10 REKOMENDASI CAT TREE LUCU UNTUK KUCING

10 REKOMENDASI CAT TREE LUCU UNTUK KUCING

Harga dari cat tree bisa dibilang tidak cukup murah. Tetapi, benda ini tetap selalu ada tempat bagi setiap pemilik kucing.  Apakah karena bentuknya yang lucu? Pertanyaan ini benar adanya karena benda memiliki bentuk yang beraneka ragam.

Nyatanya, adanya benda ini akan membuat ruangan terlihat lebih unik. Kebanyakan model cat tree ini sangat lucu sehingga tidak hanya kucing yang suka, tetapi juga pemiliknya. Tidak hanya modelnya yang lucu, tapi ada juga manfaat yang didapat.

Manfaat Cat tree

Mengeluarkan harga yang cukup mahal ketika membeli cat tree untuk anak bulu kesayangan maka harus mengetahui manfaat yang didapat.

Kucing merupakan hewan vertikal, dimana mereka akan melihat keadaan sekitar dari ketinggian. Ini juga berasal dari sifat alaminya yang digunakan untuk memantau mangsa atau berhati-hati dengan pemburu.

Kucing akan diberikan tempat nyaman ekstra meskipun hanya berada di dalam rumah. Manfaat lain yang baik untuk kucing adalah:

Cat Tree
  • Memberikan tempat mereka untuk menyendiri dan beristirahat.

Kucing dapat tidur tanpa diganggu dan mengawasi dari ketinggian. Menggunakan cat tree juga memungkinkan kucing akan berbagi tempat sesuai dengan urutan kekuasannya dalam jarak dekat namun tidak saling terganggu.

  • Mengurangi stress

Terutama untuk kucing pemalu dan penakut. Dengan adanya benda ini mereka dapat mendapatkan posisi tinggi untuk melihat keadaan sekeliling.

Buat kucing yang pemalu akan mendapatkan kebahagiaan karena mereka dapat memilih kamarnya. Kucing pemalu juga dapat bersembunyi di dalam situ dalam waktu yang lama. Mereka tidak perlu pusing mencari kolong kasur atau tempat lainnya agar merasa nyaman.

  • Sebagai tempat olahraga kecil.

banyak aktifitas fisik yang dilakukan. Bahkan kamu bisa mengajaknya bermain menangkap menggunakan tongkat bulu untuk melatih sifat berburu mereka.

  • Melatih sifat natural mereka yang suka memanjat, loncat dan berbaring
  • Memberikan tempat bagi mereka untuk menggarukkan kukunya

Cara Memilih Cat tree

  1. Penggunaan Bahan

Bahan yang digunakan untuk benda ini biasanya keseluruhan menggunakan kayu atau campuran kayu dan kain. Keduanya memiliki pro dan kontra.

Jelas bahan kayu akan lebih berat untuk dipindahkan dan biasanya tidak bisa dibongkar pasang. Namun dari sisi kelebihan, penggunaan bahan ini akan lebih awet. Apalagi jika kayu yang dipilih adalah kayu jati. Selain itu, dapat menjadi 1 tema dengan suasana rumah jika mengambil tema natural. Lebih mudah dibersihkan juga.

Penggunaan bahan campuran biasanya produk bisa dirangkai atau bongkar pasang. Jika ada keinginan untuk memindahkan lebih mudah. Tidak lebih mudah untuk dibersihkan dibandingkan penggunaan bahan kayu semua.

Jika dibandingkan secara harga, dirasa 2 bahan ini cukup seimbang. Tergantung dari model dan ukuran cat tree yang kamu butuhkan.

  1. Sesuaikan Kepribadian

Manfaat cat tree juga dapat mengurangi stress kucing. Jika kamu memiliki kucing dengan sifat pemalu dan mudah stress maka carilah benda yang lebih banyak kotak untuk mereka bersembunyi. Dengan begitu, kucing akan merasa aman dari lingkungan atau hewan lain yang dianggap akan mengancamnya.

Apabila kucing tidak memiliki 2 sifat tersebut, lebih aktif dan mudah bersosialisasi, seperti kucing munchkin kamu bisa tidak harus mencari yan banyak box. Keadaan terbuka dengan banyaknya tempat bersantai dan memiliki tempat untuk menggaruk kukunya dirasa cukup.

  1. Sesuaikan Besar Cat tree

Besar benda ini sangat bervariasi, dari yang cukup kecil hanya berukuran 40cm hingga yang besar dengan ukuran 139cm. Ukurlah keadaan rumah terlebih dahulu, meliputi tinggi dari lantai ke langit-langit dan lebar.

