7 REKOMENDASI KAFE KUCING YANG HARUS KAMU DATANGI

7 REKOMENDASI KAFE KUCING YANG HARUS KAMU DATANGI

Masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan untuk berkumpul bersama, baik bersama keluarga ataupun teman. Kebiasaan suka berkumpul ini kemudian yang disebut dengan paguyuban. Memanfaatkan budaya ini yang diikuti dengan berkembangnya inovasi di bidang usaha membuat banyak didirikan kafe. Salah satunya adalah kafe kucing.

Banyaknya bisnis kafe dengan tema yang unik inilah yang menjadi landasan untuk membuat tempat kucing dan pengunjung untuk bermain. Berkonsep kafe sebagai tempat nongkrong yang asik untuk bertemu, mengobrol sederhana dengan dikelilingi kucing-kucing lucu dan juga menggemaskan.

Buat pecinta kucing, tempat ini menjadi sarana yang sangat menyenangkan, maka dari itu artikel kali ini akan membahas tentang rekomendasi tempat yang menarik untuk kamu datangi.

Awal Mula Kafe Kucing

Negara yang pertama kali mengkonsepkan tema kafe kucing dan dipublikasikan oleh media adalah Taiwan. Nama restoran tersebut adalah Cat Flower Graden. Tempat ini terletak di stasiun Zhishan dekat dengan distrik Shilin ini sudah didirikan sejak 22 tahun yang lalu!

Pada awalnya, adanya konsep unik ini tidak membuat tempat ini langsung mendapatkan perhatian konsumen. Hingga pada suatu ketika ada stasiun TV yang meliput dan sejak itu baru tempat ini mendapatkan sambutan positif.

Pengunjung yang datang kebanyakan berasal dari Taiwan dan wisatawan Jepang. Pada tahun 2016, kafe ini memiliki 15 ekor kucing, 2 anjing dan 1 burung.

Jika kamu hendak mengunjungi tempat ini di Taipei, mereka menyediakan berbagai minuman dan makanan ringan, seperti fruit tea, kopi dan dessert. Menu yang disajikan cocok untuk sebagai pelengkap kamu untuk bersantai dan bermain bersama hewan.

Bahkan, tempat ini menyediakan buku tentang kucing jika kamu ingin mempelajari atau sebagai obrolan dengan teman.

Bagaimana dengan kafe kucing di Indonesia?

Rekomendasi Kafe Kucing

  1. Kopi Cat Café

kafe kucing
Sumber: @Kopicatss15

Memiliki 2 lokasi yang berada di Kemang dan Bintaro. Tempat ini memiliki design interior yang sangat Instagramable yang cocok untuk anak jaman sekarang.

Interior yang menarik dan bagus adalah salah satu keunggulan dan daya tarik dari kafe kucing ini. Tidak hanya nyaman, tapi pengunjung juga akan berfoto dan memasukannya ke media sosial. Hal ini berdampak baik karena kafe akan mendapatkan pemasaran gratis.

Untuk makanan, tidak seperti tempat kucing kebanyakan yang hanya menjual makanan manis. Di tempat ini kamu bisa menikmati juga makanan asin walaupun bukan makanan berat, seperti dimsum, kentang goreng, risoles, dan lasagna.

Minuman kurang lebih sama dengan kafe kucing pada umumnya yang menyediakan teh, kopi, minuman latte dan juga softdrink.

Harga bermain dengan kucing Rp 50.000,- di weekday dan Rp 60.000,- di weekend untuk 1 jam bersama. Ada harga Happy Hour yang diberikan pada hari Senin-Jumat dari jam 09.00-12.00 WIB sebesar Rp 25.000,- per jam.

  1. Cutie Cats Cafe

kafe kucing
Sumber: @cutiecatscafe

Pertama kali berlokasi di daerah Kemang, Jakarta Selatan dan didirkan pada 12 Februari 2015. Akan tetapi, berdasarkan info di IG mereka (@cutiecatscafe) sudah menutup kafe di kawasan Kemang dan akan menempati lokasi baru. Tapi, belum ada info terbaru lagi mengenai lokasi terbarunya.

Tempat ini merupakan kafe yang mengusung tema kucing pertama di Indonesia. Di tempat ini, setidaknya ada 15 kucing dengan berbagai ras yang akan menemani kalian untuk menghabiskan waktu.

Kucing ras yang ada di tempat ini adalah kucing Persia, Maine Coon, Bengal, Scottish Fold dan tidak lupa tetap ada kucing lokal juga. Kucing ini bersih karena sudah pasti pemilik sangat memperhatikan kesehatan dan kebersihan kucing.

Makanan ringan dan minuman manis yang ditawarkan oleh kafe ini. Cupcakes, biskuit dan cakes adalah makanan yang tersedia. Adapun minuman yang tersedia seperti coklat panas atau dingin, teh dan kopi.

Biaya masuk untuk dapat bermain dengan kucing di kafe ini Rp 55.000,- saat weekday dan Rp 85.000,- saat weekend untuk 1 jam pertama.

  1. The Cat Cabin

kafe kucing
Sumber: @thecatcabinjakarta

Kafe kucing selanjutnya terletak di Kemang lagi, tepatnya di Jalan Kemang Raya No.31, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Tempat ini berdiri pada tahun 2015 ternyata mendapatkan sambutan yang positif dari konsumen.

Jumlah kucing yang dihadirkan di kafe ini kurang lebih hanya 11 ekor. Jumlah yang tidak terlalu banyak tetapi tetap dirasa cukup untuk dapat menemani pengunjung yang ada.

Seperti layaknya kafe kucing lainnya, di tempat ini juga hanya menyediakan makanan dan minuman ringan. Mengingat banyaknya pengunjung yang hanya ingin bersantai dan bermain dengan kucing, maka menu yang dihadirkan hanyalah sebagai pelengkap.

