum membeli  kamu harus tau untuk berapa ekor kucing di dalamnya. Jangan membeli kandang yang terlalu kecil karena akan membuat mereka sulit bergerak dan tidak nyaman. Akibat parahnya memungkinkan kucing stress. Jangan lupa untuk menyediakan makanan, minuman, litter box dan mainan (jika memungkinkan) di dalam kandang. Ukuran ini biasa digunakan untuk sehari-hari.

Apabila digunakan untuk beternak, sudah jelas yang dibutuhkan adalah kandang yang lebih besar karena banyak kucing. Idealnya memiliki luas ukuran 36m2 untuk jumlah kurang lebih 12 ekor. Selain ukuran, khusus untuk ternak maka perlu dipikirkan juga mengenai tata ruang dan letak. Dapatnya sinar matahari dan sirkulasi udara adalah salah satu hal yang harus diperhatikan sehingga keadaan kandang tidak lembab.

Pastikan terlebih dahulu kandang ini akan digunakan untuk berapa jumlah kucing, apakah bisa dan nyaman digunakan untuk kucing yang melahirkan? Jangan lupa untuk mengetahui berat dan panjang kucing untuk menyesuikan dengan kandang yang akan dibeli.

Kandang kucing umumnya cukup luas sehingga ada baiknya kamu juga mengukur ruangan yang akan ditaruh kandang. Pengukuran ini akan meminimalisir kesalahan membeli kandang yang menyebabkan keadaan rumahmu menjadi sangat sempit.

3. Rekomendasi Kandang Kucing

  • Kandang Kecil

kandang kucing

Tidak bertingkat, biasanya untuk 1 kucing saja dengan Ukuran 61cm x 43cm x 54cm. . Terbuat dari alumunium dan tidak memiliki roda

Bisa digunakan untuk mengisolasi sementara waktu kucing yang sedang sakit atau menghindari kucing betina hamil. Selain itu, bisa juga sebagai tempat anak kucing jika takut mereka akan keluar rumah

Harga berkisar kurang lebih Rp 200.000,-

  • Kandang Lipat Besar

kandang kucing

Memiliki ukuran kandang biasanya 95cm x 60cm x 68cm, lebar kesamping. Kandang ini bisa dilipat sehingga mudah untuk dipindahkan tapi tidak memiliki roda.

Pada kandang terdapat sekat yang bisa digunakan kucing untuk melompat. Bisa digunakan untuk kucing lahiran, sakit dan sebagainya. Disarankan untuk memasukkan 1 kucing agar lebih mudah untuk bergerak dan bermain.

Harga kandang berkisar Rp 455.000,-.

  • Kandang Tingkat HP1

kandang kucing

Memiliki ukuran 60cm x 40cm x 70cm dan terbuat dari alumunium. Kandang ini cukup tinggi dan ada sekat di dalamnya. Sifat kucing yang suka memburu akan senang dengan tempat ini karena dapat melihat segalanya dari ketinggian atau memantau.

Adanya sekat ini membuat kucing bisa melompat. Anak kucing akan cukup senang jika berada di kandang ini karena sifat mereka yang masih sangat aktif.

Harga kandang ini berkisar Rp 310.000,-.

  • Kandang 2 Tingkat C221

Memiliki ukuran 79cm x 52cm x 82cm den terbuat dari alumunium. Kandang ini memiliki 2 tingkat sehingga dapat mengurangi kebosanan kucing. Setiap tingkatannya dapat digunakan mereka untuk tidur selain sebagai tempat bermain dan melompat.

Kandang ini juga memiliki roda sehingga lebih mudah untuk dipindahkan. Kandang ini memang cukup mahal dibandingkan ketiga kandang sebelumnya. Tapi, dirasa sepadan dengan fasilitas yan diberikan.

Harga kandang ini berkisar kurang lebih Rp 1.000.000,-.

  • Kandang 3 Tingkat C222

Memiliki ukuran yang besar, yaitu 91cm x 56cm x 130cm dengan bahan yang digunakan adalah alumunium. Ukurannya yang besar membuat kucing lebih bisa bergerak bebas. Terdapat roda untuk mobilitas, ya jelas karena kandang ini besar akan sangat repot jika harus menggotongnya untuk pindah.