Mengukur badan kucing dengan produk yang akan dibeli juga harus dilakukan. Akan menjadi tidak bermanfaat jika ternyata cat tree yang dibeli memiliki papan atau box yang kecil sehingga tidak bisa dimasuki oleh kucing.

Jangan memaksakan jika nantinya ruangan hanya sangat penuh dengan benda ini. Tidak hanya kamu yang akan sulit bergerak, tapi juga akan lebih sulit membersihkan lingkungan sekitar.

Akan ada dampak kurang baik juga jika lingkungan tempat tinggal kucing kotor. Apalagi kamu memelihara kucing dengan bulu panjang. Lingkungan yang kotor dapat menimbulkan penyakit scabies kucing.

  1. Sesuaikan Budget

Hal ini sangat penting. Kamu harus memiliki dana tersendiri yang akan dialokasikan untuk keperluan kucingmu. Dengan demikian, biaya hidup kamu lainnya tidak akan terganggu.

Jika dirasa belum ada dana, mungkin kamu bisa membuatnya sendiri atau mengganti dengan hal lain. Kamu bisa menjadikan atas lemari yang dirancang dengan beberapa tinggi box berbeda dan diberikan kain. Kucing bisa sedikit berjelajah disana dan bersantai dari atas.

Rekomendasi Cat Tree

  1. Cat Tower Kondiminium 2 Platform

cat tree

Terbuat dari sisal dengan papan kayu yang kokoh. Benda ini dilapisi dengan bahan beludru yang sangat lembut dan tidak akan melukai kucing.

Benda ini memiliki tinggi 152cm dengan lebar 50cm. Menggunakan warna krem yang kalem dan netral. Design dari benda ini sangat indah dengan banyak tempat kucing untuk beristirahat. Kucing dapat mengisi bagian tempatnya masing-masing.

Cat tree memiliki hammock, 1 kotak untuk istirahat, 4 tempat istirahat terbuka dan mainan bola yang digantung. Kucing menyukai permainan yang mengharuskan mereka menangkap atau mengejar sesuatu.

Harga dari produk ini Rp 1.382.000,-.

  1. 54in Cat Tree

Terbuat dari kayu yang dilapisi bahan beludru yang halus dan tidak membahayakan kucing. Setiap bagiannya dilapisi bahan halus tersebut. Bisa dibongkar pasang dan mudah dirangkainya.

Benda ini memiliki tinggi 139cm dan lebar 60cm. Warna kalem dari benda ini akan membuat netral lingkungan rumahmu.

Bagian tinggi pondasinya juga didilitkan tali yang bisa digunakan kucing untuk menggaruk. Ada 1 kotak yang dapat digunakan kucing untuk bersembunyi, beristirahat atau bersantai. Ada mainan bola kecil dan tali untuk kucing bermain.

Dengan membeli produk ini tidak hanya kucing menjadi senang, tapi juga akan menghemat waktu kamu karena kucing akan sibuk dengan aktivitas barunya.

Harga dari produk ini Rp 1.819.000,-.

  1. 53in Cat Tree

Terbuat dari kayu yang dilapisi bahan beludru. Penggunaan bahan beludru membuat terlihat lebih elegan, halus dan tidak membahayakan kucing. Bisa dibongkar pasang dan mudah dirangkainya.

Benda ini memiliki tinggi 136cm dan lebar 48cm. Kombinasi warna krem yang kalem dan abu tua sangat kontras dan indah.

Bagian tinggi pondasinya juga didilitkan tali yang bisa digunakan kucing untuk menggaruk. Ada mainan bola kecil dan tali untuk kucing bermain.

Ada 1 kotak yang dapat digunakan kucing untuk bersembunyi, beristirahat atau bersantai. Tidak hanya itu, ada tempat seperti hammock kecil untuk kucing beristirahat.

Harga dari produk ini Rp 1.606.000,-.

  1. 72 Delux Cat Tree

cat tree

Terbuat dari bahan kayu yang dilipisi bahan beludru halus. Bisa bongkar pasang dan perakitan mudah. Tinggi benda ini 183cm dengan lebar 599cm. Benda ini sangat membutuhkan ruangan luas jadi pastikan ketersedian alokasi tempat.

Bagian tinggi pondasinya juga didilitkan tali secara menyeluruh. Ini berfungsi untuk menggaruk kuku kucing.

Ada 2 kotak yang dapat digunakan kucing untuk bersembunyi, beristirahat atau bersantai. 1 kotak bahkan memiliki ukuran yang cukup besar untuk kucing dewasa medium.

