KENALI CIRI-CIRI KUCING INGIN MELAHIRKAN

KENALI CIRI-CIRI KUCING INGIN MELAHIRKAN

Kucing kamu lagi hamil? Nah kalau iya, kamu harus tau dulu ciri-ciri kucing melahirkan dan bagaimana cara menangani kucing melahirkan. Info ini penting untuk diketahui oleh setiap pemilik kucing. Walaupun sudah berencana akan menggunakan jasa dokter hewan, tetapi apabila lupa dihitung masa kehamilan kucing maka yang harus diketahui adalah ciri-ciri kucing mau melahirkan. Maka kamu sudah siap jika kucing mu akan lahir di rumah.

Berikut adalah Ciri-Ciri Kucing Ingin Melahirkan

  • Mencari Tempat Sepi dan Aman

Mereka akan kesana-kemari dan terlihat gelisah dalam intensitas waktu yang lumayan sering (dalam keadaan hamil besar) untuk menemukan tempat yang sesuai. Tempat yang biasanya mereka tuju adalah lemari pakaian, gudang atau atap rumah.

Oleh karenanya, jika kamu menyadari segeralah menyiapkan tempat untuk induk kucing yang bersih, nyaman, hangat dan sepi. Sehingga kucing dalam pengawasan kita dan ketika terjadi hal yang tidak wajar bisa segera diatasi.

  • Lebih Suka Tidur dan Durasi Lama

Jangan kaget ya, waktu tidur kucing memang sangat lama, yaitu sekitar 16-18 jam per hari pada umumnya. Tetapi jika dalam keadaan hamil kucin dapat tidur selama 20 jam dalam sehari.

Apakah kucing saya sakit?

Tenang dulu, bisa jadi ini adalah ciri-ciri kucing mau melahirkan. Ketika kucing hamil apalagi usia kehamilan sudah tua maka dengan jam tidur yang lama bertujuan untuk sang induk mempersiapkan fisiknya. Lebih baik buat keadaan menjadi nyaman sehingga kucing tidak stress dan terbangun-bangun dalam tidur karena suara yang berisik.

  • Adanya Perubahan Nafsu Makan

Salah satu ciri-ciri kucing mau melahirkan yang cukup bikin beberapa pemilik panik adalah adanya perubahan nafsu makan, antara nafsu makan menjadi tinggi atau menjadi rendah. Pada awal-awal kehamilan induk kucing akan makan hamper 2x lebih banyak dibandingkan biasanya. Ini wajar karena induk harus memberi makan calon bayi yang ada di dalam tubuh.

Akan tetapi, pada masa-masa kehamilan tua atau mendekati waktu lahiran maka nafsu makan induk kucing bisa tiba-tiba turun drastic. Tenang, kamu jangan panic! Hal ini bisa disebabkan karena sang induk harus menopang berat calon si anak dalam tubuhnya sehingga lemas dan kesulitan untuk bergerak. Jika kucing kamu seperti ini, pastikan memberi makan yang terbaik ya, jadi diharapkan ketika mau makan maka nutrisi kalori dan protein sudah terpenuhi.

  • Lebih Sering Mengeong

Biasanya jika waktu lahiran sudah tiba (perut kucing sudah semakin membesar atau berdasarkan perhitungan tidak lama lagi waktunya) maka mereka akan memberi sinyal atau tanda dengan lebih sering mengeong dengan suara yang keras. Maka, segeralah untuk membuat menjadi lebih tenang dan tidak ramai supaya kucing nyaman dan bisa melahirkan dengan baik.

Kamu juga harus memperhatikan apakah ada badan kucing yang terluka atau tidak. BIsa jadi suara mengeong itu bukan untuk menunjukkan ciri-ciri kucing mau melahirkan.

Jika suara tersebut merupakan ciri-ciri kucing mau melahirkan, maka sebisa mungkin kucing jantan dijauhi oleh kucing betina. Tujuannya agar kucing dapat melahirkan lebih tenang, bayi kucing tidak dibawa oleh kucing jantan atau bahkan bayi kucing jantan akan dimakan.

  • Sering Menjilat Tubuh dan Genital

Hal ini dilakukan oleh kucing untuk membersihkan cairan karena ketika waktu melahirkan sudah semakin dekat biasanya akan mengeluarkan cairan (mucus) dan cairan ketuban. Selain itu, aktivitas ini membuat induk kucing mengeluarkan hormon yang dapat membantu saat proses melahirkan.

