PENYEBAB DAN PENCEGAHAN PENYAKIT CACINGAN PADA KUCING

PENYEBAB DAN PENCEGAHAN PENYAKIT CACINGAN PADA KUCING

cacingan pada kucing

Penyakit cacingan pada kucing dapat disebabkan oleh infeksi cacing ataupun telur cacing pita yang terdapat pada kutu. Mereka lalu menyerang organ tubuh kucing, seperti pencernaan. Telur cacing ini salah satunya dapat ditemui pada kutu atau tungau. Ketika sudah terserang, maka kucing akan memberikan sinyal kepada pemilik dengan menunjukkan beberapa ciri-ciri penyakit cacingan pada kucing.

Buat lebih memahami penyebab penyakit cacingan pada kucing bisa darimana saja asalnya, maka akan dibuat beberapa poin ya.

1. Cacing dan Telur cacing yang tidak sengaja termakan oleh kucing.

Kejadian ini disebabkan ketika kucing memakan makanan yang mentah, seperti daging, ikan, ayam atau jenis hewan lainnya yang terkena terkontaminasi oleh cacing dan telur cacing.

Kucing merupakan hewan yang bersih, maka dari itu kamu pasti sering menjumpai mereka sedang menjilati badannya (mandi), nah ketika ada kutu maka ada kemungkinan kemakan oleh mereka. Jika di dalam kutu terdapat telur cacing pita maka akan menetaskannya di dalam tubuh kucing. Cacing inilah yang membuat penyakit cacingan pada kucing.

Rupanya, tungau juga dapat mengandung telur cacing. Apabila tungau akan menembus kulit kucing dan berkembang biak, tidak hanya akan menyebabkan scabies, juga dapat mengakibatkan penyakit cacingan pada kucing.

Penyakit cacingan pada kucing juga dapat terjadi jika kucing mengenai kotorannya yang ternyata terinfeksi telur cacing. Kemudian seperti sifat kucing yang bersih, maka telur tertelan ketika mereka sedang membersihkan tubuhnya.

2. Memburu Tikus

Sifat kucing yang suka memburu ini menjadikan mereka senang melihat suatu benda yang bergerak. Tidak terkecuali dengan tikus, pasti akan mereka buru. Perlu menjadi perhatian sang pemilik karena tikus merupakan hewan jorok sehingga memiliki larva cacing gelang yang meninfeksi tubuh tikus.

Ketika kucing memburu lalu menggigit atau memakannya maka membuat larva cacing tersebut tumbuh menjadi cacing di usus kucing. Kemudian, si cacing akan menyerap nutrisi yang terdapat pada kucing.

Tidak sampai disitu!

Si cacing ini akan menghasilkan telur lagi dan ikut keluar ketika kucing sedang membuang kotorannya. Hal ini dapat mengakibatkan kemungkinan kucing lain terkena infeksi.

3. Penularan Induk ke Anak Kucing

Anak kucing memiliki daya tahan tubuh yang tidak begitu kuat dan lebih rentan tertular suatu penyakit. Apabila induk kucing yang sakit menyusui dapat langsung menular melalui ASI yang diberikan. Cacing gelang akan masuk ke dalam tubuh dan menyerap nutrisi yang membuat mereka menjadi sangat sakit. Selain itu, akibat lain dari infeksi ini dapat membuat anak kucing menjadi anemia dan menghambat sistem kekebalan tubuh dan tumbuh kembang mereka. Buruknya sistem kekebalan tubuh membuat kemungkinan lain, yaitu terjadi infeksi usus lainnya atau kematian.

  • Beberapa jenis cacing yang mengakibatkan penyakit cacingan

Cacing Pita

Dipylidium caninum yang terdapat pada kutu yang memiliki telur cacing

Ddibothriocephalus latus dan Spirometra mansonoides yang terdapat pada ikan mentah dan ikan air tawar

Cacing Gelang

Toxocara cati yang terdapat pada cacing di tikus dan kotoran yang sudah terinfeksi

Cacing Tambang

Ancylostoma duodenalis yang terdapat pada ASI induk kucing

cacingan pada kucing
  • Cara Mencegah Penyakit Cacingan Pada Kucing

 1. Membersihkan Lingkungan dan Kucing

Salah satu penyebab terjadinya cacingan pada kucing adalah kutu atau tungau yang dapat ditemui di badan kucing jika lingkungan tidak dalam kondisi bersih. Jika kucing dikandangkan maka pembersihan ini jangan sampai ditinggalkan. Ada baiknya jika sesekali dilakukan pembersihan lingkungan rumah menggunakan bahan desinfektan.