4 tempat lainnya untuk kucing beristirahat tanpa kotak. Ada mainan bola kecil dan tali untuk kucing bermain.

Harga dari produk ini Rp 1.715.000,-.

  1. 95-113 Inch Cat Tree

Bentuk minimalis dan terbuat dari kayu yang dilapisi bahan lembut. Keuntungan dengan bentuk yang simple ini adalah tidak membutuhkan banyak tempat. Tinggi benda berkisar 242cm dengan lear 43cm.

Sayangnya, benda ini tidak memiliki box untuk kucing bersantai. Memiliki konsep terbuka yang hanya lebih digunakan untuk bermain. Harus melilitkan tali lagi agar bahan tidak rusak digaruk kucing.

Diberikan tambahan mainan bola agar kucing memiliki aktivitas lain selain memanjat dan melompat.

Harga dari produk ini Rp 1.410.000,-.

  1. Deluxe Cat Tree

Terbuat dari bahan kayu dengan particleboard dan dilapisi dengan bahan kain yang lembut. Memiliki bentuk yang sangat eye catching. Jika kamu memiliki banya kucing, sangat cocok jika menggunakan ini. Seperti produk lainnya yang menggunakan campuran kayu dan bahan lainnya, benda akan bisa dibongkar pasang.

Benda ini sangat besar dibandingkan dengan jenis lainnya. Memiliki ukuran P 160cm x L 40cm x T 250cm. Harus memastikan dengan benar tinggi dan luas rumah sebelum membeli produk ini. Bisa dibongkar pasang dan cukup mudah dipasang.

Fasilitas yang disediakan 2 hammock, 1 box dan banyak tabung yang bisa digunakan untuk kucing beristirahat. Bahkan, di produk ini menyediakan 8 tempat terbuka untuk kucing bersantai. Kucing juga dapat memilih area mereka untuk melihat keadaan sekeliling tanpa harus berebutan dengan kucing lainnya.

Harga dari produk ini Rp 3.442.000,-.

  1. Cat Tower Kondiminium Tempat Tidur

Terbuat dari bahan sisal, kain oxford, PVC dan ABS (butabutadiena Styrene Copolymers). Memiliki bentuk yang sangat unik dan berbeda dengan jenis lainnya. Dapat dibongkar pasang dan mudah untuk dirakit.

Memiliki tinggi 120cm dengan lebar 107cm. Benda ini lebih lebar sehingga membutuhkan ruangan yang luas. Fasilitas yang disediakan oleh produk ini adalah mainan bola yang digantung dan tempat kucing menggaruk kuku.

Ada 2 kotak untuk kucing beristirahat dan di salah satunya bahkan disediakan selimut. Kenyamanan kucing saat beristirahat akan menyenangkan.

Harga dari produk ini Rp 4.214.000,-.

  1. Cat Tree Kayu Jati

Seperti namanya, cat tree ini terbuat dari kayu jati. Seperti yang diketahui bahwa kayu jati adalah salah satu jenis yang kuat dan kokoh. Tidak bisa dibongkar pasang. Dari harga mungkin akan lebih mahal tapi sepadan dengan ketahanan dan keawetan barang.

Bentuknya cukup sederhana tapi bisa digunakan sebagai pajangan karena sangat berseni. Cocok untuk kamu yang menyukai barang bertema alam.

Tidak ada kotak beristirahat, hanya ada tempat untuk kucing bertengger atau istirahat (tanpa penutup) berjumlah 5 buah.

Harga dari produk ini Rp 2.585.000,-.

  1. Mangouu 3-Layer

Terbuat dari bahan sisal material dan plastic ABS yang tidak beracun, aman, ramah linkungan dan kokoh. Sama seperti 54in cat tree, benda ini juga dilapisi lapisan beludru. Bisa dibongkar pasang jadi mudah dipindahkan.

Besar dari benda ini adalah tinggi 40cm dan lebar kurang lebih 30an cm. Tidak begitu ebsar jadi tidak terlalu membutuhkan tempat luas. Warna dari benda ini navy, warna bold, sehingga akan lebih cocok dengan warna apapun di lingkungan rumah.

Bagian tiang pondasi akan dililitkan dengan tali secara seluruh sehingga kucing akan lebih senang untuk menggaruk kukunya. Dilengkapi dengan mainan gantung tikus untuk tambahan bermain kucing. Bentuknya yang kecil membuat cat tree ini tidak memiliki kotak untuk beristirahat.

Harga dari produk ini Rp 222.750,-.

