CARA MEMANDIKAN KUCING YANG BENAR DAN AMAN

CARA MEMANDIKAN KUCING YANG BENAR DAN AMAN

Mengerti cara memandikan kucing dengan baik bertujuan kucing tidak mendapatkan pengalaman yang buruk atau trauma karenanya. Pada umumnya, kucing memiliki bulu di sekujur tubuhnya. Jika tidak dijaga, apalagi didukung dengan keadaan lingkungan yang kotor maka akan mengakibatkan berbagai penyakit. Scabies dan penyakit kutu yang umumnya terjadi.

Meskipun kucing dapat secara mandiri membersihkan tubuhnya, tetap saja perlu adanya peran dari “orang tua” kucing untuk memandikannya. Buat yang baru pertama kali memandikan kucing, mungkin artikel ini dapat membantu dengan langkah-langkah yang bisa diikuti, baik cara memandikan kucing kecil maupun kucing besar.

Idealnya, kamu boleh mengajari cara memandikan kucing kecil mulai usia 8 minggu atau 2 bulan. Argumen dikemukakan oleh Drh. Puspasari Respatiningtyas. Tapi, pendapat pribadi penulis agar mencari lebih aman, ajarkanlah ketika usia kucing 3 bulan.

Beberapa anak kucing bermasalah dengan kondisi bulu berbau, lembab dan berjamur yang disebabkan karena harus mengkonsumsi susu formula khusus anak kucing. Maka, kamu bisa menggunakan lap basah dengan tekstur lembut yang dibasuh ke wajah dan bawah perut. Cara dilakukan agar anak kucing tetap bersih dan wangi serta mengurangi dampak buruk yang terjadi.

Info: Induk kucing juga sering memandikan anaknya dengan cara menjilati tubuh si kecil.

Anak kucing belum memiliki sistem tubuh yang sempurna. Jika memaksakan kehendak untuk memandikan anak kucing, apalagi menggunakan air dingin ketakutan yang terjadi adalah kucing mengalami hiportemia. Sedangkan jika menggunakan air hangat, ditakutkan ternyata hangat menurut kita tapi mengakibatkan kulitnya melepuh karena masih sangat sensitif.

Tindakan lain yang bisa dilakukan untuk membuat anak kucing bersih adalah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari pagi selama kurang lebih 5-10 menit. Jika melakukan kedua hal tersebut, diharapkan tidak akan menimbulkan jamur yang membuat tubuh anak kucing terlihat kotor, biasanya timbul pada daerah mulut dan dagu.

Cara Memandikan Kucing Kecil

cara memandikan kucing

Kecil disini yang dimaksud adalah usia minimal kucing yang diperbolehkan untuk mandi. Seperti banyaknya nasihat, jika dilakukan lebih dini itu lebih baik karena akan lebih cepat beradaptasi. Hal ini jugalah manfaat jika mencoba mencari cara memandikan kucing dari sejak kecil.

Satu hal yang harus diingat bahwa kamu harus hati-hati untuk mencegah kucing mengalami trauma.

Meskipun begitu, harus diperhatikan langkah-langkah sehingga kamu akan menciptakan cara memandikan kucing yang baik dan benar.

Persiapan Awal Cara Memandikan Kucing Kecil

  • Cek kesehatan anak kucing

Meskipun sudah sesuai dengan usia minimal atau bahkan kamu mengajari cara memandikan kucing pada usia lebih dari 2 bulan, hal ini wajib kamu cek terlebih dulu. Bahkan, jika baru saja usia 3 bulan, kucing masih cukup rentan sistem imunnya.

  • Perhatikan Keadaan Psikologis

Ini adalah salah satu poin cara memandikan kucing yang sangat harus diperhatikan.

Jika ingin memandikan maka haruslah ketika anak kucing dalam keadaan tenang dan stress. Tetap memandikan anak kucing hanya membuat trauma dan memiliki pengalaman buruk yang bisa dibawa saat kucing dewasa.

  • Persiapan Alat Mandi

Jika dirasa anak kucing sehat dan dalam keadaan tenang, ditambah kamu yakin akan memandikan mereka, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan alat mandi.

Beberapa peralatan mandi kucing yang harus dipersiapkan adalah:

– Sampo anak kucing

– Kain kecil untuk mengelap area wajah

-Mainan untuk menenangkan dan mengalihkan perhatian kucing

-Handuk

  • Waktu Memandikan

Cara memandikan kucing kecil yang baik selanjutnya adalah dengan melihat waktu memandikan. Untuk menghindari kucing akan merasa terlalu kedinginan, maka waktu yang ideal memandikan anak kucing adalah pukul 10 pagi hingga 4 sore.