Biaya bermain dengan kucing untuk 1 jam pertama sebesar Rp 60.000,- saat weekday dan Rp 65.000,- saat weekend. Biaya 1 jam setelahnya jika masih ingin bermain dengan kucing adalah Rp 30.000,-.

  1. Cats and Ice Cream Café

Sumber: @catsandicecream

Kafe kucing yang berada di wilayan Bandung, kota yang terkenal dengan kreatifitasnya dan memiliki banyak tempat menarik. Lokadi

Mengusung tema ice cream dan kucing sangat cocok dipadukan. Bahkan untuk membuat keadaan berkumpul lebih menyenangkan, pihak kafe juga menyediakan buku mengenai nama-nama kucing. Kamu bisa membahas hal ini bersama teman atau sebagai ide nama kucingmu.

Harga masuk pertama kali di kafe kucing ini sudah termasuk 1 scoop es krim dan bermain dengan kucing selama 1 jam. Hari weekday Rp 60.000,- sedangkan weekend Rp 70.000,-.

  1. Miaw Shake Cat Café

Sumber: @miawcatcafe

Berlokasi di Jogjakarta yang merupakan kota dengan kaya budaya Jawa dan banyaknya tempat wisata, tidak terkecuali dengan kafe dengan tema unik. Tempat kucing ini berdiri pada tahun 2015 dan berada di Jalan Pakuncen, Wirobrahan.

Kafe ini dikelola oleh mahasiswi kedokteran hewan. Dengan demikian, diharapkan jika tidak hanya kucing tapi lingkungan juga dapat terawat dengan baik. Jika lingkungan tempat kucing tinggal tidak terawat maka akan ditakutkan kucing mengalami sakit, seperti scabies atau kutu.

Makanan dan minuman yang disajikan kebanyakan ringan dan cocok untuk kamu yang ke kafe kucing dengan tujuan hanya untuk bermain dengan kucing. Untuk menjaga kucing tidak mengganggu pengunjung saat makan atau minum, kucing diberikan makanan di pojokan.

  1. Cats and Coffee Café

Sumber: @catsncoffee_id

Sama seperti Miaw Shake Cat Café, berlokasi di Jogjakarta. Tepatnya tempat kucing ini berada di Jalan Bougenville, Caturtunggal, Kab. Sleman, DIY.

Menggabungkan konsep kopi, tema kafe yang sedang trend saat ini dengan pecinta kucing. Cukup menjadi keunikan sendiri dibandingkan dengan kafe dengan tema kucing lainnya.

Jika ingin mengunjungi kafe ini, kamu tidak harus membayar biaya masuk. Hanya saja, kamu harus memesan makanan dan minuman ketika mau bermain dengan kucing. Tidak hanya bebas biaya masuk yang membuat konsumen senang, tapi juga design interior yang bagus.

Ketika kamu sedang penat dan butuh sedikit relaksasi, bisa datang ke kafe ini bersama teman. Bahkan sendiri karena akan banyak kucing yang akan menemani.

  1. Neko Kepo

Sumber: @neko.kepo

Kafe ini berlokasi di Surabaya, tepatnya di Jalan Siwalankerto Timur V No.3, Wonocolo pada tahun 2019. Tempat kucing ini pertama kali ada di kota Malang dan didirikan oleh Ikbar Haskara Damarjati.

Bahkan, untuk membantu merawat kucing pihak kafe dibantu oleh pihak petcare. Jumlah kucing di kafe yang berada di Malang ada 13 sedangkan di Surabaya ada 14 ekor. Jenis kucing ras yang ada diantaranya adalah kucing Persia, domestik, Scottish fold dan Bengal.

Jika kamu memiliki seekor kucing, bisa membawanya ke kafe kucing ini untuk bermain bersama kucing lainnya. Menyenangkan ya!

Kucing yang berada di sini juga suka diajarkan sehingga mereka bisa tertib dan tidak mengganggu pengunjung. Kucing akan tahu di mana mereka harus makan, minum dan buang air.

Makanan yang disajikan tidak seperti kafe lainnya yang hanya menyediakan makanan ringan. Di sini, kamu bisa memesan makanan berat, seperti neko-bowl, geprek, katsu dan teriyaki.

Biaya masuk untuk bermain bersama kucing saat weekday Rp 20.000,- dan weekend Rp 25.000,- per jamnya. Cukup murah dan jika didukung dengan tempat yang nyaman, kamu akan mendapatkan kesan dan pengalaman yang menarik.

Hal yang Harus Diketahui

Beberapa hal yang harus kamu ketahui dan tidak dilakukan saat berkunjung ke kafe kucing, adalah:

  • Berbicara denga suara pelan
  • Tidak menyakiti kucing dengan cara menarik buntutnya, mencubit dan bahkan menekan badannya terlalu erat karena gemas
  • Jangan mengagetkan mereka dengan tujuan untuk membuat kamu tertawa
  • Jangan foto kucing menggunakan Flash
  • Jangan berikan makanan manusia
  • Jangan menganggu sat kucing sedang tertidur

Penutup

Kafe kucing merupakan suatu inovasi kafe dengan tema yang menarik dan menyenangkan bagi pecinta kucing. Sudah banyak jenis kafe yang mengusung tema ini di Indonesia.

Adanya kucing akan menambah keceriaan kamu dan membantu melepas penat karena bisa bermain bersama mereka. Tapi, jangan lupa akan ada beberapa hal yang harus dan tidak boleh kamu lakukan agar kucing tetap nyaman.

Dari ke 7 rekomendasi kafe kucing yang sudah disebutkan, apakah kamu sudah pernah mengunjungi salah satunya?

Leave a Reply