  1. Cat Gondo

Terbuat dari sisal dengan papan kayu yang kokoh dan dilapisi dengan bahan beludru. Bentuknya cukup mini jadi tidak membutuhkan banyak tempat.

Sangat sederhana hanya ada 2 tempat istirahat kucing terbuka dan 1 box. Cukup kecil jadi kucing dengan bahan besar sepertinya kuran cocok dengan produk ini. Lebih cocok untuk anak kucing. Dilengkapi dengan mainan bola yang digantungkan.

Harga dari produk ini Rp 615.000,-.

DIY Cat tree

Jika kamu adalah seorang yang menyukai dalam hal membuat sesuatu, mungkin dalam pembuatan benda ini kamu akan senang.

Tidak hanya dapat menyesuaikan design yang diinginkan, tetapi juga dapat melatih serta mengembangkan sifat kreatifitas. Harga yang kamu keluarkan juga akan lebih rendah dibanding beli langsung.

Berikut tahapan cara membuat dan bahan yang digunakan:

  1. Bahan Tangga

sumber: Wikihow

Gunakanlah tangga lama yang berbahan kayu untuk membuat cat tree. Tinggi tangga bisa kamu sesuaikan dengan tempat. Umur tangga tidak terlalu penting yang penting kamu dapat memastikan bahwa tangga itu kokoh.

Tangga yang dipilih lebih baik yang berbentuk huruf V terbalik karena memiliki 2 sisi anak tangga. 2 sisi anak tangga inilah yang akan digunakan kucing untuk memanjat dan tidak akan begitu berebutan dengan kucing lainnya.

Peralatan lain yang dibutuhkan, antara lain:

  • Alat amplas
  • Selembar kayu lapis untuk ditempatkan pada 2 anak tangga
  • Palu dan paku
  • Karpet kecil
  • Kain yang kuat untuk dibuat seperti hammock dan bisa digunakan untuk kucing tidur
  • Cat (jika dibutuhkan)
  • Tali

Hal pertama yang dilakukan adalah mengamplas kayu agar halus dan tidak membuat kucing terluka karena ada bagian yang tajam. Jika mau, kamu bisa mewarnai dan membuat design tersendiri menggunakan cat. Sesuaikan dengan gaya rumahmu.

Tangga ini memiliki 2 sisi dan agar kucing bisa tidur di setiap sisinya maka berikanlah kayu. Tidak harus melakukan ini di setiap tingkat anak tangga, kamu bisa melakukannya di bagian atas dan 1 anak tangga saja. Jangan lupa untuk memakunya dengan benar agar kayu bisa menahan berat kucing dan tidak melukainya.

Taruh karpet kecil pada bagian atas cat tree tangga kayu ini agar kucing bisa berbaring dengan nyaman. Buatlah hammock dari bahan yang cukup tebal agar bisa menahan berat kucing pada bagian bawah.

Lilitkanlah tali yang kamu punya pada 4 kaki tangga kayu,. Lilitkan dengan banyak jika memungkinkan. Ini akan dijadikan kucing untuk menggaruk dan mengasah kukunya. Selain itu, dengan ini akan membuat benda kamu lainnya, seperti sofa akan aman dari cakaran kucing.

  1. Bahan Kayu Tidak Terpakai

Jika di sekitarmu ada ranting pohon besar yang tidak terpakai dan kamu pikir itu cukup indah. Ambil dan cobalah merakitnya di rumah untuk kucingmu. Penggunaan kayu ini akan memberi kesan lebih natural dan sederhana, namun tetap terlihat artistik.

Jangan lupa untuk mengaplas kayu terlebih dahulu agar menjadi halus. Bagian tajam dari kayu ditakutkan akan membuat kucing terluka.

Tambahkan tanaman hias daun rambat untuk mempercantik penampilan.

Instruksi dan langkah lebih lengkap untuk membuat cat tree dari bahan kayu bisa kamu lihat videonya di sini.

Penutup

Cat tree memiliki banyak manfaat yang akan dirasakan oleh kucing, salah satunya adala mengurangi stress. Tidak hanya itu, motifnya yang beragam juga dapat digunakan untuk menghiasi rumah.

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli cat tree ada baiknya kamu mengetahui apa saja yang harus dipertimbangkan. Masalah bahan, kepribadian kucing, besar benda dan harga harus menjadi list yang harus pikirkan terlebih dahulu.

Jika dirasa sudah yakin akan membelinya, kamu bisa memilih cat tree berdasarkan rekomendasi yang telah dibuat oleh Jurnal Kucing.

Leave a Reply