Memiliki 3 tingkat dan dapat diisi oleh 2 ekor kucing dewasa. Setiap tingkatan dapat digunakan mereka untuk bermain ataupun beristirahat. Istimewanya lagi, pada bagian atas terdapat hammock yang dapat digunakan kucing untuk bersantai.

Harga dari kandang ini berkisar kurang lebih Rp 2.000.000,-.

Tapi, ada juga yang menjual kandang 3 tingkat tanpa hammock dengan ukuran 76cm x 46cm x 100cm (lebih kecil) dengan harga kurang lebih Rp 550.000,-.

  • Kandang 4 tingkat C220

Memiliki ukuran 79cm x 52cm x 141cm dan terbuat dari alumunium. Ukuran lebarnya tidak lebih besar dibanding kandang 3 tingkat, tapi kandang ini lebih tinggi. Terdapat roda untuk mempermudah pemindahan.

Disarankan hanya untuk 2 kucing dewasa agar lebih bebas dalam bergerak, menjelajahi kandang dan menjadi tidak begitu stress. Jika ingin memasukkan anak kucing, bisa sampai 5 ekor.

Memiliki 4 tingkat di satu kandang membuat kucing lebih senang karena mereka bisa semakin tinggi menempati wilayah.

Harga Harga dari kandang ini berkisar kurang lebih Rp 1.700.000 – Rp 2.2000.000,-.

  • Kandang dari Kayu Unik 06

Memiliki ukuran besar 100cm x 60cm x 120cm yang berdesain cukup unik. Bagian dalamnya bisa disesuaikan dengan permintaan (custom) jika mau. Memakai bahan kayu untuk dibuatkan kandang memang terlihat lebih unik.

Bisa diisi hingga 3 ekor kucing dewasa. Terdapat 2 tingkat di dalamnya. Terpenting, ada roda di bawah kandang karena bahan yang digunakan berat sehingga mudah untuk dipindahkan.

Harga yang ditawarkan terjangkau Rp 970.000,-.

4. Cara Membersihkan

Apabila kucing dimasukkan di dalam kandang, sebenarnya ruang geraknya akan lebih terbatas dibandingkan jika kucing diluar. Maka kebersihan kandang sangat harus dijaga agar kucing nyaman dan tetap sehat.

Siapkan litter box dan alas untuk kandang salah dua hal yang dirasa cukup dapat membantu kandang cukup bersih. Meskipun demikian, tetap kandang harus dibersihkan apalagi jika kandang digunakan untuk mengisolaso kucing yang sedang sakit.

Membersihkan jika bisa sehari sekali dengan mengganti litter box dan alas jika menggunakan sensipads. Cucilah keseluruhan kandang minimal seminggu sekali menggunakan air dan desinfektan. Apabila menggunakan pasir zeolite maka cuci, berikan desinfektan dan jemurlah secara benar. Hal ini dilakukan untuk menghindari kuman mati.                                                                   

Jika terkena spraying kucing jantan maka segeralah dibersihkan. Kalau tidak dan kucing jantan lainnya mencium bau maka dapat melakukan hal serupa dan membuat kondisi kandang lebih bau lagi.

Info Tambahan

Ada baiknya jika kamu sudah memiliki kandang maka berikanlah penutup agar kucing merasa cukup nyaman, terutama kucing yang baru saja melahirkan. Bisa menggunakan bahan tipis atau semi-tipis sehingga cahaya masih bisa masuk dan tidak terlalu gelap untuk kucing.

Kandang kucing ada yang memiliki roda dan tidak. Jelas, ini sesuai kebutuhan saja karena seperti yang info di atas bahwa kandang kucing bahan alumunium ringan. Tapi, apabila ingin mengunakan yang besar lebih baik yang menggunakan roda. Tujuannya untuk mempermudah perpindahan tempat atau pembersihan.

Penutup

Apakah sudah jelas artikel mengenai cara memilih kandang kucing? Jangan lupa untuk memperhatikan bahan dan ukurannya sebelum membelinya. Di dalam kandang juga harus memberikan kebutuhan kucing, seperti makan, minum, litter box dan mainan agar kucing merasa nyaman.

Belilah kandang sesuai kebutuhan dan budget!

Ditekankan jika memiliki kandang kucing bukanlah keharusan. Tapi, jika dirasa perlu dan memungkinkan tidak ada salahnya jika memiliki 1-2 buah. Jika ada tambahan informasi bisa dituliskan pada kolom komentar.

Leave a Reply