Kucing juga harus dimandikan walaupun tidak harus dilakukan setiap hari. Jika terdapat kutu atau tungau di badan kucing maka gunakanlah shampoo khusus kutu yang mudah didapatkan. Jika dibutuhkan karena kutu atau tungau sudah parah maka bawalah kucing ke toko hewan yang menyediakan jasa untuk dimandikan dengan pembersih khusus dan penanganan yang lebih detail dan teliti. Pastikan took hewan tersebut bersih!

2. Memberikan Makanan yang Baik

Kebanyakan kucing adalah hewan yang suka sekali makan dan bahkan jika makanan tersebut mentah. Seperti yang sudah dijelaskan di penyebab penyakit cacingan pada kucing jika hal ini dibiarkan akan ada peluang kucing terkena penyakit cacingan. Maka, pastikan jika makanan yang akan dimakan kucing matang dan sesuai dengan kebutuhan nutrisi.

Tempat makan dan minum yang digunakan juga harus dalam keadaan bersih. Jangan sampai tempat tersebut sebelumnya untuk menaruh ikan mentah dan tidak dicuci dengan sabun terlebih dahulu sehingga memungkinkan adanya telur cacing yang tertinggal disana dan bercampur dengan makanan kucing.

3. Membersihkan Litter Box

Jika kucing memiliki ciri-ciri kucing cacingan, maka ketika kucing membuang kotorannya telitilah untuk memeriksa kotorannya. Telur cacing yang terdapat pada kotoran membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk menjadi infeksi. Sangat dianjurkan untuk membersihkan dengan segera litter box dan menggantinya dengan yang baru. Tidak hanya saat disadari bahwa kucing telah mengidap cacingan, tapi menjaga kebersihan ini memang seharusnya dilakukan rutin setiap hari sebagai salah satu cara memelihara kucing yang baik.

4. Menjaga Tetap di Dalam Rumah

Untuk menghindari kontak dengan tikus ada baiknya jika kucing tidak lebih banyak waktu di luar rumah dibandingkan di dalam rumah. Jika ingin memantau pun lebih mudah dilakukan jika kucing berada di dalam rumah.

Ketika berada di luar rumah jua ditakutkan terkena infeksi dari kucing lain yang terlebih dahulu sudah membawa penyakit tersebut, misal melalui kotoran.

5. Memberikan Obat Cacing Rutin

Hal ini dapat dilakukan rutin setiap per 3-4 bulan sekali apalagi jika memiliki kucing yang lebih banyak di luar rumah.

Bagaimana dengan anak kucing, apa boleh diberikan obat cacing?

Boleh diberikan ketika sudah berusia 6 minggu dengan pemberian obat Drontal secara berkala. Pemberian obat ini akan membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah terkena penyakit cacingan pada kucing.

Bahkan ini adalah salah satu hal yang sangat dianjurkan karena ada beberapa anak kucing yang ketika terkena penyakit cacingan, mereka tidak atau sukar untuk mengamati ciri-cirinya seperti kucing dewasa.

Penutup

Selain menjaga kucing, jangan sampai kita mengabaikan kesehatan diri sendiri. Ketika harus bersentuhan atau membersihkan sesuatu yang berhubungan dengan kucing yang mengalami cacingan maka segeralah mencuci tangan.

Jika ada informasi yang terlewat bisa ditulis di kolom komen ya.

Buat yang mau kirim cerita unik mengenai hewan peliharaannya bisa dikirimkan melalui email [email protected]. Kisah kalian akan ditampilkan di blog Jurnal Kucing.

Leave a Reply