  • Menyikat Bulu

Ada baiknya menyikat bulu kucing sebelum mandi. Tujuannya agar bulu kusut, hairball dan bulu yang mati bisa hilang terlebih dahulu. Biasanya dilakukan untuk kucing yang memiliki bulu panjang. Kucing dengan bulu pendek cenderung tidak akan mengalami bulu kusut.

Proses Cara Memandikan Kucing Kecil

  • Penggunaan Air

Gunakanlah air yang hangat, basuhlah sedikit demi sedikit dan liat apa yang terjadi. Jika ternyata terjadi masalah pada kulit kucing maka hentikanlah.

 Hindari mengenai mulut, kuping dan mata. Ketiga bagian itu lebih baik dibasuh dibandingkan disiram ya. Lebih baik saat usia kecil ini cara memandikan kucing tidak dengan memasukkannya ke baskom atau ember.

  • Pemilihan Sampo

Penggunaan sampo juga harus khusus anak kucing ya. Ada banyak pilihan kok. Jadi, jangan diberikan sampo yang sama dengan kucing dewasa apalagi manusia. aSaat menentukan sampo anak kucing, carilah manfaat dan bahan yang sesuai.

  • Bilas Badan

 Cara memandikan kucing yang benar juga dilihat dari proses pembilasan yang dilakukan oleh pemilik. Pastikan semua sampo sudah tidak menempel di tubuh kucing. Adanya sisa sampo akan mengakibatkan ketombean pada kucing.

  • Keringkan Badan Kucing

Segera keringkan dengan baik badan kucing karena meskipun menggunakan air hangat, setelah mandi pasti terkena udara lingkungan dan anak kucing akan kedinginan. Jika tidak dikeringkan dengan baik dapat menyebabkan bulu menjadi lembab dan kutu sangat menyukainya.

Beberapa pemilik ada yang menggunakan hair dryer, hanya saja sering kali suara alat itu menakuti si kucing. Apabila dirasa sudah sedikit kering, biarkan kucing mengeringkan tubuhnya dengan cara menjilati tubuhnya.

Cara Memandikan Kucing Dewasa

cara memandikan kucing

Apakah ketika dari kecil sudah dibiasakan mandi, saat dewasa akan menjadi terbiasa?

Bisa iya, bisa juga tidak. Tidak jika saat kucing kecil ternyata pengalaman mandi menjadi hal yang membuatnya trauma. Oleh karenanya, saat kucing dewasa juga harus mempelajari secara perlahan lagi bagaimana cara memandikan kucing.

Kurang lebih cara memandikan kucing dewasa sama dengan kucing kecil, ada perbedaan mungkin hanya sedikit. Kali ini, akan dibahas cara memandikan kucing dewasa buat yang sudah terbiasa mandi dan baru pertama mandi.

Peralatan mandi kucing dewasa

  • Sampo yang disesuaikan dengan kebutuhan
  • Kain kecil untuk mengelap area wajah
  • Sikat dan pasta gigi khusus kucing
  • Sisir, terutama untuk kucing dengan bulu panjang. Bisa kamu lakukan sebelum mandi atau saat sedang memberikan sampo
  • Ember berisi air hangat
  • Handuk
  • Mainan kucing buat yang baru pertama kali mandi agar mereka bisa sedikit lebih tenang

Kucing yang sudah terbiasa mandi biasanya mereka sudah mengerti dan tidak membutuhkan banyak kesabaran. Kucing dengan mudahnya akan masuk ke ember yang berisi air atau jika kamu tidak ingin menggunakannya, tetap basuhlah tubuh kucing secara perlahan.

Cara Memandikan Kucing yang Sudah Terbiasa

Tentunya hal ini tidak terlalu menyulitkan dibanding 2 lainnya, Yang perlu kamu siapkan hanyalah peralatan mandi, kesehatan kucing dan keadaan kucing (lagi senang atau normal, jangan ketika kucing stress).

Kemudian, berikan sampo dan segeralah membilas. Jangan lupa untuk membersihkan kotoran mata kucing ya agar lebih bersih. Proses pembilasan ini haruslah sangat bersih dilakukan agar tidak menjadi ketombe atau menimbulkan masalah bulu lainnya.

Proses pengeringan bisa menggunakan handuk atau hairdryer (optional). Pastikan badan kucing sudah cukup kering terlebih untuk yang bulunya panjang.a Jika masih sedikit basah biasanya mereka mengeringkannya dengan cara menjilatinya.

Setelah mandi, kamu bisa membersihkan telinganya menggunakan cotton bud yang dicampur dengan baby oil.

Cara Memandikan Kucing yang Pertama Kali Mandi

Ini mungkin akan cukup sulit untuk sebagian orang. Sebelum ke cara memandikan kucing, ada baiknya kamu melakukan persiapan awal, seperti:

  • Memotong Kuku

Untuk menghindari kamu kena cakar karena kucing sangat ketakutan ketika ingin dimandikan. Apalagi jika kucingmu suka sekali melompat, bisa saja mereka tanpa disengaja langsung naik ke pangkuanmu lalu mengeluarkan kukunya. Oleh karenanya, tahap awal ini sangatlah penting.