Perlu diamati apakah cairan yang keluar terdapat darah? Jika darah yang dikeluarkan sedikit itu adalah hal wajar. Menjadi tidak wajar jika darah yang dikeluarkan banyak atau cairan yang berbau tidak sedap karena bisa jadi kucing mengalami gangguan kesehatan. Oleh karenanya butuh diperiksa oleh dokter hewan untuk mendapatkan diagnose yang akurat.

  • Suhu Tubuh Menurun dan Perubahan pada Nipple

Suhu tubuh kucing saat menandung lebih rendah dibandingkan kucing normal. Kamu bisa mengecek suhu tubuh saat kucing memasuki usia kandungan 2 bulan (mendekati waktu melahirkan). Kamu bisa melakukannya 12-24 jam sebelum induk kucing melahirkan. Umumnya, suhu tubuh kucing saat hamil berkisar antara 37-38 derajat Celsius sedangkan suhu tubuh kucing normal berkisar antara 38-39,2 derajat Celsius.

Adanya pengukuran suhu tubuh bisa untuk meliat apakah induk kucing sehat atau sedang tergangu kesehatannya. Ketika akan melahirkan suhu tubuh kucing bukannya menurun tapi meningkat, itu mengindikasikan bahwa harus ada perawatan khusus untuk kucing. Maka dari itu, kalian bisa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Peubahan putting kucing dapat terlihat dengan jelas dengan ciri-ciri tumbuh lebih besar, berwarna lebih merah muda dan mulai mengeluarkan susu.

  • Air Ketuban Pecah

Ketika disebutkan air ketuban pecah merupakan ciri-ciri kucing mau melahirkan sebenarnya akan sedikit sulit untuk diidentifikasi. Mengapa? Karena ini Nampak seperti kucing sedang membuang air kecil. Untuk membedakannya maka bisa dilihat dari sudah berapa hari kucing mengandung. Masa hamil kucing pada umumnya berkisar 59 hingga 63 hari. Jika usia kandunan induk kucing sudah memasuki bulan kedua bisa dikatakan kucing telah mengalami pecah air ketuban.

Ada 3 Tahapan Proses Melahirkan

Tahap 1 – Memasuki tahap ini terkadang induk kucing akan mengalami kontraksi, serviks dan genital kucing akan mulai rileks untuk mempersiapkan melahirkan. Ketika keadaan ini tidak begitu menggangu, biasanya induk kucing masih akan bergerak dan mencari tempat jika belum menemukan. Tahap pertama ini terjadi kurang lebih selama 35 jam.

Tahap 2 – Kontraksi yang terjadi lebih kuat dan sering, biasanya diikuti juga dengan pecahnya ketuban kucing sehingga kucing menjadi lebih tegang. Pada tahap ini kepala anak kucing akan bergerak menuju ke tempat keluarnya mereka.

Pada tahap ini bayi kucing yang kalian nantikan akan segera terlahir. Waktu bayi kucing berbeda bergantung dari kekuatan fisik dan kesehatan induknya. Bisa keluar antara 1 kucing dengan kucing lainnya hanya jeda dalam hitungan menit, tapi bisa juga dalam hitungan jam. Setelah bayi lahir induk kucing akan segera menjilat kantung ketuban pada anaknya sehingga dapat bernafas.

Tahap 3 – Pembersihan plasenta oleh induk kucing. Apabila sang induk tidak ada insting untuk memakannya sebaiknay segera dibuang. Setelah itu, biarkan kucing mu beristirahat selama 24-48 jam untuk mengembalikan energi. Selain itu, pada tahap ini terjadi perkenalan bayi kucing terhadap ibunya jadi disarankan selama 2 minggu bayi jangan dipegang oleh manusia, kecuali dalam keadaan darurat.

Itulah beberapa ciri-ciri kucing mau melahirkan yang bisa kamu amati. Jangan lupa jika kucing kamu menunjukkan gejala sakit segera konsultasikan dengan dokter. Penanganan yang baik untuk menyelamatkan induk kucing dan anaknya.

Jika ada ciri-ciri kucing mau melahirkan yang terlewatkan oleh kami, bisa banget untuk sharing ilmunya ya.

Leave a Reply