  • Cek kesehatan anak kucing

Tujuan dari memandikan kucing adalah agar mereka bersih dan menjadi lebih sehat. Akan tetapi, jika kamu memaksakan kondisi kucing yang mungkin pada saat itu sedang demam, maka hanya akan memperburuk keadaan.

Pastikan kesehatan kucing terlebih dahulu. Kamu bisa melihat dari nafsu makannya, cara mereka merespon permainan yang kamu berikan dan kotorannya.

  • Perhatikan Keadaan Psikologis

Tidak memandang usia, baik kucing kecil maupun dewasa haruslah melihat keadaan psikologis mereka. Jangan lakukan disaat mereka sudah dalam keadaan ketakutan karena abis berantem dengan kucing lain, stress dan sebagainya.

Ada baiknya kamu mengajak mereka main atau memberikan mereka sedikit makanan kesukaannya terlebih dahulu. Jika memaksakan ketika keadaan psikolois kucing tidak bagus, hanya akan memperburuk keadaan dan membuat mereka trauma. Hal ini yang pada akhirnya juga akan lebih menyusahkan kamu.

Sebaiknya hal ini jangan dilakukan. Terlebih lagi, jika kucing baru pertama kali mandi. Hal ini akan mengakibatkan kedua kucing bertengkar dan membuat salah satu atau keduanya menjadi stress. Pengajaran menjadi tidak efektif dan kucing akan mendapatkan pengalaman buruk dan trauma saat mandi.

Akan beda halnya, jika mereka sudah terbiasa mandi dan dalam keadaan tenang sebelumnya. Menghindari memandikan 2 kucing untuk pertama kali juga agar lebih fokus dalam mengajari mereka untuk mengenali air.

  • Perkenalan dengan Air

Kenalkanlah secara perlahan dan berulang kucing dengan ember yang berisi air. Kamu bisa membasuhnya sedikit demi sedikit terlebih dahulu kemudian memasukkan kucing ke dalam air. Pertama sudah pasti kucing akan meronta, keluar dari ember dan panik.

Tenangkanlah mereka, berikan mainan jika memungkinkan, lalu cobalah memasukkan lagi kucing. Lakukanlah hingga kucing sudah merasa bisa mengenali air dan tenang.

  • ­Membersihkan Tubuh

Ketika kucing sudah bisa tenang dengan air maka tugasmu selanjutnya untuk membuat kucing menjadi wangi, bersih dan sehat menjadi lebih ringan. Gunakan sampo sesuai dengan manfaat yang dicari, bahan yang digunakan tidak berbahaya dan sesuaikan dengan kantongmu.

Bilas kucing dengan benar dan jangan sampai ada sampo yang tertinggal. Keringkan dengan handuk yang halus hingga kering.

  • Berikan Reward

cara memandikan kucing

Jika kucing dengan pintar menerima pengajaranmu mengenai cara memandikan kucing, maka jangan lupa berikan mereka reward. Berikan makanan kesukaan mereka agar mereka kembali senang dan untuk menghilankan rasa paniknya.

Kucing Munchkin

Info Tambahan: Kucing Sphynx

Pada umumnya, kucing berbulu bisa kamu mandikan dalam seminggu atau 2 minggu sekali. Apalagi jika memelihara kucing di dalam rumah.

Beda halnya dengan kucing berbulu, kucing Sphynx harus mendapatkan proses mandi yang lebih teratur. Kucing Sphynx adalah kucing hairless dan saking sangat sedikit bulu di tubuhnya kamu akan berpikir bahwa mereka adalah kucing botak. Buat yang mau lebih mengenal denan kucing Spynx bisa klik di sini.

Sedikitnya bulu yang dimiliki membuat kucing jenis ini memiliki kulit yang lebih berminyak. Minyak yang dihasilkan akan berkumpul di lipatan tubuhnya dan menyebabkan mereka bau. Dampaknya, selain membuat aroma yang tidak mengenakkan, juga dapat menyebabkan infeksi.

Ketika memandikan kucing Sphynx gunakanlah shampoo bayi atau sampo khusus kucing yang mengandung pelembab.

Penutup

Jika kamu sudah membaca artikel mengenai rekomendasi sampo kucing, pasti mengetahui tidak semua sampo kucing membutuhkan air. Adanya inovasi dan teknologi yang maju akhirnya menciptakan sampo kucing tanpa dibilas. Jika penasaran, bisa mencoba. Kalau cocook dengan kucing dan keuangan maka akan sangat membantu sekali.

Kalaupun mengharuskan menggunakan sampo bilas, semoga cara memandikan kucing yang sudah dibagikan dapat berhasil kamu lakukan.

Leave a Reply